Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Berapa Lama Belajar di PKBM?

Berapa lama belajar di PKBM

Berapa lama belajar di PKBM? Mungkin pertanyaan ini seringkali muncul di benak Anda, ketika ada keinginan melanjutkan sekolah di usia tak muda serta untuk anak yang memiliki keterbatasan karena sakit misalnya. Atau sudah mengikuti sekolah alternatif di rumah dan butuh terdaftar secara resmi pada satuan pendidikan. Untuk menjawab pertanyaan ini sebaiknya Anda menyimak ulasan berikut ini.

Sebenarnya lama belajar di PKBM sama saja dengan sekolah formal. Kejar Paket A setara dengan SD 6 tahun, kejar Paket B setara SMP 3 tahun kemudian kejar paket C setara dengan SMA yakni 3 tahun. Namun meski begitu, tetap saja banyak orang bertanya tentang berapa lama belajar di PKBM. Karena ada anggapan di PKBM sangat mudah menyelesaikan lama belajar.

Belajar di PKBM menjadi tujuan masyarakat yang ingin sekolah dengan tidak mau seperti sekolah mainstream atau memang terkendala umur. Keberadaan PKBM ini diapresiasi banyak pihak, karena dipercaya dapat memutus mata rantai dari buta aksara. Juga meminimalisir angka putus sekolah. Serta memberikan alternatif pendidikan selain sekolah formal.

PKBM merupakan solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan ijazah dengan cara berbeda. Namun tetap wajib mengikuti ketentuan kurikulum pemerintah. Tak dipungkiri ijazah di dunia kerja sangat diperlukan meski mereka mempunyai keahlian tertentu.

Karena nantinya mereka akan bersaing, ketika potensi yang dimiliki setara maka penilaian lain dinilai dari kepemilikian ijazah. Kiranya dengan sekolah di PKBM cita-cita untuk mempuyai ijazah dapat tercapai.

Berapa Lama Belajar di PKBM?

Berapa lama belajar di PKBM? Menjadi pertanyaan bagi mereka yang ingin belajar namun waktu terbatas. Jangan khawatir dengan pertanyaan ini karena PKBM menjadi solusi bagi Anda yang ingin bersekolah. Tak usah khawatir dengan waktu belajar karena PKBM dapat menyesuaikan dengan waktu yang Anda miliki. Anda dapat berdiskusi dengan penyelenggara PKBM tentang waktu untuk belajar.

Siswa diberi kesempatan untuk memahami dirinya sendiri sehingga dalam proses pembelajaran nantinya dapat mengembangkan kemampuannya sesuai pilihan. Beragam kompetesi yang ada dapat dimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari secara cerdas, dewasa dan spiritual.

Cerdas, bagaimana mereka mampu memanfaatkan logika berpikir dengan baik serta dapat melakukan problem solving sesuai keahlian. Dewasa, bagaimana mereka secara mandiri dan bertanggung jawab mampu berorganisasi dalam kehidupannya. Spiritual, bagaimana mereka mampu mengimplemetasikan pendidikan yang sudah diampunya sesuai dengan akidah dan ahlak yang baik.

Kriteria tersebut dapat berkembang karena kepekaan yang mereka terima dari pembiasaan yang berbasis projek. Kerangka kerja ringan yang dapat menghantarkan siswa mampu beredukasi dengan solusi permasalahan.

Salah satunya adalah Flexi School Bintaro sebuah lembaga pendidikan yang memberi pembelajaran tidak hanya fokus pada siswa saja nanum juga memberi fasilitas bagi para tutor, fasilitator, orang tua dan lainnya untuk dapat mengembangkan diri beproses sehingga dapat berkontribusi di mana pun berada.

Flexi School Agile Education adalah solusi belajar memanusiakan manusia. Bahwa lembaga tidak hanya terpaku pada pekerjaan administratif saja, namun lebih jauh adalah memandang manusia memiliki kemampuan lebih.

Kemampuan tiap orang berbeda yang mana harus dikembangkan. Dari kemampuan tersebut mereka dapat menjadi seorang pemimpin di masa depan. Dengan value yang sudah termiliki maka para pembimbing akan memaksimalkan kemampuannya tersebut sehingga value yang didapat dapat berkembang serta bermanfaat bagi kepentingan masyarakat luas.

Keunggulan PKBM

Berapa lama belajar di PKBM tentunya tergantung kepada bagaimana keseriusan menekuni pembelajaran. Sebelum daftar di salah satu PKBM, baiknya Anda mencari informasi tentang keunggulan PKBM itu sendiri. Salah satunya keunggulan di https://flexi.sch.id/ Agile Education yang bisa Anda ketahui:

Menyiapkan Siswa Mandiri

Belajar di PKBM, sama artinya dengan memberi kesempatan pada siswa untuk mandiri. Karena di sini siswa diberi pelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Tidak hanya bagi siswa namun juga tutor, fasilitator. Di sini mereka harus berkembang dan termotivasi satu sama lainnya. Sharing ilmu sharing motivasi yang sangat membantu.

Siswa Mampu Menghadapi Perubahan Zaman

Di PKBM siswa dibekali dengan beragam kompetensi sesuai dengan minat dan bakatnya. Ketika anak memilih kompetensi sesuai hati, maka mereka akan melakukannya dengan perasaan senang tanpa paksaan. Sebuah tuntutan yang membuat mereka bertanggung jawab dan bersiap menghadapi beragam permasalahan di lapangan sesuai dengan perubahan zaman.

Tersedianya Psikolog

Psikolog menjadi hal yang sangat pentimg. Ketika anak berani memilih potensi, peran psikolog adalah mendampingi mereka dan melihat kesiapan baik secara pisik maupun psikis. Ketika ada sesuatu perubahan terkait mental anak maka psikolog dapat dengan cepat mendeteksi dan mencarikan solusinya. Anak bukan hanya dijejali pengetahuan semata namun mereka juga harus mempunyai kesiapan secara mental.

Keterlibatan Lingkungan Sekitar

Salah satu yang utama adalah keterlibatan keluarga menjadi sesuatu yang mutlak harus ada ketika anak menjalani PBM. Orangtua adalah motivator sejati dalam lingkungannya. Selain keluarga, lingkungan sekitar tempat siswa bersosialisasi juga menjadi penting keberadaaanya.

Pengajar kiranya harus mengetahui lingkungan siswa tersebut agar mengetahui persis bagaimana keadaan anak tersebut. Keterlibatan lingkungan ini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan siswa.

Bagaimana ia nantinya berkembang di lapangan, bagaimana berperan serta di masyarakat itu tak lepas dari peran keluarga. Serta tidak bisa hanya diserahkan pada lingkungan PKBM saja.

Keleluasaan Waktu

Ketika siswa ingin belajar namun terkendala usia dan waktu, maka kiranya PKBM menjadi solusi bagi yang ingin belajar di usia yang tidak muda lagi. PKBM hadir untuk membantu menggapai mimpi ingin bersekolah.

Para pembimbing di PKBM akan menyesuaikan dengan jadwal yang Anda punya. Jadi tidak usah takut karena kesibukan aktifitas anak atau karena keterbatasan yang ada. Dalam hal ini tetap dapat bekerja serta mencari ilmu.

Berapa lama belajar di PKBM? Kiranya tulisan di atas menjadi jawaban. Yuk tetap belajar. Flexi School Bintaro Agile Education solusi bagi Anda yang ingin maju.

This article have

0 Comment

Leave a Comment