Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Home Based Learning untuk Anak ADHD

home based learning untuk anak ADHD

Ada cukup banyak jenis gangguan mental yang seseorang alami di dunia ini. Beberapa terjadi karena keadaan sejak lahir, faktor genetik, faktor kehamilan yang tidak normal dan juga karena faktor lingkungan. Walau sampai saat ini para ahli belum mengetahui secara pasti penyebabnya. Salah satu yang akan kami bahas kali ini adalah gangguan attention deficit hyperactivity disorder atau yang biasa kita sebut dengan istilah ADHD.

ADHD adalah salah satu gangguan mental yang terjadi kepada beberapa anak. Tandanya dengan tingkah laku yang hiperaktif, sulit berkonsentrasi dan berperilaku impulsif. Gejala ADHD kebanyakan mulai tampak ketika anak memasuki usia sekolah dasar, karena itulah sebagai orangtua harus mengecek kesehatan mental anak sejak dini.

Anak dengan kondisi ADHD sudah semestinya harus mendapat perlakuan berbeda dengan anak normal pada umumnya. Karena umumnya anak ADHD lebih sulit untuk berkomunikasi dua arah, memiliki sikap yang hiperaktif, dan juga impulsif. Lalu di mana anak dengan gangguan ADHD bisa mendapatkan pendidikan yang tepat? Bagaimanakah home based learning untuk anak ADHD itu sendiri?

Home Based Learning untuk Anak ADHD, Pilihan Pendidikan yang Terbaik

Anak dengan kondisi ADHD umumnya akan mengalami kesulitan untuk mengikuti pelajaran pada sekolah normal. Oleh karenanya, orangtua yang memiliki anak ADHD harus tepat memilih pendidikan agar anak bisa berkembang dengan baik kedepannya. Apa saja pilihan pendidikan yang tepat untuk anak ADHD?

Perlu tahu juga bahwa gangguan ADHD pada anak tidak bisa kita samakan satu sama lain. Karena ada jenis ADHD ringan, sedang dan berat. Masing-masing jenis juga membutuhkan penanganan dan jenis pendidikan yang berbeda. Agar lebih jelas, berikut penjelasan lebih lengkapnya!

Sekolah Inklusi

Sekolah inklusi adalah sebuah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memiliki kondisi spesial ini, namun memiliki potensi untuk mengikuti pendidikan secara umum. Tujuannya ialah untuk anak yang menderita pada tingkat ringan. Anak yang mengalami ADHD ringan sarannya untuk mengikuti pendidikan di sekolah inklusi.

Homeschooling dan Home Based Learning

Untuk anak ADHD dengan tingkat sedang dan berat sangat sarannya untuk memilih jenis pendidikan homeschooling dan home based learning. Karena anak ADHD identik dengan kesulitan fokus saat belajar dan terlalu aktif dalam melakukan sesuatu. Sehingga penanganan secara individu menjadi pilihan terbaik.

Agar para orangtua tidak salah dalam menempatkan anaknya, maka jika anak sudah teridentifikasi mengalami ADHD segera periksakan ke psikiater agar tidak salah mendiagnosis. Rekomendasi dari psikiater juga sangat penting untuk memutuskan ADHD ringan, sedang dan berat terhadap anak.

Peran Home Based Learning untuk Anak ADHD

Nah, home based learning adalah salah satu pilihan untuk mengatasi anak ADHD. Lalu apa saja peran home based learning untuk anak ADHD? Berikut selengkapnya!

Mampu Membantu Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Dengan mendapat panduan dari mentor dan coach yang profesional, anak ADHD akan mereka bantu untuk mulai fokus pada satu pekerjaan. Hal ini penting untuk melatih konsentrasi belajar anak sehingga lama-kelamaan mental anak bisa normal kembali. Dengan metode belajar individual, home based learning mampu menjadi wadah untuk memusatkan konsentrasi belajar anak ADHD.

Mampu Menyesuaikan Kurikulum Sesuai Kemampuan Anak

Sebagai orangtua, Anda juga tidak perlu khawatir anak tidak bisa memahami pelajaran dengan baik. Karena home based learning akan menyesuaikan dengan kemampuan anak. Meskipun sama-sama mengidap ADHD, namun tetap saja perlakuannya tidak bisa mendapat perlakuan yang sama. Hal ini tentu sangat membantu bukan?

Menyesuaikan Metode Belajar dengan Kemampuan Anak

Peran home based learning selanjutnya dalam mengatasi anak ADHD adalah dengan menyesuaikan metode belajar sesuai dengan kemampuan anak. Contohnya saja, apabila anak memiliki kemampuan berbicara yang baik namun sulit berkonsentrasi, maka kami akan membantu mengasah kemampuannya dengan lebih sering melakukan presentasi dan diskusi.

Pembelajaran Lebih Fleksibel

Kami tahu bahwa mood anak ADHD dalam belajar tidak bisa konsisten sebagaimana anak pada umumnya. Oleh karena itu, metodenya dalam home based learning adalah memberikan waktu belajar yang lebih fleksibel kepada anak.

Hal tersebut bertujuan agar anak tidak merasa terlalu memaksakan, terkekang dan kurang nyaman dalam belajar. Home based learning berusaha memberikan ruang belajar senyaman mungkin bagi penyandang ADHD.

Flexi School Pilihan Home Based Learning Terbaik untuk Anak ADHD

Di manakah Anda bisa menemukan sekolah dengan metode home based learning khusus untuk anak ADHD? Salah satu yang bisa Anda pilih adalah di Flexi School. Kami adalah sekolah yang menerapkan metode agile education yang bisa anak normal dan anak berkebutuhan khusus ikuti.

Kami percaya bahwa setiap anak yang lahir pasti ingin belajar, dan agar belajarnya maksimal maka memberikan ruang pada pelajaran yang banyak mendapat minat adalah kewajiban kami. Mari bekerja sama bersama Flexi School dalam rangka memberikan pendidikan terbaik untuk anak. Cek selengkapnya hanya di https://flexi.sch.id/homeschooling! Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda!

This article have

0 Comment

Leave a Comment