Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Kelebihan Sekolah Online yang Memiliki Konsep Homeschooling

sekolah onlineBaru-baru ini kurikulum merdeka telah dikembangkan. Guru memberikan kesempatan penuh kepada para peserta didik sesuai dengan gaya belajarnya. Hal ini membuat orang tua dan wali murid memiliki kesempatan untuk mendidik anak dengan cara mereka sendiri.

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa sekolah online berkonsep homeschooling menjadi pilihannya. Orang tua ingin membimbing pendidikan anak-anaknya secara optimal. Selain itu, ada beberapa hal yang tidak didapatkan peserta didik seperti di sekolah formal. Beberapa keunggulan atau kelebihan sekolah online dapat menjadi pertimbangan bagaimana homeschooling menjadi pilihan yang tepat. Berikut beberapa hal yang bisa anda dapatkan saat mendaftar sekolah secara online:

Kelebihan Sekolah Online yang Bisa Diperoleh

Tidak hanya sekolah formal saja, ternyata sekolah online juga memiliki kelebihan, antara lain:

Memberikan Kesempatan Pada Peserta Didik Untuk Mengembangkan Bakatnya

Dengan mengikuti homeschooling secara online, peserta didik dapat belajar di rumah secara leluasa. Orang tua lebih memahami bagaimana gaya belajar anak.

Selain itu, orang tua juga lebih memahami tentang topik pelajaran yang mereka sukai. Kebutuhan bakat juga dapat disesuaikan mulai dari durasi kebutuhan dalam belajar, metode yang ia senangi dan media apa yang paling menarik.

Dengan begitu, orang tua dapat memanfaatkan waktu untuk fokus pada pengembangan bakat dan minat pada anak-anaknya. Kesuksesan dan potensi anak adalah prioritas utama. Oleh karena itu, homeschooling dengan sistem sekolah online bisa menjadi pilihan orangtua yang ingin berfokus pada minat dan bakat siswa.

Memiliki Manajemen Waktu yang Lebih Fleksibel

Kelebihan berikutnya adalah memiliki manajemen waktu yang fleksibel. Sistem waktu yang seperti ini tidak dapat diperoleh di sekolah formal biasanya. Kita semua tahu bahwa waktu belajar di sekolah formal tidak dapat diganggu gugat.

Sedangkan lewat homeschooling secara online, orang tua dapat berdiskusi dengan pengajar, dan putra atau putri didiknya sendiri. Mereka bisa berunding tentang waktu belajar yang paling tepat. Selain itu, kebutuhan waktu belajar juga dapat ditentukan sesuai minat peserta didik.

Biasanya, anda dan tutor dapat mengubah jadwal belajar anak pada program homeschooling sekolah online yang kami sediakan. Bahkan, ada banyak kesempatan supaya peserta didik tidak merasa jenuh. Jika siswa merasa bosan, anda bisa mengajak putra/putri anda ke beberapa tempat menarik yang sesuai dengan tema mata pelajaran. Misalnya ke museum, kebun binatang, planetarium dan obyek edukasi yang lainnya.

Melalui pembelajaran online pun, peserta didik dapat belajar kapan pun dan di mana pun. Misalnya mereka dapat belajar sambil mengunjungi museum. Jika bosan, dapat belajar di suatu tempat selain di rumah.

Lewat Sekolah Online, Peserta Didik dapat Memahami Ilmu Secara Maksimal

Dengan sekolah online berkonsep homeschooling, peserta didik dapat menerima informasi secara optimal. Manfaat seperti juga jarang didapatkan pada sekolah-sekolah formal yang lain. Kondisi seperti ini sangat cocok bagi peserta didik yang susah memahami materi pelajaran.

Ini termasuk salah satu keunggulan dari homeschooling karena anak tidak mendapatkan peer pressure atau tekanan sebaya. Kita perlu tahu bahwa pada beberapa kasus di sekolah formal terdapat tindakan bullying atau tekanan lain yang menganggap temannya tidak mampu. Untuk menghindari hal ini, homeschooling menjadi pilihan yang tepat.

Namun, guru atau pengajar juga langsung memberikan solusi tanpa pengaruh dari sistem pengajaran orang lain. Jadi, guru bisa lebih fokus perhatiannya pada satu siswa tersebut. Perhatian yang lebih fokus seperti ini dapat memberikan rasa percaya yang kuat pada bakat dan kemampuan peserta didiknya.

Mendapatkan Waktu Istirahat Tidur yang Cukup

Sekolah formal memiliki durasi belajar yang cukup lama sehingga tidak memiliki kualitas tidur yang cukup. Pada sekolah formal, jam rata-rata masuk sekolah dimulai dari jam 6.30 hingga 7 pagi. Sedangkan mereka harus pulang pukul 15.00 WIB. Belum lagi jika mereka harus mengikuti bimbel di luar sekolah.

Tentunya jam ini sangat mengurangi kualitas jam tidurnya. Lain halnya dengan homeschooling sekolah online, mereka masih bisa menyesuaikan waktu bermain, belajar dan waktu istirahatnya.

Terlindungi dari Risiko Pergaulan Bebas sehingga Tetap Aman

Dari homeschooling, orang tua dapat fokus pada pemantauan anak-anaknya. Karena siswa hanya berkomunikasi dengan guru dan anda saja. Namun, jika sesekali anak ingin bergaul dan belajar bersama. Tetap biarkan meskipun dalam pemantauan. Orang tua masih tetap membutuhkan informasi dengan, kapan dan siapa saja yang bergaul dengan anaknya.

Pilih Sekolah Online Homeschooling yang Punya Banyak Keunggulan

Agar dapat merasakan kelebihan sekolah online secara maksimal, pilih homeschooling online yang tepat. Kami merekomendasikan Flexi School menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kami menawarkan beberapa keunggulan dari sekolah ini, diantaranya:

  • Memberikan kesempatan luas pada siswa untuk membuat project sendiri seperti merancang games, bermain musik, backpacker, membuat karya yang lain.
  • Coach yang memiliki sertifikasi sesuai dengan standar internasional. Mereka dapat menjadi fasilitator baik online maupun offline.

Untuk mendapatkan informasi lebih pada Flexi School Agile Education, kami menyediakan penjelasan secara rinci pada website https://flexi.sch.id/homeschooling/

Another Article

This article have

0 Comment

Leave a Comment