Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Sekolah Paket C Berapa Lama? Ini Penjelasan Selengkapnya

sekolah paket c berapa lamaSekolah paket C berapa lama? Mungkin ini pertanyaan bagi orang tua ataupun siswa yang ingin melanjutkan kejar paket C.  Zaman dulu, ini adalah sekolah kesetaraan paket bagi siswa yang tidak lulus SMA. Atau belum sempat masuk jenjang SMA dengan umur yang sudah bukan lagi umur untuk sekolah. Tapi saat ini sekolah paket C banyak diikuti anak usia sekolah yang mengikuti Homeschooling.

Sama seperti SMA. Sekolah paket C juga memiliki 2 jurusan. Yaitu jurusan IPA dan IPS. Siswa bisa memilih sesuai dengan keinginan, minat, dan bakatnya. Kejar paket ini bisa dilakukan siapapun yang ingin dan tidak pernah menempuh sekolah SMA hingga tamat. Atau tidak memiliki ijazah formal untuk melamar pekerjaan. Banyak juga diikuti oleh anak anak dari keluarga yang memang memiliki cara berbeda dengan kebanyakan orang dalam pendidikan bagi anak-anaknya. Misal keluarga yang anak-anaknya mereka didik sendiri di rumah dan tetap ingin mengikuti standar negara dalam kurikulum serta mendapat Ijazah. Lembaga yang menaunginya adalah PKBM atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.

Sekolah Paket C Berapa Lama Ya?

Seperti yang diketahui bahwa pendidikan paket C memang untuk penyetaraan. Terutama bagi mereka yang belum memiliki ijazah SMA atau memutuskan untuk sekolah di rumah. Namun masa pendidikan paket C mirip dengan SMA formal. Walau dilapangan ditemui ada yang lebih pendek dengan jumlah waktu belajar yang lebih sedikit, ada juga yang hampir sama dengan SMA Formal. Semua ini tetap wajib sesuai dengan standar kurikulum yang ada.

Lalu sekolah paket C berapa lama? Sama saja dengan sekolah SMA formal. Setau kami tidak ada tergantung usianya. Jika masih usia pelajar, lama paket C ditempuh selama 3 tahun atau 6 semester. Bedanya, jika sekolah formal mengharuskan siswanya belajar selama 5-6 hari dalam seminggu, kejar paket C tergantung masing masing lembaganya. Ada yang hanya 2 hari saja dalam satu minggu, ada yang 3 dan 4 hari atau sama seperti sekolah formal.

Diluar sana ada yang bilang berbeda lagi jika pesertanya sudah usia tua. Pendidikan bisa dilakukan selama 4 semester atau 2 tahun. Tapi peraturan saat ini tetap mewajibkan mengikuti pendidikan selama 6 Semester. Walau dengan program belajar yang flesibel tergantung lembaga. Waktu yang fleksibel inilah yang membuat siswa bisa menempuh pendidikan sambil bekerja atau melakukan aktifitas lainnya.

Kelebihan Paket C

Ijazah paket C sama seperti ijazah SMA formal. Bisa digunakan untuk melamar pekerjaan, masuk PTS, masuk PTN, naik golongan jabatan pada PNS, dan lain sebagainya. Ini perlu juga untuk orangtua yang menyelenggarakan Homeschooling. Jika dibandingkan dengan pendidikan formal, kejar paket C memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1.      Waktu yang Flexibel

Menempuh pendidikan PKBM paket C mirip seperti sekolah di SMA. Yang harus belajar selama 3 tahun dengan waktu belajar selama 5-6 hari dalam seminggu. Karena kejar paket C hanya perlu melakukan sesi pembelajaran antara 2 hingga 5 hari seminggu. Dengan program belajar yang dipadatkan.

Meski waktunya singkat, bukan berarti kualitas pendidikan yang didapatkan juga apa adanya. Karena wajib mengikuti standar Kurikulum yang ditetapkan pemerintah serta ijazah yang diperoleh bisa digunakan layaknya ijazah formal lulusan SMA.

2.      Solusi Bagi yang Tidak Bisa Menempuh Pendidikan Reguler

Ada kalanya seseorang tidak bisa menempuh pendidikan reguler karena berbagai hal. Misalnya mengalami sakit yang parah dan cukup lama. Sehingga tidak memungkinkan untuk belajar sebagaimana siswa lainnya. Terkena bully disekolah formal atau memang memiliki visi dalam pendidikan keluarga. Seperti menyelenggarakan pendidikan di rumah secara mandiri dengan memanggil guru les secara pribadi sesuai mata pelajaran yang ada.

Tidak perlu khawatir karena pemerintah dan lembaga pendidikan lainnya menyediakan PKBM paket C. Ini adalah solusi bagi siapapun yang tidak bisa menempuh pendidikan SMA secara reguler.

3.      Solusi yang Pernah Gagal Ujian

Putra putri Anda mengalami kegagalan ujian akhir? Tidak perlu berkecil hati. Karena bisa mengikuti PKBM paket C dengan standar kualitas ijazah yang sama.

Dengan menggunakan ijazah paket C, putra putri Anda bisa mendaftar di perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Atau menggunakannya untuk mendaftar pekerjaan tanpa ada perbedaan dengan ijazah sekolah reguler.

4.      Ijazah Setara dengan SMA

Jangan berkecil hati jika hanya mendapat ijazah paket C. Karena nyatanya, banyak perguruan tinggi negeri ternama yang menerima pendaftaran mahasiswa baru dari ijazah paket C. Bahkan bisa juga digunakan untuk mendaftar anggota TNI, Polri, dan CPNS.

Kelemahan Paket C

Meski memiliki banyak kelebihan, namun kejar paket C juga memiliki banyak kelemahan. Seperti:

1.      Kurang Adanya Motivasi Belajar

Sebenarnya ini adalah masalah umum di banyak sekolah. Tapi, sebagian orang menganggap bahwa paket C hanya sebatas formalitas untuk lulus saja. Maka tak heran jika siswanya memiliki motivasi belajar yang rendah. Tujuannya hanya agar bisa lulus. Bukan memahami materi pelajaran seluruhnya. Saat ini dengan banyaknya kreatifitas dalam pengajaran justru membuat anak jadi termotivasi belajar. Mereka bahkan mampu jadi pembelajar mandiri dengan kemampuan bahkan diatas rata-rata siswa lainnya. Dengan fungsi orangtua dalam pendidikan tetap wajib dilibatkan.

2.      Siklus Pertemanan yang Sedikit

Dulu, tidak banyak siswa mengikuti PKBM paket C. Hanya yang tidak bisa menempuh pendidikan secara reguler saja yang mengikutinya. Maka wajar jika jumlah pesertanya sedikit.

Menyebabkan siklus pertemanan juga sedikit. Berbeda dengan SMA yang memiliki banyak siswa. Menjadikan siklus pertemanan menjadi lebih luas.

Tapi saat ini dengan adanya pandemi menyebabkan perubahan dalam belajar. Paket C sudah banyak diminati oleh anak dan keluarga dengan visi masing masing tapi tetap mengikuti standar pendidikan di Indonesia.

3.      Lebih Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Ijazah paket C memang bisa digunakan untuk mendaftar pekerjaan. Dulu tidak semua instansi memperbolehkan calon karyawan mendaftar pekerjaan dengan ijazah paket C. Sehingga peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih sedikit.

Untuk saat ini banyak perusahaan tidak memandang Ijazah dari mana. Asal mereka memiliki Skill yang baik dengan sertifikat keahlian yang cukup akan membuat mudah dalam mendapat pekerjaan.

Jangankan ijazah paket, yang memiliki ijazah S1, S2 pun saat ini kesulitan mencari kerja. Artinya memang dibutuhkan life skill untuk kita bisa sukses.

PKBM Paket C di Flexi School

Tertarik mengikuti paket C? Anda bisa mendaftarkan putra putri Anda di Flexi School. Flexi School adalah sekolah fleksibel yang bertujuan untuk mempersiapkan masa depan sesuai dengan bakat minat anak. Disini mengasah lifeskill siswa agar siap menghadapi masa depan.

Tidak hanya menyediakan sekolah reguler (Program Maestro) dan sistim homeschooling saja. Flexi School juga menjadi pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang melayani pembelajaran paket A, B dan C.

Banyak siswa disini yang memiliki skill dan bisa memotivasi diri mereka sendiri untuk belajar. Ada yang sudah Hafidz 30 Juz, memiliki sertifikat International dalam IT, menekuni hobi fotografi, mulai mengajar di beberapa sekolah, magang di perusahaan dan banyak lainnya.

Jadi sekolah paket C berapa lama? Flexi School akan memberikan kurikulum paket C sesuai dengan ketentuan pemerintah. Tapi memiliki keunikan dengan mengembangkan kreatifitas, inovasi, leadership, dan kemampuan entrepreneurship siswa. Jadi, jika mencari PKBM paket C terdekat, pastikan mengunjungi Flexi School untuk mendapatkan jadwal sesuai kebutuhan.

This article have

28 Comments

Selamat Pagi . Perkenalkan saya leni . Seblumnya saya ingin menanyakan . Saya berhenti Sekolah SMP . Saya ingin lanjut Kejar Mimpi Saya untuk Kuliah . Sedangkan Usia Saya 24 tahun . Jika mengikuti Pelajaran Paket B 1 tahun . Namun 3 Tahun untuk Mendapatkan Paket C . Usia Saya Akan Sangat Tua Jika Saya Mengikuti Pendidikan S1 jadi bagaimana Solusinya 🙏

Pagi kak, di dalam sistem dapodik kemendikbud saat ini belum memungkinkan. Karena data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) terpusat saat ini, jadi wajib tetap bertahap. Sampai ada keputusan pemerintah yang membolehkan kak. Kami akan tanyakan kembali ke pihak dinas pendidikan untuk hal ini ya kak. Untuk lebih jelasnya bisa kiontak WA kami. Terima kasih dan mohon maaf.

Assalamu alaikum, selamat sore kak, anak Saya sudah dua kali pindah dari smk keperawatan, dan sekarang memutuskan untuk ganti sekolah, apakah di kejar paket C ada pendidikan khusus keperwatan. Dan tolong minta solusinya keputusan apa yg harus saya ambil ketika anak berhenti ditengah jalan🥺

Waalaikumsalam, setau kami paket C adalah setara SMA. Untuk pendidikan keperawatan bisa ikut kursus atau nanti ambil kuliah perawat setelah lulus dan dapat ijazah paket C. Berhenti ditengah umumnya dianggap bermasalah, padahal hal ini biasa aja. Jika berhenti tinggal dilanjutkan kembali.

Penyebab berhenti ini justru yang utama. Dan perlu ditemukan jawabannya, agar ketika melanjutkan kembali anak lebih jelas langkahnya. Perlu juga ditanyakan tujuan dan cita-cita anak saat dewasa nanti.

Terima kasih, mohon maaf atas keterbatasan kami.

Assalamualaikum KA apakah bisa ,saya kan udah kls 2 ma kalo mau ikut paket c apak bisa meneruskan kls 3 nya

Waalaikumsalam. Bisa lanjut kelas 12 kak asal wajib memiliki raport kelas 11/ 2 SMA serta surat pindah dari sekolah asal. Untuk pendaftaran diawal semester. Terima kasih.

Halo kak saya mau bertanya, saya berumur 16 thn dan saya baru lulus SMP dan ingin melanjutkan Kejar Paket C 2 tahun agar bisa lulus di usia 18 tahun apakah bisa?

Saat ini anak saya kelas 12,tapi telat tarik data dari sekolah asal ,apakah sudah tidak bisa ikut ujian kak.karena pendaftaran ujian kelas 12 sudah ditutup .apakah betul

Iya kak, untuk pendaftaran ujian kelas 12 sudah tutup saat ini. Minimal antara september sampai november masih bisa jika ingin pindah. Terima kasih.

Haii Kakk aku mau bertanya, aku berhenti sekolah pas kelas 2 SMA ,apakah paket cnini bisa langsung lanjut kelas 3 SMA terus kira² buat lulus SMA waktunya sama seperti SMA biasa 2 semester apa tidak

Bisa langsung kelas 3, asal punya raport kelas 2. Raport lengkap semester ganjil dan genap. Kami hanya menerima siswa usia sekolah dan wajib melaksanakan belajar sesuai ketentuan.

Halo kak saya ingin bertanya,saya kan tercatat siswa pkbm kejar pkt c di kota saya,dan saat ini saya dalam masa fraining untuk krja di luar negri sebagai tkw,dan negara tujuan saya bekerja juga ada pkbm nya,kira2 apakah saya bisa mengambil mutasi untuk bisa mengikuti ujian kelulusan di pkbm luar negri???

Prinsipnya bisa pindah, asal PKBM tersebut memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional dan terdaftar di dapodik kemndiknas. Dan kakak mengikuti proses belajar sesuai ketentuan serta memiliki raport semester genap dan ganjil. Terima kasih.

Assalamu’alaikum kk, sya mau bertanya kira² gimana yah jika tdk lulus SMP, apa kh akan ikut paket B dan C ? Dan sistem nya kira² brp bulan bsa tamat

Waalaikumsalam, untuk bisa lulus SMP wajib mengikuti proses belajar yang belum dilalui. Misal, untuk langsung ke kelas 9 dibutuhkan raport kelas 8 semester ganjil dan genap. Serta ijazah SD. Untuk info detail bisa kontak kami via WA dipojok kanan bawah. Terima kasih.

Saya mau daftar paket C di tahun 2024 ini kalau boleh tahu batas pendaftaran paket C sampai bulan berapa ya biar tidak telat

Untuk masuk kelas 10 saat ini masih bisa kak. Untuk kelas akhir (kelas 12/ 3 SMA) sudah tidak bisa. Info lebih lanjut bisa kontak WA kami di pojok kanan bawah. Terima kasih.

Selamat pagi mohon maaf ijin bertanya, saya adit usia sekarang 31 tahun tapi mau ikut paket c masuk pakai ijazah SMP apakah saya tetap ikut 3 tahun untuk mendapatkan ijazah paket c nya terimakasih

Untuk paket C waiib memiliki ijazah setara SMP/ MTS/ paket B. Untuk info silakan kontak WA kami di pojok kanan bawah. Terima kasih

Halo min , saya mau tanya .
Saat ini anak saya MA kelas 11 karna kendala dan tdk bisa mengikuti ujian semester genap dan apakah anak saya bisa mengikuti kejar pake c tanpa nilai rapot semester genap ?
Terima kasih

Untuk raport wajib ada ya Bund, untuk semester genap jika masih memungkinkan bisa ikut ujian di sekolah yang baru. Untuk lebih jelasnya silakan kontak ke WA kami. Terima kasih.

Terima kasih, jika mendaftar sebelum bulan oktober maka bisa ikut ujian akhir ditahun pelajaran tersebut.

Leave a Comment