Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

8 Konsep Sekolah Ramah Anak Ini Wajib Dimiliki oleh Setiap Instansi Pendidikan

Sekolah ramah anak adalah sekolah yang menjunjung tinggi hak siswa, menghilang diskriminasi, dan menyediakan sarana prasarana agar siswa merasa nyaman dan tenang selama di sekolah. Agar anak bisa belajar dengan rasa bahagia. Karena sekolah bukan lagi beban. Tapi sesuatu yang menyenangkan.

Pemerintah melalui kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, mengimbau agar setiap instansi pendidikan di Indonesia menyediakan sekolah yang ramah anak. Baik instansi formal maupun non formal. Dengan menerapkan beberapa konsep sekolah ramah anak yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Konsep Sekolah Ramah Anak

Bertujuan untuk melindungi dan memenuhi hak anak selama berada di sekolah. Inilah beberapa konsep sekolah ramah anak yang harus diterapkan.

1.      Bersih

Siswa berhak mendapat sekolah yang bersih dan terawat secara fisik. Karena lingkungan yang bersih tidak hanya akan membuat siswa merasa nyaman berada di lingkungan sekolah. Tapi juga menjauhkan siswa dari risiko penyakit yang diakibatkan karena tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Pastikan sekolah menyediakan ruang kelas dan toilet yang bersih. Dan beberapa ruangan lain yang sering menjadi tempat siswa berkumpul. Seperti perpustakaan, kantin, taman, dan lain sebagainya. Jagalah kebersihan dengan membersihkan dan merawatnya secara berkala.

2.      Aman

Selain tempat yang bersih, siswa juga berhak mendapat lingkungan sekolah yang aman. Karena lingkungan sekolah yang aman bisa meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses belajar.

Keamanan datang dari luar maupun dalam sekolah. Termasuk juga keamanan dari sikap bullying guru pada siswa. Keamanan dari tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oknum selama murid berada di lingkungan sekolah. Dan berbagai tindak kejahatan lain yang mengancam keamanan siswa selama di sekolah.

3.      Ramah

Sekolah yang baik adalah sekolah yang menghadirkan keramahan pada siswanya. Tidak ada kekerasan di dalamnya. Guru menyampaikan materi dengan tutur kata dan tindakan yang ramah. Agar belajar bukan lagi beban bagi siswa, tapi sesuatu yang menyenangkan.

4.      Indah

Keindahan adalah salah satu faktor penentu kenyamanan. Karena lingkungan yang indah cenderung membuat siswa merasa betah tinggal berlama-lama di dalamnya.

Sekolah ramah anak akan selalu menjaga keindahan lingkungan sekitarnya. Menata ruang kelas dengan konsep keindahan dan kerapian. Ada taman sekolah dengan aneka tanaman yang segar dan menyegarkan pandangan. Membuat pemandangan sekolah terlihat indah dan asri.

5.      Inklusif

Yang dinamakan dengan inklusif adalah sebuah usaha seseorang untuk menempatkan dirinya pada posisi orang lain saat berusaha untuk memahami sebuah masalah. Inklusif identik dengan sikap empati. Memahami posisi dan perasaan orang lain dalam melihat suatu hal.

Dengan konsep inklusif, sekolah diharapkan mampu memahami apa yang diinginkan siswa. Menyediakan wadah, sarana, dan prasarana untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Agar siswa bisa mendapat masa depan sesuai dengan bidang minat dan keinginannya.

6.      Sehat

Tidak hanya bersih saja. Sekolah juga harus menyediakan sarana pendidikan yang sehat. Salah satunya adalah makanan di kantin.

Kantin sekolah hendaknya menyediakan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Dengan makanan yang sehat, siswa bisa mendapat asupan gizi agar tubuh lebih sehat dan kuat. Sehingga mampu menerima materi pelajaran dengan sebaik mungkin.

7.      Asri

Sekolah ramah anak juga memiliki lingkungan yang asri. Suplai oksigen yang baik hingga ruangan kelas. Ventilasi dan sirkulasi udara yang baik di dalam kelas mampu memberikan kenyamanan siswa saat belajar di dalam kelas.

Caranya adalah dengan menjauhkan ruang belajar dari paparan polusi udara. Menanam berbagai tanaman penyuplai oksigen di dekat ruang belajar. Taman yang asri inilah yang membuat siswa merasa lebih nyaman saat berada di lingkungan sekolah.

8.      Nyaman

Yang dimaksud nyaman di sini adalah nyaman dan aman berada di lingkungan sekolah. Aman dari ancaman fisik gedung yang roboh.

Sebagaimana yang banyak diberitakan, ada beberapa gedung sekolah yang hampir roboh. Bahkan ada yang telah roboh dan menelan korban beberapa orang siswa.

Sekolah yang ramah anak hendaknya menyediakan ruang belajar yang aman dan nyaman. Gedung yang kokoh dan jauh dari ancaman ambruk atau runtuh sewaktu-waktu. Karena keselamatan siswa adalah hal yang perlu diprioritaskan selama masa belajar.

Konsep Sekolah Ramah Anak Flexi School

Flexi School adalah sekolah fleksibel yang telah menerapkan konsep ramah anak. Membuat kurikulum pendidikan sesuai dengan minat dan bakat siswa. Di sini siswa bisa belajar dengan aman, nyaman, dan menyenangkan sesuai dengan minat bersama tutor yang berpengalaman.

Dengan metode mentoring dan coaching, para guru atau fasilitator akan memfasilitasi kebutuhan siswa sesuai dengan bakatnya. Para fasilitator ini telah mendapat sertifikasi skala internasional untuk memastikan memberi yang terbaik bagi siswa.

Bersama Flexi School, siswa bisa belajar di sekolah ramah anak sekaligus mengeksplorasi bakat dan minat yang dimilikinya. Sehingga mampu mendapatkan masa depan sesuai dengan keinginannya.

This article have

0 Comment

Leave a Comment