Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Ini Kelebihan Sekolah Paket C Online

Semenjak pandemi, sekolah online menjadi pilihan untuk beberapa instansi pendidikan. Baik pendidikan formal maupun non formal. Salah satunya adalah sekolah paket C online.

Sekolah kesetaraan untuk jenjang pendidikan SMA ini banyak mendapat minat oleh mereka yang tidak berkesempatan memiliki ijazah SMA karena alasan tertentu. Penyelenggaranya oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM).

Sejak pandemi, ada beberapa PKBM yang menyelenggarakan sekolah non formal secara online. Meski terkesan lebih praktis, sekolah paket C online ternyata memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Bahasan selengkapnya di sini.

Kelebihan Sekolah Paket C Online

Sekolah paket C online ternyata masih banyak terpilih oleh beberapa PKBM. Dan ini yang menjadi kelebihan menyelenggarakan sekolah paket C secara online.

Bisa Mengaksesnya di Mana dan Kapanpun

Salah satu kelebihan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara online adalah kemudahan akses. Termasuk juga untuk sekolah paket C. Siswa bisa bersekolah di manapun dan kapanpun menggunakan berbagai perangkat yang memadai. Seperti smartphone, laptop, ataupun komputer.

Di sini guru dan siswa bisa saling tatap muka dalam jaringan meski dengan jarak yang saling berjauhan. Cukup gunakan perangkat, berbagai platform, dan saluran internet yang lancar. Pembelajaran bisa dengan mudah dan cepat.

Hemat Biaya

Bayangkan jika Anda kesulitan untuk menemukan PKBM paket C terdekat. Anda atau putra putri Anda harus datang ke kota tertentu dengan jarak yang cukup jauh untuk sekedar menjalani pendidikan paket C. Karena memang tidak semua daerah memiliki fasilitas pendidikan paket C.

Berapa biaya yang harus Anda keluarkan, setidaknya 3 hari dalam satu minggu. Dengan menggunakan pembelajaran daring atau online, Anda bisa menghemat biaya transportasi yang tidak sedikit. Cukup gunakan perangkat yang bisa tersambung dengan internet dan kuota internet. Anda sudah bisa belajar dengan aman dan nyaman di rumah.

Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Selain tatap muka, tutor atau guru biasanya juga memberi bahan belajar yang bisa siswa pelajari. Dalam bentuk video, teks, maupun audio. Dengan bahan pembeli ini, siswa bisa belajar dengan mandiri.

Waktu belajar lebih fleksibel, melakukannya bisa kapanpun dan dimanapun. Terutama bagi siswa yang juga nyambi kerja. Pembelajaran online membuat waktu belajar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu siswa.

Wawasan Lebih Luas

Belajar online tidak mengharuskan siswa untuk menerima materi pembelajaran hanya dari guru saja. Karena siswa bisa menambah materi sendiri dari internet.

Google dan beberapa mesin pencarian di internet menyediakan berbagai materi pelajaran yang bisa mengaksesnya dengan mudah. Mulai dari berbagai artikel singkat hingga jurnal digital yang menyajikan ilmu pengetahuan dengan lengkap.

Berbagai kemudahan inilah yang memungkinkan siswa memiliki pengetahuan yang luas. Bahkan bisa jadi lebih luas jika berbanding dengan pengetahuan dari tutor, guru, atau pengajarnya.

Kelemahan Sekolah Paket C Online

Meski memiliki banyak kelebihan, namun sekolah paket C online ternyata juga memiliki banyak kelemahan, antara lain:

Jaringan Internet yang Terbatas

Bagi masyarakat perkotaan, akses internet memang mudah. Apalagi dengan adanya WiFi publik gratis yang tersedia di berbagai tempat. Peserta didik bisa dengan mudah melakukan KBM dengan akses internet yang tersedia tersebut.

Tapi bagaimana dengan siswa yang berada di zona 3 T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Akses internet masih menjadi barang mewah bagi mereka. Jangankan bisa belajar dengan mudah. Sinyal internet saja masih timbul tenggelam.

Inilah alasan mengapa pembelajaran online tidak bisa di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Kerena selain akses yang sulit, orang harus mengeluarkan biaya mahal untuk bisa mengakses jaringan internet dengan cepat.

Interaksi yang Terbatas

Belajar online memang interaksi antara siswa dengan pengajar. Namun interaksi itu hanya sebatas di dalam jaringan. Sebebas apapun tatap muka di dalam jaringan, tentu ada beberapa hal yang membatasi.

Contohnya seperti ekspresi muka yang tidak bebas. Atau misalnya guru ingin menjelaskan dengan cara praktik menggunakan gerakan tangan. Tidak akan sebebas jika KBM di luar jaringan.

Interaksi yang terbatas inilah yang menjadi penyebab keterbatasan penyampaian materi pelajaran. Jadinya siswa tidak mampu memahaminya dengan maksimal.

Kesadaran Belajar yang Rendah

Proses belajar yang terkesan hanya sebatas formalitas membuat sebagian siswa memiliki kesadaran belajar yang rendah. Menyebabkan hasil belajar menjadi tidak maksimal.

Sekolah Paket C di Flexi School

Tertarik mengambil sekolah paket C? Datang saja ke Flexi School Bintaro. Sekolah fleksibel yang rancangannya dengan kurikulum sesuai bakat dan minat siswa. Di sini Anda atau putra putri Anda bisa menempuh program paket C dengan cara yang menyenangkan. Karena bisa belajar apa yang mereka sukai.

Flexi School fokus mengembangkan inovasi, kreatifitas, leadership, dan entrepreneurship, untuk mempersiapkan masa depan siswa yang lebih baik. Bersama Flexi School, Anda bisa mendapat sekolah paket C online dengan cara yang menyenangkan.

This article have

6 Comments

Kami saat ini tidak menerima paket C dalam 1 tahun. Wajib mengikuti proses selama 3 tahun. Kecuali pindahan dikelas 11 dengan raport lengkap. Terima kasih.

Leave a Comment