Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

7 Kelebihan Program Homeschooling SMA di Indonesia

Program pendidikan homeschooling saat ini cukup lumrah dikenal di Indonesia. Peminatnya pun semakin banyak karena memang program ini menunjukkan kualitas yang tidak main-main. Khususnya untuk program homeschooling SMA yang memiliki peran penting dalam mengantarkan siswa ke jenjang lebih tinggi yaitu universitas. Yuk, cari tahu lebih banyak apa saja kelebihan dari program homeschooling khususnya di jenjang SMA.

Kelebihan Homeschooling di Tingkat SMA

Memasuki masa SMA, kamu pasti akan dihadapkan pada berbagai bentuk persiapan untuk masuk ke universitas. Tidak heran jika kamu pasti akan memilih SMA terbaik yang bisa membantu proses persiapan tersebut secara optimal. Program homeschooling ini bisa jadi pilihan tepat karena memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah 7 kelebihan program homeschooling di tingkat SMA:

  1. Pendidikan Lebih Terkustomisasi

Sistem pendidikan homeschooling memang cenderung mudah untuk dikustomisasi sesuai kemampuan dan kebutuhan siswa. Di jenjang SMA, program pendidikan ini mampu membantu siswa untuk mengatur gaya belajarnya dengan baik sesuai kebutuhan. Sistem belajar bisa dikustomisasi sehingga hasilnya pun lebih efektif.

Apalagi di tingkat pendidikan ini siswa sudah punya kematangan berpikir. Mereka cenderung punya kemauan sendiri dalam mengatur cara belajarnya. Oleh sebab itu program belajar homeschooling akan jadi sebuah pilihan yang tepat. Apalagi jika sebelumnya juga sudah mengikuti program homeschooling di tingkat SMP.

Proses belajar yang dilakukan sesuai keinginan diri sendiri biasanya akan berjalan jauh lebih efektif. Hasilnya juga akan terlihat optimal karena kamu bisa mengatur sistem belajar sendiri. Kamu bisa mengetahui kapasitas belajarmu dan menerapkan metode yang bisa sesuai dengan kapasitas tersebut.

  1. Membentuk Kemandirian dan Kreativitas

Program homeschooling juga memiliki keunggulan jika dilihat dari proses pembentukan sikap mandiri dan kreativitas siswanya. Jika kamu mengikuti program belajar seperti ini, maka jauh lebih mudah bagi kamu untuk membentuk sikap mandiri dan semakin kreatif dalam mengekspresikan diri. Hal ini disebabkan sistem homeschooling yang cenderung lebih bebas dan kreatif dibandingkan sekolah konvensional.

Di program belajar ini kamu akan semakin mandiri karena dituntut untuk belajar sesuai kapasitas diri sendiri. Selain itu kamu juga akan mendapatkan wadah untuk mengembangkan kreativitas tanpa ada aturan yang mengekang dari pihak sekolah. Kemandirian dan kreativitas ini sama-sama akan kamu butuhkan saat masuk universitas maupun ketika bekerja nanti.

  1. Fleksibel dari Berbagai Sisi

Homeschooling akan memberikan program belajar yang sangat fleksibel dilihat dari berbagai sisi. Dari segi lokasi, misalnya. Kamu tidak harus berangkat ke sekolah setiap hari. Kamu bisa belajar dari rumah bahkan jika kamu harus bepergian ke luar kota bersama orang tua, proses belajar tetap bisa dilakukan.

Dari segi waktu pun sebenarnya program homeschooling ini sangat fleksibel. Jadwal belajar bisa diatur sesuai kemampuan dan kebutuhan siswa. Lain halnya dengan program belajar konvensional dimana ada aturan jam masuk dan pulang saat sekolah. Meskipun jam belajar bisa lebih fleksibel, namun program homeschooling tetap memastikan siswanya mendapatkan waktu belajar yang cukup.

Fleksibilitas inilah yang membuat homeschooling dirasa jauh lebih unggul dari sekolah konvensional. Apalagi di era digital zaman sekarang dimana pergerakan aktivitas manusia rasanya membutuhkan fleksibilitas. Apa yang diterapkan oleh program homeschooling ini benar-benar sangat relevan dengan kebiasaan manusia di masa depan yang bisa belajar maupun bekerja dari mana saja.

  1. Pengembangan Potensi Lebih Optimal

Homeschooling juga memiliki kelebihan dalam proses pengembangan potensi siswanya. Program ini dinilai bisa mengembangkan potensi siswa lebih optima lagi. Di program ini, siswa bisa berinteraksi langsung dengan gurunya secara personal. Kegiatan belajar mengajar jauh lebih private sehingga guru tahu betul potensi apa yang dimiliki oleh siswanya.

Jika dibandingkan dengan sekolah konvensional, guru homeschooling jauh lebih mudah mengenali sekaligus mengembangkan potensi muridnya. Guru tahu apa kelebihan dan kelemahan siswa yang ditanganinya dengan baik. Hal ini cenderung jauh lebih sulit untuk program sekolah konvensional dimana seorang guru harus berhadapan dan menangani banyak siswa.

Pengenalan dan pengembangan potensi ini sangat penting untuk dilakukan apalagi di tingkat SMA. Jika kamu mendapatkan kemudahan dalam mengenali dan mengembangkan potensi diri, maka akan lebih mudah untuk memilih jurusan kuliah di universitas. Lebih mudah pula bagi dirimu untuk mendalami bidang yang sesuai dengan kemampuanmu dan bekerja di bidang tersebut saat sudah lulus kuliah nanti.

  1. Mengoptimalkan Kemampuan Intrapersonal

Homeschooling juga memiliki kelebihan dalam mengembangkan kemampuan intrapersonal. Dalam hidup ini seringkali orang tua lebih fokus mengembangkan kemampuan interpersonal anak dimana anak dituntut bisa bersosialisasi di tengah komunitas. Namun, apakah kemampuan intrapersonal anak sudah cukup dikembangkan dengan baik?

Kemampuan interpersonal ini meliputi keterampilan dalam memahami diri sendiri, mengidentifikasi tujuan hidup, menilai value diri, dan lain sebagainya. Hal-hal semacam ini seringkali diabaikan padahal sangat penting sebagai bekal di masa depan. Melalui program homeschooling, kemampuan intrapersonal ini bisa dikembangkan lebih optimal dibandingkan sekolah konvensional.

Mengapa kemampuan intrapersonal dianggap penting? Ini merupakan salah satu faktor yang akan berpengaruh pada kondisi kesehatan mental atau psikologi seseorang. Kemampuan intrapersonal yang baik akan mendukung kesehatan mental berkembang secara optimal. Jadi tidak hanya semata-mata belajar materi pelajaran tapi juga belajar untuk mengembangkan kepribadian dan memahami diri sendiri.

  1. Memperdalam Ikatan Psikologis Anak dan Orang Tua

Sebenarnya bukan hanya di tingkat SMA, program homeschooling ini bisa membantu memperdalam ikatan psikologis antara anak dan orang tua. Hal ini juga sering sekali dilupakan oleh para orang tua. Kamu sendiri juga mungkin merasa tidak pernah fokus pada hubungan psikologis dengan orang tua seperti ini, bukan?

Hubungan antara anak dan orang tua itu penting sekali dan membawa pengaruh besar pada hasil pendidikan. Melalui program homeschooling, kamu bisa merasakan jalinan hubungan yang jauh lebih dekat dengan orang tua. Hal ini disebabkan oleh proses belajar tidak jauh dari lingkungan rumah dan keluarga. Kamu juga butuh bimbingan orang tua secara langsung agar program homeschooling ini berjalan optimal.

  1. Memberikan Ruang Belajar yang Lebih Fokus

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh program homeschooling adalah bisa memberikan ruang belajar yang lebih fokus. Sebenarnya sekolah konvensional juga menyediakan fasilitas ruang belajar yang memadai. Namun karena digunakan bersama-sama dengan siswa lain maka seringkali ruang belajar di sekolah konvensional kurang berfungsi optimal.

Mari bandingkan dengan program homeschooling dimana kamu bisa belajar dari rumah atau ruang belajar yang sudah disediakan di rumah. Ruang belajar ini bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan kesukaanmu supaya bisa lebih fokus belajar. Sangat fleksibel dan bisa mendukung proses belajar berjalan lebih optimal.

Program homeschooling SMA bisa menjadi sebuah pilihan tepat di zaman modern seperti sekarang. Apalagi fasilitas teknologi dan koneksi internet yang mendukung proses belajar di homeschooling juga semakin memadai. Meskipun jauh berbeda dari program sekolah konvensional, namun proses belajarnya tetap sama-sama efektif dan bisa membantu kamu lebih siap di masa depan.

This article have

0 Comment

Leave a Comment