Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Mudah dan Tidak Berbelit-belit, Begini Cara Daftar Sekolah Paket C

Cara daftar sekolah paket C harus Anda ketahui jika ingin mengambil kejar paket C. Sekolah paket C adalah sekolah kesetaraan untuk tingkatan SMA. Yaitu solusi bagi siapapun yang tidak sempat melanjutkan atau lulus SMA dengan berbagai alasan.

Begitu pula dengan jenjang pendidikan lainnya. Seperti SD dan SMP. Tidak lulus SD atau SMP bukan masalah yang rumit. Anda atau putra putri Anda bisa mendaftar paket A untuk kesetaraan SD dan paket B untuk kesetaraan SMP. Meski ijazah kesetaraan, namun tetap bisa digunakan untuk mendaftar kerja dan masuk PTN atau PTS.

Berbagai Alasan Tidak Lulus SMA

Pendidikan memang hal yang wajib bagi semua warga negara Indonesia. Namun tidak lulus SMA bukan berarti karena alasan yang negatif. Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak lulus SMA.

1.      Tidak Adanya Biaya Pendidikan Untuk Jenjang SMA

Biaya pendidikan memang mahal. Bahkan ada yang harus merogoh kantong jutaan per bulan hanya agar bisa sekolah di SMA yang layak. Bagi orang dengan kemampuan ekonomi baik, tentu ini bukan masalah.

Berbeda dengan orang yang kemampuan ekonominya pas-pasan. Pendidikan adalah hal mewah yang jarang bisa dinikmati oleh golongan ekonomi menengah ke bawah.

Jika Anda atau putra putri Anda adalah salah satu orang yang tidak bisa menikmati pendidikan SMA karena faktor ekonomi, tidak masalah. Karena bisa tetap mendapatkan ijazah Setara SMA dengan biaya pendidikan yang lebih rendah.

2.      Sakit Saat harus Menempuh Pendidikan

Ada beberapa siswa paket C yang mengaku sakit selama masa SMA. Sehingga tidak bisa menyelesaikan waktu pendidikannya dengan baik. Ada pula yang mengalami kecelakaan parah. Menyebabkan dia tidak mungkin pergi ke sekolah formal dengan keadaan menggunakan alat bantu jalan.

Sebagian memang ada yang memilih homeschooling. Namun sebagian lagi ada yang memilih putus sekolah karena tidak memungkinkan belajar dengan kondisi fisik yang sakit. Alhasil, setelah sembuh total, mereka memutuskan mengejar ketertinggalannya dengan mengikuti paket kejar C.

3.      Ada Masalah di Sekolah Hingga dikeluarkan

Meski tidak banyak, namun ada juga beberapa siswa yang mengaku tidak lulus SMA karena ada masalah hingga dikeluarkan dari sekolah. Masalah ini biasanya terkait dengan pelanggaran tata tertib sekolah. Karena pelanggaran yang dilakukan cukup berat sehingga sekolah memutuskan untuk mengeluarkannya.

Anda atau putra putri pernah mengalami seperti ini? Dunia belum berakhir. Masih bisa mengejar ketertinggalan dan mendapat ijazah SMA dengan mengikuti paket kejar C.

4.      Pernah Punya Pemikiran Bahwa Pendidikan Itu Tidak Penting

Pernah punya pemikiran bahwa pendidikan formal itu tidak penting? Sehingga memutuskan untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang SMA. Lebih fokus untuk bekerja, berbisnis, atau membangun karir.

Tapi setelah semuanya didapatkan, baru sadar. Ternyata pendidikan itu penting. Belum ada kata terlambat. Karena Anda masih bisa mengejar ketertinggalan dengan mengikuti paket kejar C.

Cara Daftar Sekolah Paket C

Anda tertarik untuk mengejar ketertinggalan dengan mengikuti program kejar paket C? Tidak masalah. Karena cara daftar sekolah paket C tidaklah sulit. Anda cukup mendatangi PKBM paket C terdekat. Dengan memenuhi beberapa syarat berikut ini.

  • Warga negara Indonesia.
  • Berusia di atas usia pelajar SMA.
  • Berminat mengikuti masa pendidikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan adalah:

  • Fotokopi Ijazah SD atau SMP (Paket A atau Paket B jika mengikuti kesetaraan juga) yang telah dilegalisasi.
  • Fotokopi raport pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi, jika ada.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi Akta Kelahiran.
  • Fotokopi KK.
  • Fotokopi KMS, bila ada.
  • Mengisi form pendaftaran serta surat kesanggupan mengikuti proses belajar mengajar bermaterai.
  • Melampirkan surat ijin belajar dari tempat kerja yang ditanda tangani oleh atasan (khusus yang sudah kerja).

Setiap PKBM mungkin memiliki syarat yang berbeda. Tapi rata-rata dokumen dan syarat mengikuti kejar paket C secara garis besar sama seperti di atas. Atau mungkin ada beberapa PKBM yang meminta syarat khusus. Anda bisa memenuhinya selama memungkinkan untuk memenuhi.

PKBM Flexi School

Flexi School adalah sekolah fleksibel yang juga menjadi PKBM dan menyelenggarakan program kejar paket C. Di sini Anda atau putra putri Anda bisa menempuh pendidikan paket C dengan kurikulum sesuai dengan minat dan bakatnya.

Siswa akan dididik dengan cara belajar yang menyenangkan. Karena bisa memilih pelajaran sesuai dengan hobi dan minat yang dimilikinya. Sehingga belajar menjadi lebih bersemangat untuk masa depan terbaiknya.

Lalu bagaimana cara mendaftar sekolah paket C di Flexi School? Mudah saja. Anda hanya perlu menghubungi admin Flexi School. Konsultasikan semua kebutuhan pendingin Anda atau putra putri Anda dengan pengajar terbaik. Karena dengan Flexi School, Anda bisa bersekolah dengan waktu yang fleksibel dan cara belajar yang menyenangkan.

This article have

2 Comments

jika pernah menempuh sekolah hingga kelas 2 sma/smk lalu keluar dan tidak mempunyai bukti raport apakah bisa hanya melanjutkan satu tahun via online

Wajib memiliki raport kak, sebagai bukti pernah dijenjang kelas 2 SMA/ SMK. Jika tidak ada, perlu mengulang. Terima kasih

Leave a Comment