Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Sekolah Paket C, Bangun Harapan Bagi yang Putus Sekolah

Sekolah paket C hadir sebagai program pemenuhan syarat wajib belajar 12 tahun bagi seluruh warga negara Indonesia. Sebagian orang mungkin tidak beruntung dalam hal pendidikan sehingga pernah mencecap yang namanya putus sekolah. Penyebab putus sekolah tak melulu karena tingkat kecerdasan peserta didik di bawah rata-rata, melainkan kemungkinan mengalami sakit berat dalam waktu panjang, kendala finansial, tempat tinggal yang tidak menetap, kondisi negara yang tidak kondusif, atau hal-hal lain yang membuat peserta didik tidak mampu lagi mengikuti proses pembelajaran maupun ujian kelulusan.

Di satu sisi putus sekolah jadi solusi pintas bagi sebagian orang atas dasar ketidakberdayaan. Namun, di sisi lain adalah mimpi buruk bagi mereka yang bercita-cita tinggi dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Bagaimanapun, jenjang pendidikan dapat mempengaruhi rencana-rencana besar di masa mendatang.

Atas alasan tersebut, Pemerintah menyediakan sekolah paket C bagi siapa saja yang putus sekolah atau dengan kemungkinan-kemungkinan lain yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengikuti ujian kelulusan di sekolah sebagaimana mestinya. Dengan mengikuti program resmi ini, mereka yang sempat merasakan putus sekolah akan mengantongi ijazah setara SMA. Tidak lagi berkecil hati dan melanjutkan cita-cita mereka.

Seperti apa sekolah paket C tersebut? Berapa lama sekolah paket C? Berapa pula biaya sekolah paket C itu? Apakah cara daftar sekolah paket C ini sulit? Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut barangkali tebersit dalam pikiran Anda. Untuk menuntaskan rasa penasaran Anda, artikel ini akan menjabarkan hal-hal yang berkaitan dengan program paket C. Silakan baca sampai tuntas.

Kenalan Yuk dengan Sekolah Paket C

Sekolah atau program paket C bukanlah sesuatu yang baru dalam ranah pendidikan. Program ini telah berlangsung sejak awal tahun ’90 sebagai bentuk kepedulian Pemerintah pada pendidikan warga negaranya yang kala itu masih banyak yang hanya mengantongi ijazah SMP.

Program paket C itu sendiri setara dengan SMA namun peserta didik tidak perlu mengikuti proses pembelajaran formal sebagaimana yang berlaku di sekolah. Jadi ada semacam kelas khusus untuk menampung para peserta yang mengikuti program ini, dengan keleluasaan-keleluasaan tertentu yang tidak diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya. Misal, jam belajar yang lebih singkat, pengaturan jadwal yang lebih fleksibel, tidak memerlukan seragam sekolah, dan sebagainya.

Bahkan di era digital seperti sekarang ini, sistem belajar paket C mirip lebih banyak dilakukan secara daring ketimbang tatap muka. Mirip dengan metode pembelajaran ala homeschooling dimana peserta tidak perlu datang ke sekolah dan duduk dalam kelas. Meski metode belajarnya non formal, tetapi materi-materi yang Anda pelajari tetap menyesuaikan dengan jalur formal.

Walau struktur kurikulum pada sekolah paket C sedikit berbeda dengan sekolah reguler, namun tetap terdapat pembagian jurusan yakni IPA dan IPS. Penjurusan bermanfaat untuk mengelompokkan peserta berdasarkan minat dan pengetahuan yang paling menonjol.

Di luar mata pelajaran wajib, penyelenggara program paket C boleh memberikan materi tambahan untuk mengasah soft skill dan life skill peserta agar lebih siap menyongsong masa depan. Beberapa contoh materi-materi tambahan di luar mata pelajaran wajib di sekolah paket C antara lain seperti:

Program Pengembangan Karakter

Menyadari bahwa bekal intelektual saja tidak cukup untuk meraih cita-cita, beberapa lembaga pendidikan yang menyediakan program paket C membekali peserta dengan ilmu pengembangan karakter, pengendalian emosi, dan pendidikan moral. Adapun ilai-nilai dari materi ini diharapkan dapat menunjang kesiapan mental peserta dalam menghadapi berbagai macam tantangan di masa depan. Menjadikan mereka pribadi yang tak mudah putus asa dan senantiasa bersemangat.

Program Kepemimpinan

Setiap peserta kelas kejar paket C juga bakal mendapat ilmu kepemimpinan. Pada dasarnya setiap orang punya jiwa pemimpin dalam dirinya. Hanya saja, tidak semua orang mengasah bakat itu dengan baik. Jiwa kepemimpinan tersebut bukan hanya berguna saat kita terjun ke dunia kerja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengomandoi diri sendiri dalam mengambil langkah, berani, dan bertanggung jawab atas semua keputusan yang diambil.

Materi kepemimpinan dalam kelas kejar paket C tidaklah rumit namun bernas. Contohnya, menjadi ketua kelas secara bergilir agar semua peserta belajar bagaimana cara memimpin yang baik, mengirim perintah, dan mengorganisasi tugas-tugas.

Program Pengolahan Limbah dan Bercocok Tanam

Pembekalan lainnya yang didapat oleh peserta kejar paket C adalah cara mengolah lahan secara organik. Bagaimana cara memanfaatkan sebuah lahan sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai jual tanpa merusak ekosistem sekitarnya. Begitu pula dengan cara mengolah limbah agar tidak membahayakan lingkungan.

Materi ini tampak sepele. Namun, sesungguhnya ini bisa jadi pegangan bagi Anda ketika mencari pekerjaan ternyata tidak segampang berekspektasi. Dari skill ini bukan mustahil kelak Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk yang membutuhkan.

Program Kewirausahaan

Bekal lainnya yang berguna untuk peserta kejar paket C adalah kewirausahaan. Skill ini sangat berguna bagi sebagian peserta yang ingin jadi pengusaha. Wirausaha merupakan bidang pekerjaan yang semakin ramai peminatnya. Tampaknya terkesan mudah. Padahal butuh skill yang memadai untuk menjalankannya.

Bentuk materinya berupa latihan menciptakan produk bermutu dan berkarakter, menyusun business plan, strategi marketing, hingga cara menyikapi risiko-risiko yang berpotensi timbul dalam dunia usaha. Di sekolah-sekolah reguler kita tidak dapat pembekalan seperti ini, kecuali sekolah berbasis kejuruan. Beruntunglah bagi mereka yang mengikuti program kejar paket C atau homeschooling seperti di Flexi School. Sebab, materi-materi yang diberikan bukan sebatas bertujuan menjadikan Anda cerdas, tapi juga terampil dan bertalenta menghadapi masa depan.

Ijazah Sekolah Paket C Berlaku Umum

Pada akhir proses pembelajaran selama lebih kurang 2 tahun, peserta wajib mengikuti ujian terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan ijazah setara SMA. Ujian dimaksudkan sebagai evaluasi seberapa dalam pemahaman peserta terhadap materi yang diajarkan.

Sedikitnya ada 16 mata pelajaran yang akan diujikan pada tiap peserta berdasarkan kelompok penjurusannya masing-masing. Jadi jangan pikir sekadar bisa bayar biaya sekolah paket C sudah pasti dapat ijazah. Penyelenggara program kesetaraan ini tetap berkomitmen menghasilkan lulusan terbaik dan siap bersaing.

Jangan khawatir perihal status ijazah. Merujuk pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 26 ayat (6), peserta program paket C berhak memperoleh ijazah yang statusnya sama dengan ijazah Ujian Nasional (UN).

              Secara fisik bedanya hanya terletak pada pejabat yang membubuhkan tanda tangan pada ijazah tersebut. Untuk ijazah sekolah formal yang menandatangani ijazah tersebut adalah kepala sekolah. Sedangkan untuk ijazah paket C, yang menandatangani adalah kepala dinas pendidikan kota/kabupaten setempatnya.

Selebihnya tidak ada perbedaan kedudukan antara ijazah sekolah formal dengan ijazah paket C. Keduanya sama-sama bisa Anda pergunakan untuk keperluan daftar ke Perguruan Tinggi manapun, melamar pekerjaan, promosi jabatan, dan sebagainya.

Benarkah Biaya Sekolah Paket C Itu Mahal dan Lama?

Bicara soal pendidikan sudah pasti akan bersinggungan juga dengan biaya yang diperlukan. Sampai kini belum ada sekolah yang membebaskan peserta didiknya dari biaya-biaya 100%. Begitu pun untuk sekolah program paket C.

Sebagaimana biaya resmi di sekolah-sekolah konvensional yang berbeda-beda besarannya, biaya sekolah paket C juga bervariasi. Perbedaan biaya tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

Akreditasi dan Reputasi Lembaga Pendidikan

Akreditasi dan juga reputasi lembaga pendidikan yang menyelenggarakannya. Semakin baik akreditasi dan reputasi sebuah sekolah, tentu semakin besar pula biaya pendidikannya. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa program kejar paket C ini bisa mahal sementara orang-orang yang putus sekolah rata-rata dari ekonomi lemah?

Faktanya, peserta program paket C bukan hanya dari kalangan ekonomi middle low saja. Sebagian orang gagal menyelesaikan studi setara SMA bukan kerena keterbatasan biaya, melainkan ada hal-hal lain yang menghambat dirinya untuk mengikuti pembelajaran di sekolah reguler.

Semisal punya terikat pekerjaan tertentu di usia muda (artis), personalitinya lebih cocok untuk homeschooling, sering berpindah-pindah mengikuti tugas orangtua, dan sebagainya. Karena peserta didik ini berasal dari latar belakang ekonomi yang berbeda-beda, biaya program paket C ini bervariasi

Silabus yang Diajarkan

Seperti yang telah disinggung pada paragraf-paragraf sebelumnya, beberapa sekolah paket C tidak hanya terpaku pada kurikulum yang berlaku saja. Sebagian menerapkan materi-materi khusus yang tidak dipelajari pada sekolah-sekolah sejenis. Salah satu contoh Flexi Homescholing yang materi pembelajarannya komplit agar tercipta bibit-bibit unggul yang kompeten dan adaptif di masa depan. Semaki komplit silabusnya, tentu akan semakin besar pula biaya sekolahnya.

Fasilitas

Meski sebagian besar pembelajaran dilakukan secara daring, tetapi ada masa-masa tertentu pembelajaran tatap muka tetap dilakukan. Nah, kondisi bangunan, fasilitas pendukung, dan lain sebagainya turut mempengaruhi besaran biaya yang dibutuhkan.

Sementara itu, mengenai berapa lama sekolah paket C, rata-rata menghabiskan waktu sekitar 2 tahunan, dengan jadwal belajar 3-4 hari/minggu saja.

Cara Daftar Sekolah Paket C

Menjadi peserta sekolah paket C tidaklah membutuhkan persyaratan yang rumit. Tidak ada batasan usia, gender, dan latar belakang ekonomi untuk dapat mengikutinya. Selama Anda punya kemauan belajar, sekolah paket C ini akan menyambut dan mendidik Anda menjadi calon-calon bibit unggul.

Terpenting Anda haru melengkapi beberapa dokumen sebagai syarat administrasi pendaftaran, antara lain seperti:

  • Kartu Keluarga.
  • Pas foto.
  • Ijazah SMP dan SKHUN. Ini syarat mutlak bagi yang ingin mengikuti program kejar paket C. Karena paket C merupakan program kesetaraan dengan jenjang SMA, maka tiap peserta wajib menamatkan pendidikan jenjang SMP terlebih dahulu.

Apakah mereka yang punya catatan hitam di kepolisian boleh mengikuti program ini? Tentu saja bisa. Pendidikan adalah hak setiap orang tanpa memandang pengalaman masa lalunya.

Pendaftaran program paket C dibuka setiap satu tahun sekali selayaknya sekolah reguler. Daya tampungnya jua menyesuaikan dengan tenaga pengajar dari lembaga pendidikan yang mengadakannya. Jadi apabila Anda sudah punya target sekolah yang mana satu, segeralah mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang agar masuk kuota penerimaan.

Seperti itulah kira-kira gambaran dari sekolah paket C. Pelaksanaan program ini sangat membantu membangkitkan harapan dari mereka yang putus sekolah atau terhambat menyelesaikan pendidikan SMA karena suatu sebab yang terhindarkan. Semoga dari program paket C, Indonesia semakin banyak mencetak para bibit unggul yang siap bersaing.

Another Article

By : Flexi School Bintaro

Apakah PKBM Termasuk Sekolah?

By : Flexi School Bintaro

Cara Ikut Paket C Online

By : Flexi School Bintaro

Sekolah Online Apakah Efektif?

This article have

1 Comment

[…] Jarak tempuh yang jauh, akses yang bisa saja tidak mudah, keterbatasan waktu dan transportasi bisa-bisa membuat kita keburu lelah begitu sampai di sekolah. Alhasil, tidak maksimal lagi mengikuti proses pembelajaran. Bila keadaannya seperti itu, lebih praktis bila Anda menempuh pendidikan lewat jalur homeschooling paket C. […]

Leave a Comment