Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Apakah Homeschooling Bermanfaat Bagi Orang Tua dan Siswa?

Homeschooling adalah kegiatan belajar yang memiliki banyak manfaat serta tujuan pendidikan paling utama untuk anak. Sebab bisa berlangsung dengan nyaman serta lebih menyenangkan. Homeschooling akan membawa anak-anak untuk belajar pada dunia yang nyata dengan alam terbuka sehingga ada banyak manfaat yang dirasakan oleh anak maupun orang tuanya. Manfaat homeschooling bisa Anda simak ulasannya berikut ini.

Ketahui Apa Saja Manfaat Homeschooling

Metode pendidikan yang cukup terkenal yakni homeschooling. Homeschooling merupakan suatu metode pembelajaran informal yang lebih menerapkan sistem sekolah di rumah. Jadi homeschooling sangat membantu anak-anak untuk bisa tetap belajar tanpa terhalang oleh apapun. Jadi, tak perlu berangkat ke sekolah setiap harinya.

Selain itu, anak juga tidak harus berangkat sebelum pukul 7 pagi ataupun mengikuti upacara dan apel pagi. Mulai dari materi yang diajarkan, metode pembelajaran, sampai dengan lokasi belajarnya bisa untuk ditentukan sendiri.

Sekarang ini sudah banyak orang tua yang memilih untuk menyekolahkan anak dengan cara homeschooling. Tetapi dalam hal ini masih banyak yang belum mengetahui tentang sistem dari pendidikan ini. Apakah manfaat dari sekolah di rumah? Nah berikut manfaat homeschooling yang perlu Anda ketahui.

1. Belajar Lebih Fleksibel

Karena sistem pendidikannya informal, maka tidak terdapat peraturan baku yang ada terkait dengan sistem pendidikan ini. Belajar menjadi lebih fleksibel merupakan manfaat dari homeschooling itu sendiri yang dapat dirasakan. Tentunya anak-anak akan menjadi lebih leluasa untuk bisa belajar, sebab tidak perlu bergantian dengan temannya.

Selain itu, juga dapat menentukan bagaimana sistem belajar yang akan digunakan. Misalnya dari kurikulum, materi, guru, tempat yang akan dipakai untuk belajar, serta berbagai kebutuhan anak lainnya. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan sekolah formal yang segala sesuatunya telah diatur.

2. Leluasa untuk Mengembangkan Bakat

Manfaat dari homeschooling yang berikutnya yakni anak dapat mengembangkan bakat secara lebih menyeluruh dan leluasa. Mengingat bahwa homeschooling merupakan metode pembelajaran yang mandiri, anak serta orang tua dapat menentukan waktu, durasi, dan metodenya.

Nah, metode juga dapat disesuaikan dengan minat serta gaya belajar pada anak. Metode belajar yang seperti itu pastinya mempunyai manfaat tersendiri untuk anak ketika homeschooling. Salah satunya yakni akan mempercepat dalam proses pemahaman serta anak dapat leluasa untuk bertanya kepada gurunya mengenai hal yang tidak dipahami.

Bila orang tua menyekolahkan anak dengan homeschooling, maka akan lebih mempercepat prosesnya di dalam belajar. Sehingga anak dapat lebih memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk fokus pada pengembangan bakatnya. Pengembangan bakat dan minat yang maksimal akan membuat anak menjadi luwes, lebih siap untuk beradaptasi pada lingkungan luar, serta berbagai kondisi apapun.

3. Suasana Belajar Menyenangkan

Belajar dengan menyenangkan dapat membantu anak untuk gampang menyerap materi pembelajaran yang diajarkan. Manfaat homeschooling ini bisa membuat belajar menjadi lebih menyenangkan karena sistem pendidikannya yang fleksibel, dimana serta kapan saja.

Tentunya anak juga tidak akan cepat bosan dengan suasana belajar yang monoton. Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan sekolah formal yang lebih cenderung serius dan KBM berlaku di dalam kelas.

4. Suasana Belajar Menjadi Kondusif

Kondisi belajar akan kondusif sebab gurunya hanya mengajarkan satu orang anak didik secara spesial. Lebih tenang, nyaman, serta bersahabat untuk sang anak. Berbeda jika sekolah formal, banyak anak yang diajari oleh guru sehingga terkadang materi tidak bisa dipahami dan lebih terkesan ribut semisal ada yang ingin bertanya. Jadi, tidak akan maksimal jika kebanyakan siswanya.

5. Menciptakan Kondisi Pergaulan yang Lebih Aman

Manfaat lain dari homeschooling yaitu dapat menciptakan pergaulan yang tidak menyimpang serta aman dari nilai sosial untuk anak. Selain itu, orang tua bisa memantau posisi perkembangannya.

Terkadang belum terdapat jaminan pasti tentang pergaulan yang ada di sekolah formal. Bahkan ada beberapa sekolah rentan pada risiko yang bisa merugikan masa depannya akibat adanya interaksi sosial salah.

6. Membentuk Karakter Anak

Secara tidak langsung homeschooling mempunyai dampak yang cukup signifikan di dalam membentuk karakter anak. Selama lembaga homeschooling mengajarkan tentang kaidah yang sering diterapkan dalam sekolah formal, maka sekolah di rumah tersebut akan berpengaruh pada perkembangan yang baik untuk karakter anak.

7. Mempelajari Agama Lebih Baik

Homeschooling akan memberikan sejumlah pengaruh yang baik di dalam pelajaran agama anak. Belajar tentang agama adalah masalah yang cukup sensitif. Sehingga beberapa sekolah formal tampak menghindari.

Tetapi dengan adanya sekolah informal ini, maka orang tua bisa mengendalikan pembelajaran agama serta moral untuk anak. Dengan lebih menanamkan keyakinan dan ideologi mendalam pada anak, sehingga dapat lebih matang dalam belajar agama yang diyakini.

Homeschooling memang sangat berguna untuk anak-anak yang ingin belajar lebih fleksibel dan teratur lagi. Anak-anak dapat menyerap materi pelajaran yang guru terangkan secara menyeluruh sehingga akan lebih sempurna di dalam mendapatkan informasi. Apakah sekolah informal diberikan ijazah homeschooling?

Anak-anak akan mendapatkan ijazah dengan cara mengikuti ujian kesetaraan ataupun Ujian Formal yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Jika anak ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, maka mereka akan mendapatkan ijazah dengan ujian yang sudah ditetapkan. Lalu apa saja syarat homeschooling di Indonesia?

Nah, untuk anak SD/MI sederajat dengan memiliki tes kelayakan maupun penempatan yang sesuai dengan institusi pendidikan formal yang diinginkan. Sedangkan untuk SMP/MTS sederajat dengan ujian kesetaraan paket A ataupun lulusan SD/MI sederajat.

Manfaat homeschooling bisa Anda lihat di atas. Ada beberapa manfaat yang orang tua akan rasakan ketika memilih untuk menyekolah anak secara informal. Selain itu, pendidikan homeschooling ini juga akan mendapatkan ijazah sama seperti sekolah formal pada umumnya.

Another Article

By : Flexi School Bintaro

Karakteristik PKBM untuk Masyarakat

By : Flexi School Bintaro

Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak

By : Flexi School Bintaro

Ciri-ciri Sekolah Ramah Anak

This article have

0 Comment

Leave a Comment