Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Ini Manfaat PKBM untuk Masyarakat

Manfaat PKBM untuk MasyarakatKata sekolah bagi kalian mungkin tak asing lagi, namun pernahkah mendengar kata PKBM? Bahwa katanya banyak manfaat PKBM untuk masyarakat. Yu, simak ulasan berikut.

Apa itu PKBM?

PKBM merupakan lembaga pendidikan nonformal yang mempunyai tujuan untuk memberikan pembelajaran kepada siswa/siswi tanpa membedakan usia. Manfaat PKBM untuk masyarakat sangat terasa, menghindari kegalauan masyarakat yang ingin bersekolah, namun terkendala dengan umur.

PKBM merupakan salah satu wadah untuk menampung aspirasi masyarakat yang ingin belajar. Masyarakat menjadi lebih terampil, mandiri dan berdaya guna serta dapat mengembangkan skill sesuai dengan minat dan bakatnya tanpa kecuali.

PKBM menjadi pilihan masyarakat yang ingin belajar namun juga sibuk bekerja. Membagi waktu antara keduanya agar sama-sama terjalin dengan baik. Sebuah pilihan yang tentunya meningkatkan kualitas diri nantinya. Sehingga pada akhirnya manfaat PKMB untuk masyarakat jelas terasa, salah satunya adalah mampu menghindari buta aksara.

Meski sekarang adalah zaman digitalisasi, banyak masyarakat yang melek teknologi namun menurut penelitian 4 dari 100 penduduk mengalami buta huruf. Di sini manfaat PKBM untuk masyarakat sangat berperan.

Adalah Flexi School Aglie Education hadir untuk mengatasi masalah siswa yang tak mau bersekolah di sekolah formal karena merasa tertekan dengan banyaknya tuntutan. Tuntutan berprestasi secara akademik dan lain-lain. Tak dipungkiri banyak guru yang hanya memperhatikan kemampuan siswa dari segi akademik saja.

Siswa dituntut untuk pintar meraih prestasi berdasar mata pelajaran tertentu. Para guru lupa kiranya, bahwa siswa mempunyai skill lain yang membutuhkan peran besar mereka sebagai pembimbing juga motivator agar kemampuan siswa berkembang. Sejatinya kemampuan siswa tidak hanya berdasar kemampuan dari akademik saja namun juga kemampuan siswa dari non akademik.

Dengan kemampuan yang dimiliki, siswa menjadi sosok mandiri di masa depan yang mampu mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan jiwa dan kemampuan yang dimilikinya. Jangan halangi anak untuk mengembangkan skill di bidang seni. Jangan halangi anak ketika ingin mengembangkan kemampuannya di bidang olahraga.

Sejatinya ketika anak dengan suka cita mengembangkan kemampuan sesuai dengan potensi yang dimilikinya, anak akan belajar dengan senang dan nyaman tanpa adanya tekanan. Anak akan semakin giat belajar tanpa pernah takut ada diskriminasi pemilihan hak mengembangkan pembelajarannya.

Manfaat PKBM untuk Masyarakat

Ada beberapa manfaat PKBM yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

Memberdayakan Masyarakat agar Mandiri

Keinginan masuk PKBM merupakan pertanda adanya keinginan penuh yang hadir dari dalam dirinya berdasarkan keikhlasan. Fenomena di lapangan menyebabkan adanya keinginan kuat untuk bersekolah di PKBM, mengembangkan minatnya.

Keberadaan PKBM dianggap sebagai wadah untuk memberantas buta aksara dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah dalam menggerakkan pembangunan di berbagai bidang. Mindset pun akan berkembang jika asalnya hanya ingin mengembangkan diri maka kemudian meluas untuk memajukan orang lain dalam pendidikan. Mencetak generasi yang mandiri dan berdaya guna ketika berada di masyarakat.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Pandangan negatif orang yang sebelumnya melekat, kini berubah. Menuntaskan permasalahan dan cap jelek yang melekat pada mereka pun akhirnya luntur. Malah yang timbul adalah apresiasi karena ketika mampu bersekolah di usia lanjut itu bukanlah hal mudah. Penghargaan dari lingkungan akan mereka terima. Pertanda sebuah peningkatan kualitas yang kemudian akan mereka polakan pada anak cucunya kelak.

Mampu Menangani Permasalahan yang Ada di Masyarakat

Keinginan warga yang mau belajar berdasarkan pilihannya menyebabkan siswa bertanggung jawab terhadap pilihannya. Menjadikan mereka mandiri dan tangguh dalam belajar serta mengembangkan kemampuannya.

Ketika mereka terjun di lapangan berbaur dengan masyarakat dan menemukan masalah-masalah yang ada, mereka pun terampil dan cakap menangani permasalahan. Hal ini karena adanya pembiasaan dan kecakapan diri yang didapat selama mengenyam pembelajaran di PKBM. Yang mana dalam pembelajaran tersebut siswa dituntut terampil dalam hal solve problem dan kemudian terbawa dalam kehidupan sehari-hari.

Pusat Informasi

PKBM merupakan lembaga yang mempunyai tujuan untuk memberikan pembelajaran pada siswa. Dalam hal ini tentu saja PKBM sebagai lembaga pendidikan harus mempersiapkan diri menyediakan banyak informasi agar ketika menjadikan siswa pintar, lembaga telah mempunyai informasi yang lengkap.

Informasi tidak hanya didapat dari sumber belajar misalnya guru dan sarana prasarana di sekolah, namun juga informasi yang didapat dari lingkungan sekitar. Informasi yang akan memupuk guru menjadi lebih handal dan berpengalaman. Karena pengalaman adalah guru yang paling berharga. Informasi yang sangat berperan terhadap perkembangan siswa ketika terjun ke lapangan adalah berdasarkan pengalaman sendiri.

Itulah beberapa manfaat PKBM untuk masyarakat. Semoga bisa menambah wawasan yang cukup ya karena bagaimanapun juga, PKBM ini memiliki manfaat yang tidak ternilai dan bisa berpengaruh besar.

Another Article

By : Flexi School Bintaro

PKBM Paket C Bandung

By : Flexi School Bintaro

Sekolah Paket C Online Berapa Lama?

This article have

0 Comment

Leave a Comment