Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Metode Belajar Home Based Education

Sudah tahukah Anda mengenal metode belajar home based education? Ini adalah salah satu terobosan metode belajar yang sedang menyita perhatian orang tua di Indonesia. Home based education atau yang biasa mengenalnya dengan home schooling ini merupakan metode belajar berbasis rumah yang lebih fleksibel, nyaman dan efektif untuk anak-anak yang membutuhkan.

Sekolah berbasis rumah ini memiliki rancangan dengan sistem pengajaran sesuai dengan kemampuan, gaya belajar anak dan tentunya mengantarkan anak memahami bakat dan minatnya. Sistem pendidikan yang telah mendapatkan cap legal di Indonesia ini menjadi pilihan bagi sebagian orangtua yang merasa anaknya lebih cocok dengan sistem belajar berbasis rumah.

Kelebihan Metode Belajar Home Based Education

Bagi Anda yang baru memahami tentang sekolah home based education, tentu sangat perlu mengetahui konsep dasarnya. Sehingga kedepannya Anda bisa memilih jenis pendidikan terbaik untuk buah hati. Kira-kira apa saja sih kelebihan dari metode belajar home based education? Berikut selengkapnya!

Belajar Lebih Fleksibel

Pertama, kelebihan dari metode home based education adalah pembelajaran bisa lebih fleksibel. Karena gaya belajarnya adalah anak tidak perlu mengikuti jam belajar sebagaimana di sekolah formal, yang artinya sistem full day school tidak berlaku di home based education. Pilihan ini sangat tepat untuk anak yang tidak bisa belajar dalam waktu lama.

Proses Belajar Lebih Fokus

Meskipun tidak menerapkan sistem full day, namun pastinya proses pembelajaran akan lebih fokus. Karena anak bisa lebih konsentrasi dalam menerima pelajaran, materi yang tersampaikan juga bisa langsung siswa terima, dan tidak ada subyek lain yang mengganggu proses belajar.

Menyesuaikan Gaya Belajar Anak

Agar selama belajar siswa tidak merasa bosan dan mengantuk, para mentor tentu akan menyesuaikan gaya belajar anak selama pembelajaran berlangsung. Anak bisa menentukan sendiri topik belajar yang sesuai kemampuan. Meskipun terkesan bebas, namun home based education tetap disiplin dalam mencapai tujuan.

Kepribadian Anak Mudah Terbentuk

Tidak sedikit anak yang tidak mengetahui kemampuan diri sendiri sampai usia dewasa. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Nah, metode home based education bisa membantu anak untuk membentuk kepribadian, memahami dirinya sendiri agar lebih percaya diri. Jika kepercayaan diri tinggi maka anak akan tumbuh menjadi lebih bahagia dan dewasa.

Kekurangan Metode Belajar Home Based Education

Meskipun ada banyak kelebihan yang mereka dapatkan jika menggunakan home based education, ada juga sedikit kekurangan yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk memilih dan mempertimbangkan. Nah, kekurangan dari home based education di antaranya:

Kurangnya Kehidupan Sosial

Karena metode ini fokus untuk personal maka tidak dapat memungkirinya bahwa pergaulan sosial anak menjadi lebih kurang. Oleh karena itu, meskipun menggunakan pendidikan home based education, orangtua wajib mengimbangi agar anak bisa bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Karena bersosialisasi juga menjadi bagian dari perkembangan anak yang wajib terpenuhi.

Jiwa Kompetitif yang Kurang

Karena setiap hari belajar secara personal dengan mentor atau orangtua, jiwa kompetitif anak dalam belajar akan lebih berkurang. Karena anak tidak merasakan bersaing dengan teman, mendapatkan juara kelas atau lainnya. Sehingga sangat perlu pemilihan lembaga yang sekaligus memberikan fasilitas tersebut untuk menumbuhkan jiwa kompetitif anak.

Biaya yang Relatif Mahal

Karena pembelajaran khusus atau perorangan maka mengenai biaya memang relatif lebih mahal daripada sekolah formal. Biaya bisa lebih mahal karena fasilitas home based education yang lebih lengkap, sistem pembelajaran yang lebih terfokus dan guru khusus. Tidak perlu khawatir mengenai biaya karena ada banyak pilihan kelas sesuai kemampuan.

Flexi Shool Sekolah dengan Metode Home Based Education

Kami percaya bahwa setiap anak tercipta agar bisa belajar dan antusias untuk menemukan hal baru. Apalagi jika pelajaran yang sesuai dengan hobi, bakat serta minatnya. Home based education manakah yang bisa dipilih untuk memenuhi pendidikan anak?

Kini hadir Flexi School, sekolah dengan metode pembelajaran ala home based education yang tentunya nyaman untuk anak. Apa saja yang akan siswa dapatkan jika bergabung bersama kami?

  • Jam belajar yang fleksibel.
  • Gedung yang luas dan fasilitas sekolah yang lengkap.
  • Lingkungan sekolah yang nyaman dan aman untuk tumbuh kembang anak.
  • Menggunakan metode pembelajaran agile education untuk melatih anak menjadi insan yang dewasa, spiritual dan cerdas.
  • Mendapat pendampingan oleh guru, coach dan mentor profesional di bidangnya.

Sekolah yang berdesain dengan model pembelajaran home based education ini memiliki tujuan, visi dan misi yang jelas, namun fleksibel dalam mencapainya. Ingin informasi lebih lengkap seputar Flexi School? Datang kepada kami atau konsultasi secara online melalui nomor WA yang tersedia di website https://flexi.sch.id/ . Semoga membantu!

This article have

0 Comment

Leave a Comment