Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

15 Cara Mudah Memahami Pelajaran Agar Lebih Paham

Cara mudah memahami pelajaran merupakan salah satu topik yang cukup banyak dicari saat ini, terutama setelah pandemi menyerang dengan kasus yang naik turun. Pasalnya, situasi belajar banyak yang dialihkan secara online. Hal ini membuat beberapa pelajar mengalami kesulitan dalam menyerap materi yang diberikan.

Sebenarnya, belajar tidak hanya dilakukan oleh para mahasiswa dan pelajar saja. Pekerja kantoran hingga dosen pun tidak akan berhenti belajar karena akan selalu ada hal baru yang harus dipelajari demi meningkatkan kualitas diri. Namun, kegiatan belajar ini kadang-kadang menghasilkan buah yang nihil karena materi yang diserap ternyata tidak maksimal. Anda termasuk salah satunya? Mari simak artikel ini hingga selesai.

15 Cara Mudah Memahami Pelajaran yang Cepat dan Efektif

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ada beberapa trik menghafal materi yang efektif, yaitu dengan cara menggabungkan Teknik visualisasi dan trik memori. Teknik ini bisa membantu kita mengingat suatu konsep hingga bertahun-tahun lamanya. Berikut beberapa triknya!

  • Pahami Informasi

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan saat belajar ialah mencoba menghafal semua materi yang ada dalam buku sumber, padahal ini bukan cara yang tepat. Cobalah untuk memahami informasi yang paling penting terlebih dahulu. Informasi ini akan lebih mudah dihafal karena lebih terorganisir dan masuk akal.

Namun, jika Anda kurang memahami materi tersebut, Anda bisa mencari pemahamannya dari sumber lain yang lebih mudah dimengerti penjelasannya. 

  • Hubungkan

Agar pemahaman yang Anda dapat semakin kompleks, cobalah untuk menghubungkan informasi yang telah didapat dengan konsep dari materi lain. Cobalah pikirkan bagaimana menghubungkan kedua konsep tersebut. Hal ini bisa membantu Anda untuk menganalisi, dan berpikir kritis.

Untuk mempermudah pemetaan hubungan ini, Anda bisa membuat sebuah catatan kecil, menggaris bawahi informasi penting, hingga membuat mind map.

  • Case Study

Pada saat belajar, tidak jarang kita menemukan materi yang cukup sulit untuk dipahami, apalagi jika hanya berpedoman pada teori yang ada. Karena itu, Anda mencoba studi kasus untuk bisa memahaminya dengan lebih baik. Dengan cara ini, Anda akan dihadapkan pada suatu kasus yang memvisualisasikan teori sehingga menjadi lebih mudah untuk dipahami.

  • Perbanyak Latihan Soal

Cara mudah memahami pelajaran yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang akan menghadapi ujian. Ketimbang hanya bolak-balik membaca materi, Anda bisa memperkuat pemahaman tersebut dengan mencoba mengisi berbagai latihan soal. Semakin banyak jenis soal yang dihadapi, maka Anda bisa semakin paham maksud dari soal yang dating nanti saat ujian. 

  • Gunakan Teknik Pengulangan

Setelah menguji diri dengan memperbanyak latihan soal, Anda bisa mengalihkan konsep belajar dari memori kerja ke memori jangka panjang agar tidak mudah lupa. Cara ini akan membantu otak untuk lebih mudah mengingat dan mengulang materi pembelajaran. Pengulangan yang tegas bisa mempermudah masuknya informasi.

Caranya, Anda bisa coba membuat beberapa kartu yang yang berisi pertanyaan pada saat belajar. Kartu ini akan sangat berguna untuk menguji pemahaman dan me-resume konsep yang sebelumnya telah dipahami. Cobalah untuk memberi jeda antara waktu belajar dengan Teknik pengulangan. Misalnya, Anda melakukan Teknik pengulangan ini setelah belajar 3 hari yang lalu.

  • Kelompokkan Materi

Mengelompokan beberapa materi merupakan cara mudah memahami pelajaran yang paling sederhana untuk dilakukan. Misalnya, saat ini Anda ingin menghafal empat jenis bunga yaitu kamboja, anggrek, melati, dan mawar. 

Cobalah untuk mencari cara agar keempat bunga tersebut terhubung dengan lebih mudah dalam ingatan. Salah satu caranya yaitu dengan membuat singkatan. Misalnya, Anda dapat membuat singkatan dari huruf awal nama-nama bunga tersebut, seperti KAMM (kamboja, anggrek, melati, dan mawar). Cara ini cukup efektif untuk mempermudah proses menghafal suatu materi.

  • Berbicara pada Diri Sendiri

Cara mudah memahami pelajaran lainnya yaitu Anda bisa mencoba berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Biasanya, cara ini dilakukan oleh para pembelajar auditorial. Meskipun tampak aneh, tapi cara ini cukup efektif dalam membantu Anda memahami pelajaran.

  • Buat Catatan Kecil

Ada salah satu kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh seseorang saat belajar. Umumnya, kita lebih sering menghafal setiap materi yang disampaikan secara detail, padahal ini kurang efektif.

Akan lebih baik jika Anda merangkumnya dalam beberapa poin penting ketika guru sedang menyampaikan materi. Anda bisa mencatat poin-poin tersebut pada kertas kecil atau sticky notes. Misalnya, menuliskan rumus phytagoras, rumus tenses, atau menonjolkan kata kunci tertentu agar lebih mudah untuk diingat.

  • Coba Teknik Visual dan Spasial

Cara mudah memahami pelajaran yang satu ini akan mengandalkan panca indera yang Anda miliki. Misalnya, Anda bisa menggunakan lagu, perasaan, gambar, dan tubuh untuk mempermudah mengingat informasi. Teknik ini memiliki banyak cara pendekatan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan kreatif. 

Selain itu, Teknik visual juga bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat lebih Panjang. Misalnya, Anda ingin menghafal rumus jajar genjang, maka cobalah untuk membuat gambar jajar genjang terlebih dahulu, lalu tulis rumusnya pada gambar tersebut. Jika ingin menghafal tabel rumus kimia, Anda bisa menggunakan irama lagu. 

  • Susun Jadwal Belajar

Menyusun jadwal belajar juga merupakan salah satu cara mudah memahami pelajaran yang sangat mendasar. Cara ini bertujuan untuk mengatur waktu belajar agar lebih teratur. Anda bisa menandai setiap tanggal menggunakan spidol atau sticky notes.

  • Kurangi Potensi Pengganggu

Proses belajar yang kurang efektif biasanya terjadi karena terlalu banyaknya pengganggu yang menghampiri Anda saat belajar. Karena itu, Anda bisa coba mematikan beberapa notifikasi di ponsel yang kiranya dapat mengganggu. Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk menghentikan notifikasi yang masuk sementara waktu.

  • Brainstorming

Cara yang satu ini bisa dilakukan jika Anda sudah mulai merasa jenuh belajar sendiri. Anda bisa membangun koneksi belajar dengan teman-teman di sekitar. Brainstorming ini bisa menjadi sebuah kesempatan bagus untuk memperluas ide dan gagasan yang sudah Anda miliki. Selain seru, kegiatan ini juga dapat menghadirkan ide-ide baru sehingga Anda akan lebih kaya dengan pengetahuan.

  • Perbanyak Sumber

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh seorang pelajar dan mahasiswa ialah hanya mempelajari suatu hal dari satu sumber saja. Sementara itu, di luar sana masih banyak sumber materi yang dapat diandalkan untuk memperkaya pengetahuan dan memperdalam pemahaman. Anda bisa menggalinya dari e-book, jurnal, atau Youtube.

  • Simulasi Menjadi Guru

Cara mudah memahami pelajaran yang satu ini bisa membantu Anda untuk belajar dengan lebih tenang dan relaks. Anda bisa mencoba menjelaskan inti materi yang telah didapatkan kepada teman-teman. Ketika materi tersebut disampaikan, secara tidak langsung Anda sedang belajar me-review dan menggali pemahaman yang telah didapatkan. 

  • Membuat Mind Map   

Mind map merupakan salah satu metode belajar yang dapat diandalkan saat menghadapi ujian. Dengan teknik ini, kita akan belajar memetakan hubungan konsep-konsep dari suatu permasalahan dengan lebih mudah dan menarik. 

Pada dasarnya, cara mudah memahami pelajaran akan lebih efektif saat Anda mengenali gaya belajar yang Anda miliki, visual, auditorial, atau kinestetik? Mari kenali diri Anda dengan lebih baik untuk mendapatkan metode belajar yang terbaik.

This article have

0 Comment

Leave a Comment