Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Dampak Positif Sekolah Online

Dampak Positif Sekolah Online

Dampak positif sekolah online bisa terasa saat virus Covid-19 melanda dunia, termasuk dunia pendidikan. Salah satu hal yang dirasakan oleh peserta didik adalah dapat belajar di mana pun, kapan pun, bahkan dalam jarak jauh. Selain itu, para orang tua dapat memantau anak didiknya setiap hari.

Jika sekolah online terlaksana dalam jangka waktu yang cukup lama, para orang tua kemungkinan akan merasa lebih puas dalam memantau perkembangan anak-anaknya. Oleh karena itu, ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang tua yang lebih memilih homeschooling.

Dampak Positif Sekolah Online

Nah berikut ini hal-hal positif yang dapat anda peroleh setelah mengikuti sekolah online. Anda perlu tahu dampak positif sekolah online ini ya.

Siswa Lebih Fokus dalam Memahami Materi Pelajaran

Bukan halangan jika siswa menemukan kesulitan memahami pelajaran. Seperti yang kita tahu bahwa homeschooling memberikan kebebasan penuh pada siswa selama dalam batasan standar pendidikan yang berlaku.

Seperti yang kita pahami pada umumnya, homeschooling biasanya memiliki jumlah murid yang sangat sedikit bahkan satu saja. Jadi jika menemui kendala, siswa dapat menanyakan materi dengan pembimbing atau guru secara langsung. Siswa bisa berdiskusi dengan pembimbing tanpa rasa takut. Hal ini karena siswa hanya sendiri. Jika siswa belajar di sekolah formal, terkadang cenderung pemalu karena harus bertanya di depan semua siswa.

Mendidik Anak Bersifat Lebih Mandiri dalam Menyelesaikan Masalah

Dampak positif yang selanjutnya adalah memupuk peserta didik untuk bisa lebih mandiri. Karena terbiasa sendiri, peserta didik jadi terbiasa mandiri. Bahkan, mereka juga terbiasa menyelesaikan masalahnya sendiri di waktu yang genting.

Bagi mereka, bantuan ayah dan ibu dalam menjalankan kegiatan pembelajaran sangat penting. Tapi, seiring berjalannya waktu, mereka dapat terbiasa saat melaksanakan sekolah online.

Mandiri tidak hanya dalam memahami beberapa pelajaran saja. Namun, mandiri dalam hal apapun seperti halnya dalam mempersiapkan pengunjang dan fasilitas belajar, mulai dari laptop, media, dan beberapa tugas yang telah guru berikan.

Memupuk Wawasan dan Keterampilan pada Peserta Didik

Selain mempupuk rasa mandiri, pembelajaran online juga memupuk keterampilan anak. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah memberikan ruang dan kesempatan agar pengetahuan dan keterampilan anak terangsang dengan baik.

Melalui sekolah online, peserta didik berkesempatan untuk melakukan apa saja yang terkait dengan online, misalnya mengoperasikan software, menggunakan media elektronik, merancang desain belajar sendiri dengan media yang ia mampu. Hal ini dapat mengasah keterampilannya dalam memanfaatkan media pembelajaran.

Dengan pengalaman inilah, mereka dapat memiliki waktu belajar di rumah untuk memaksimalkan ketrampilan dan bakatnya. Pemahaman akan materi dapat terlaksana secara optimal apabila peserta didik memanfaatkan waktu yang baik selama di rumah.

Tingkat Stres yang Lebih Rendah

Kita memahami bahwa rumah merupakan bagian dari istana yang paling indah. Yah, bahkan rumah merupakan tempat yang paling aman dan nyaman dibandingkan dengan tempat yang lain, termasuk tempat megah dan sekolah.

Perasaan yang aman dan nyaman di rumah dapat mengurangi rasa cemas pada peserta didik. Lain halnya dengan di sekolah, para peserta didik kemungkinan masih merasa stres karena tuntutan harus sekolah dengan jadwal yang padat di jam-jam yang telah tertentu.

Homeschooling juga aman bagi peserta didik yang rumahnya sangat jauh dengan sekolah. Dengan begitu, mereka lebih aman dari rasa cemas. Jika berangkat ke sekolah yang jauh, mereka perlu melewati jalan yang macet dengan target waktu sebelum pintu gerbang tertutup.

Meminimalkan dari Gangguan Belajar yang Ada

Gangguan yang sering terjadi pada peserta didik di sekolah formal adalah masalah tingkah laku teman. Terkadang, peserta didik merasa tidak dapat fokus ketika teman-teman lainnya sedang bercanda. Dampak positif sekolah online dengan homeschooling, mereka jauh dari situasi suara ocehan teman, memukul-mukul bangku.

Merangsang Motivasi Belajar Anak

Dengan sekolah online, mereka dapat menggunakan berbagai media yang sangat variatif. Lain halnya di sekolah, para peserta didik terbatas pada media dan fasilitas pembelajarannya. Pasalnya di sekolah hanya ada LCD, papan tulis dan media yang sesuai dengan kebutuhan.

Memilih Homescholing Sekolah Online yang Fleksibel

Flexi School Agile Education merupakan jawaban dari contoh homeschooling sekolah online yang fleksibel. Selain itu, sekolah memberikan solusi untuk mengoptimalkan pembelajaran peserta didik.

Kami memberikan kesempatan kepada orang tua dan siswa untuk memilih materi pelajaran sesuai dengan potensi, gaya belajar dan motivasi siswa itu sendiri. Dengan begitu, siswa dapat mengembangkan minat sesuai dengan kebutuhannya.

Kami juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang baik media, tempat, dan proyek yang dapat memupuk siswa agar menjadi pribadi yang solutif dan mudah bersosialiasi. Jadi, anda tidak perlu cemas dengan sosialisasi siswa karena kami juga menyediakan program-program unik.

Penasaran dengan bukti informasi yang kami sampaikan? Anda bisa kunjungi website lengkap kami di https://flexi.sch.id/homeschooling/ juga untuk mendapatkan dampak positif sekolah online tersebut. Kami juga membuka layanan konsultasi pada jam kerja untuk asesmen diagnostik peserta didik supaya kami dapat memahami gaya belajar dan minatnya terlebih dahulu.

This article have

0 Comment

Leave a Comment