Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Apa Saja Mapel Kejar Paket C?

kejar Paket C

Terciptanya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau biasa kita kenal dengan PKBM adalah bertujuan untuk membekali warga belajar agar mampu memenuhi tuntutan dunia kerja agar bisa berkarier lebih baik di masa depan. Kelas PKBM sendiri ada berbagai macam beberapa di antaranya adalah Paket A, Paket B, dan Paket C.

Kelas Paket A tujuannya untuk pendidikan setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara dengan Paket C. PKBM Paket C merupakan pendidikan yang biasa menempuhnya melalui jalur nonformal dan bersifat sedikit fleksibel daripada sekolah formal. Dengan berbagai kelebihannya, kejar Paket C menjadi salah satu pilihan bagi warga belajar yang belum sempat mengikuti pendidikan setara SMA.

Apa Saja Mapel Kejar Paket C?

Bagi Anda yang mungkin belum mengetahui sepenuhnya tentang pembelajaran Paket C, pasti sering bertanya-tanya mengenai apa saja mata pelajaran yang menempuh di kejar Paket C. Nah, untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut kami akan menjelaskan seputar mata pelajaran kejar Paket C secara global. Di antaranya:

1.      Mata Pelajaran yang Diujikan di UN

Pertama, mata pelajaran siswa pelajari di Paket C adalah yang sesuai dengan diujikan di Ujian Nasional. Mata pelajaran umum seperti Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan sejenisnya. Siswa mendapatkan pelajaran tersebut sebagaimana siswa sekolah formal.

2.      Mata Pelajaran Non UN

Nah, selain mata pelajaran untuk Ujian Nasional, peserta kejar Paket C juga mendapatkan mata pelajaran non UN seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Sejarah, Senin Budaya dan lain-lain. Pelajaran tersebut juga penting bagi peserta untuk menambah ilmu pengetahuan.

3.      Mata Pelajaran Khusus

Ada juga mata pelajaran khusus yang tidak ketinggalan seperti Materi Teknik Dasar Komputer, Mulok bahasa asing seperti bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan lain-lain sesuai kebijakan PKBM. Peserta hendaknya mematuhi dan mengikuti seluruh mata pelajaran dengan baik.

4.      Mata Pelajaran Sebelum Penjurusan

Beberapa PKBM juga menyediakan mata pelajaran penjurusan yang biasanya ada di Semester 1 dan Semester 2. Materi penjurusan ini sangat penting bagi siswa yang setelah lulus ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

5.      Program Ekstrakurikuler

Beberapa PKBM juga menyediakan pelajaran Ekstra untuk mengasah bakat dan minat peserta kejar Paket C. Ekstra yang ada mulai dari ekstra jahit, komputer, bela diri, memasak, merias wajah dan masih banyak lagi. Jika ekstra tersebut ada di PKBM yang Anda pilih, jangan lupa untuk mengikutinya ya!

Cara Memilih PKBM Paket C Terbaik

Meskipun secara global mata pelajaran di PKBM Paket C harus lengkap sebagaimana di atas, namun banyak juga PKBM yang main aman dan tidak memberikan fasilitas yang sesuai. Oleh karena itu, Anda perlu memilih PKBM Paket C yang terpercaya dan profesional. Berikut terdapat cara memilih PKBM Paket C terbaik untuk Anda!

Pilih yang Memiliki Nomor Induk Lembaga

Tidak semua PKBM memberikan fasilitas terbaik untuk pesertanya, pastikan PKBM Paket C yang siswa pilih sudah memiliki nomor Induk Lembaga, memiliki berkas-berkas yang lengkap dan bersedia memberikan fasilitas terbaik untuk pesertanya. Jika perlu pilih PKBM Paket C yang telah memiliki sertifikat akreditasi A.

Pastikan PKBM Menyediakan Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran menggambarkan berbagai kegiatan, jadwal dan biaya daftar ulang menjadi peserta di kejar Paket C. Pastikan formulir yang diberikan resmi, jelas dan mudah untuk difahami.

Biaya Kejar Paket C yang Terjangkau

Umumnya, biaya untuk mengikuti PKBM Paket C lebih terjangkau daripada biaya sekolah formal. Jadi jangan langsung percaya jika ada lembaga yang menawarkan PKBM Paket c dengan biaya yang lebih tinggi, kecuali jika kualitas dan sarana prasarana yang ada terjamin. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu seputar biaya kepada kantor PKBM Paket c pilihannya.

Memiliki Program Belajar yang Jelas

Pastikan juga bahwa program belajar, jadwal pelajaran dan materi pelajaran jelas sejak awal daftar. Karena meskipun pembelajaran kejar Paket C lebih fleksibel, peserta kejar paket C tetap harus mengikuti peraturan dan pelajaran dengan disiplin.

Kejar Paket C di Flexi School

Dari sekian banyaknya PKBM Paket C, Flexi School adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda. Memiliki lokasi yang strategis, program belajar jelas, jadwal pelajaran yang fleksibel dan peserta akan mendapat bekali dengan berbagai keahlian sesuai bakat dan minatnya.

Flexi School merupakan sekolah fleksibel yang programnya berbasis project, mentoring dan coaching life skill. Fokus kami mengembangkan kreativitas, inovasi leadership dan entrepreneurship agar peserta siap untuk sukses di masa depan.

Selain Paket C, kami juga menawarkan kelas homeschooling untuk anak SMP dan SMA, informasi lebih lengkap bisa menghubungi kami atau mengunjungi lama resmi https://flexi.sch.id/. Ayo bergabung bersama kami sekarang juga!

This article have

0 Comment

Leave a Comment