Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Sulit Fokus? Yuk, Coba Cara Belajar yang Efektif ini!

Semua siswa ingin menemukan cara belajar yang efektif. Dengan teknik yang tepat, pembelajaran akan lebih mudah dan materi akan cepat diserap sehingga siswa mampu memahami setiap pelajaran dengan baik.

Selama ini, beberapa siswa mungkin menerapkan cara belajar yang salah. Akibatnya, siswa menjadi sulit fokus, terutama untuk memahami suatu topik tertentu yang memang kurang disukai. Untuk mengatasi masalah tersebut, mungkin Anda bisa mencoba beberapa cara belajar efektif yang akan kami bagikan ini.

Pengertian Belajar Secara Efektif

Belajar efektif adalah proses pencapaian tujuan belajar secara tepat waktu. Melalui proses pembelajaran yang efektif, siswa dapat memaksimalkan pengetahuan serta waktu yang digunakan untuk mempelajari suatu topik tertentu sehingga tujuan pembelajaran, seperti pemahaman konsep dan kemajuan nilai dapat tercapai. 

Selain itu, cara belajar efektif tidak hanya membantu siswa dalam mencapai tujuan belajarnya, tetapi juga membantu mereka menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari secara langsung dalam kehidupan sehari-hari baik di masa sekarang maupun di masa depan nanti.

12 Cara Belajar Secara Efektif  Yang Bisa Anda Dicoba

Agar proses belajar bisa berjalan dengan efektif dan pembelajaran bisa lebih cepat masuk, beberapa cara belajar yang efektif ini mungkin bisa Anda coba. Berikut kami rangkum beberapa cara belajar menurut para ahli neuroscience. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

 1. Selalu Luangkan Waktu untuk Belajar

Nate Kornell, seorang psikolog di Williams College di Williamstown, Massachusetts, menemukan ide yang baik untuk belajar sehari sebelum ujian. Namun, penelitian menunjukkan bahwa mempelajari semua pelajaran dalam satu hari adalah ide yang buruk. Sebaliknya, luangkan waktu untuk belajar secara rutin.

Dalam disertasinya pada tahun 2009, Cornell meneliti dua kelompok untuk menilai kebiasaan siswa belajar kosa kata menggunakan flashcards. Beberapa siswa mempelajari semua kata selama empat hari, sementara yang lainnya mempelajari kosa kata selama satu hari secara langsung. 

Kedua kelompok tersebut diberi waktu belajar dengan jumlah yang sama. Namun, hasil tes menunjukkan bahwa kelompok pertama belajar kata lebih baik. Ini membuktikan bahwa belajar secara rutin merupakan cara belajar yang efektif bagi siswa.

 2. Berlatih Soal Secara Rutin

Menurut sebuah penelitian, semakin banyak Anda berlatih, semakin mudah Anda dalam memahami topiknya. “Jika Anda ingin mengingat informasi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berlatih,” kata Catherine Lawson, psikolog Kent State University di Ohio.

Dalam survei yang diadakan pada tahun 2013, siswa mengikuti simulasi ujian selama beberapa minggu. Setelah ujian akhir selesai, hasil dari ujian mereka rata-rata lebih baik daripada siswa yang belajar biasa. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa  berlatih secara rutin bisa membuat Anda lebih terbiasa dengan subyek yang sedang Anda pelajari.

 3. Gunakan Gambar

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan gambar untuk memahami subjek dapat meningkatkan memori dan ini juga merupakan cara belajar yang efektif untuk di praktikan. Biasanya, orang akan menyajikan materinya dalam bentuk gambar grafik agar lebih mudah dimengerti.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2003, Nicole Rommel, seorang psikolog di Universitas Ruhr di Bochum, Jerman, memberi para siswa informasi tentang lima ilmuwan dengan memberi petunjuk berupa gambar yang sesuai dengan bidang ilmuan tersebut. 

Misalnya, Alfred Binet dilengkapi dengan gambar seorang pengemudi mobil balap. Akibatnya, siswa dapat lebih mudah mengingat nama-nama ilmuwan yang disajikan dalam gambar. Selain memudahkan siswa, metode ini juga akan terasa lebih juga menyenangkan.

 4. Ringkas Poin-Poin Pembelajaran

Menuliskan poin-poin pembelajaran sangatlah penting. Mengapa? Karena ketika Anda membaca sebuah buku, butuh waktu lama untuk menyelesaikan buku tersebut. Cobalah untuk menuliskan poin-poin penting yang terdapat pada buku tersebutuntuk membantu mengingat dan memahami esensi pembelajaran.

 5. Belajar Bersama/Kelompok

Sering dikatakan bahwa belajar kelompok adalah salah satu cara belajar yang efektif. Hal ini dikarenakan suasana belajar kelompok yang santai, membuat otak menjadi lebih rileks dan mampu menerima materi dengan baik. Selain itu, hal-hal yang belum diketahui dapat dengan mudah diselesaikan dengan bekerja sama. 

 6. Belajar Sambil Praktik

Belajar sambil praktik juga merupakan cara belajar yang efektif. Metode pembelajaran ini pun juga tidak akan membuat Anda bosan. Misalnya, di kelas sains seperti botani dan invertebrata, Anda dapat belajar sambil mengamati tumbuhan dan hewan, hal ini tentu membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

 7. Belajar Teratur Dan Cukup

Rutinitas belajar membuat Anda lebih mudah untuk mengingat apa yang telah dipelajari sebelumnya. Anda hanya harus belajar dengan frekuensi yang sering, bukan belajar dengan lwaktu ama. Misalnya, 45 menit di pagi hari, 25 menit di sore hari, 50 menit di malam hari,  atau 1 jam belajar di malam hari. Cara ini sangat efektif dan membuat Anda tetap rileks tanpa harus belajar dalam waktu yang lama.

 8. Pahami Bukan Dihafal

Sebenarnya, metode menghafal bukanlah sebuah kesalahan, hanya saja kurang efektif. Cara belajar yang efektif sebenarnya adalah dengan memahami teori dan membiarkannya diingat secara otomatis saat ujian. Jika Anda masih mengikuti metode menghafal, sangat disarankan untuk beralih ke metode pemahaman materi.

 9. Temukan Contoh

Mengambil contoh untuk memahami pelajaran juga merupakan salah satu cara belajar yang efektif. Alasannya, yaitu agar seseorang lebih mudah mengingat dan memahami konsep melalui contoh-contoh yang ada, setidaknya siapkan dua contoh.

Misalnya, makanan yang mengandung asam  itu rasanya masam. Mungkin, sulit untuk mengingat konsep atau teorinya saja. Akan tetapi, ketika memikirkan lemon dan cuka, mudah untuk memahami dan mengingat bahwa rasa masam disebabkan oleh zat tersebut.

10. Gali Lebih Dalam

Sulit untuk mengingat pelajaran pun tanpa menggali materi lebih dalam. Anda bisa melakukannya dengan beberapa pertanyaan kecil. Misalnya, Bagaimana mereka muncul? Mengapa mereka penting? Setiap pertanyaan tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui informasi lebih detail dan membantu mengintegrasikannya informasi baru dengan informasi yang sudah diketahui sebelumnya.

11. Buat Rencana Dan Jalankan

Banyak siswa mengetahui bahwa mereka perlu meluangkan waktu untuk belajar, menguji diri mereka sendiri, dan mempraktikkan keterampilannya. Sayangnya,  dalam banyak kasus, mereka tidak dapat membuat rencana serta menjalankannya, padahal para peneliti telah menunjukkan bahwa membuat rencana juga termasuk cara belajar yang efektif

12. Selama Anda Masih Belajar, Tidak Apa-Apa untuk Membuat Kesalahan

Selama Anda masih belajar, bukanlah hal yang buruk untuk membuat kesalahan dalam belajar. Hasil ini berdasarkan studi tahun 2016 oleh Cornell dan rekannya. Namun, penting untuk mengambil langkah berikutnya, mengevaluasi apa yang terjadi, kemudian fokus pada apa yang salah serta memperbaikinya. 

Bahkan, menurut Stuart Firestein, ahli biologi di Universitas Columbia di New York City, kesalahan sebenarnya adalah kunci utama dalam belajar.

Dengan memahami sesuatu melalui cara belajar yang efektif, seseorang dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan. Namun, yang perlu ditekankan dalam belajar adalah niat untuk mempelajari sesuatu. Jika berhasil, itu akan menjadi pengetahuan yang bermanfaat tanpa membuang waktu.

This article have

0 Comment

Leave a Comment