Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Apa Itu PKBM Paket C?

apa itu PKBM Paket C

Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah namun belum memiliki ijazah tingkat SMA? Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengikuti kejar paket C atau biasa Anda kenal dengan PKBM Paket C lho! Meskipun sejak dulu PKBM Paket C telah aktif, namun banyak juga masyarakat yang masih awam dan tidak mengambil kesempatan tersebut untuk memperbaiki riwayat pendidikan.

Sebenarnya apa itu PKBM Paket C, tujuan dan manfaatnya? Untuk informasi lebih lanjut berikut kami menjelaskan pengertian PKBM Paket C, tujuan dan manfaatnya.

Apa Itu PKBM Paket C?

PKBM atau singkatan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah suatu wadah untuk melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat, tujuannya untuk pemberdayaan potensi, menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi dan juga budaya. Jenisnya cukup banyak dari PKBM tersebut, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, salah satu PKBM yang kami bahas kali ini adalah PKBM Paket C.

Anda bisa menyebutnya dengan kejar Paket C, adalah program pendidikan dasar yang penyelenggaraannya melalui jalur pendidikan sekolah. Layanan Paket C memang tujuannya untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat yang tidak mendapatkan pendidikan setingkat SMA. Selain sangat membantu, program ini juga memiliki tujuan yang sangat membantu masyarakat seperti:

Membantu Siswa yang Putus Sekolah

Di Indonesia sendiri, cukup banyak siswa yang mengalami putus sekolah karena berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut bisa karena ekonomi yang sulit, ketidakinginan untuk belajar, orangtua yang domisili berpindah-pindah dan masih banyak lagi. PKBM Paket C adalah solusi tepat untuk siswa yang putus sekolah agar tetap mendapatkan pendidikan sebagaimana anak SMA pada umumnya.

Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Tujuan kedua dari adanya PKBM Paket C adalah untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan siswa agar memiliki pandangan yang luas untuk masa depan. Di dalam PKBM Paket C, terdapat berbagai metode pembelajaran yang beragam dan bisa memilih sesuai bakat dan minat dari masing-masing siswa.

Membekali Dasar-dasar Kecakapan Hidup

Selanjutnya PKBM Paket C juga memiliki peran penting untuk membekali siswa yang tidak belajar di bangku SMA, agar tetap mendapatkan bekal dasar-dasar kecakapan hidup sehingga setelah lulus bisa melanjutkan cita-cita atau lebih mandiri perihal mencari nafkah.

Salah Satu Jalan untuk Masuk Perkuliahan

Nah, poin penting yang perlu untuk Anda ketahui adalah melalui Paket C siswa yang tidak sekolah jenjang SMA bisa tetap melanjutkan untuk masuk ke bangku perkuliahan lho! Dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga belajar yang tepat menjadi salah satu jalan untuk kuliah, meningkatkan karir dan pekerjaan.

Perlu Anda ingat bahwa untuk dapat masuk mengikuti PKBM Paket C, siswa tidak ada batasan mengenai usia. Siapapun bisa mengikuti PKBM Paket C agar mendapatkan pengalaman lebih dan ijazah setara dengan jenjang SMA. Namun harus pasti bahwa calon murid Paket C telah menyelesaikan belajar di SMP/sederajat/Paket B.

Tips Memilih PKBM Paket C yang Terpercaya

Meskipun PKBM Paket C dapat menemukannya dengan mudah di beberapa daerah, namun tetap saja Anda harus memilih instansi yang melayani Paket C secara profesional dan terpercaya. Karena banyak oknum yang memanfaatkan data pribadi untuk hal-hal yang merugikan. Lalu apa saja tips memilih PKBM Paket C yang terpercaya? Di antaranya:

1.      Pilih PKBM Paket C yang Terdaftar Resmi

Ciri-ciri PKBM Paket C yang terdaftar secara resmi adalah bersedia mengeluarkan ijazah, berkas-berkas memenuhi persyaratan dan kegiatan belajar mengajar tersampaikan secara transparan.

2.      Cari Tahu Reputasi PKBM

Agar terhindar dari pembohongan, maka Anda perlu mencari tahu reputasi PKBM melalui media sosial, website resmi, atau langsung datang ke lokasi. Pastikan informasi yang lengkap dan benar adanya agar tidak salah memilih.

3.      Menggunakan Metode Pembelajaran yang Baik

Meskipun bukan sekolah formal, namun metode pembelajaran yang akan terpakai selama sekolah Paket C berlangsung sangat perlu untuk mendapat perhatian. Sehingga penting juga memilih PKBM yang menggunakan metode pembelajaran terbaik, mudah memahaminya dan pastinya fleksibel.

Berbicara tentang fleksibel dalam belajar Paket C, kami Flexi School siap untuk membantu Anda menyelesaikan pendidikan SMA/Paket C/Sederajat dengan mudah. Dengan metode pembelajaran fleksibel dan adaptif menggunakan framework EduAgility berbasis riset dan project, Flexi School siap membantu Anda dengan maksimal.

Sekolah Paket C berbasis homeschooling Flexi School mengutamakan 4 program belajar, yaitu soft skill, project life skill, magang dan akademik. Dengan fasilitas yang lengkap serta coach yang siap untuk mendampingi selama proses belajar mengajar, Anda bisa mendapatkan berbagai ilmu tambahan untuk masa depan di sini.

Tertarik untuk bergabung bersama Flexi School di kelas PKBM Paket C? Hubungi admin kami melalui nomor yang tersedia atau mengunjungi website https://flexi.sch.id/ untuk informasi lebih lengkapnya!

This article have

0 Comment

Leave a Comment