Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Kelas PKBM Terdekat Untuk Setara SMP dan SMA

Kelas PKBM untuk Setara SMP dan SMA

Pesimis tidak mendapatkan pekerjaan yang layak karena pendidikan hanya sampai SMP? Tenang saja, solusi terbaiknya adalah dengan mengikuti kelas PKBM terdekat Kejar Paket B untuk ijazah SMP dan kejar Paket C untuk ijazah SMA. Sejak dulu, keberadaan PKBM memang menjadi solusi bagi masyarakat yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan yang setara dengan SMP atau SMA.

Bagi Anda yang ingin mengikuti kelas PKBM terdekat kejar Paket B dan Paket C harus mendaftar di lembaga PKBM yang legal dan resmi terdaftar di Departemen Pendidikan Nasional. Dengan demikian keinginan mendapatkan ijazah akan terwujud dengan baik. Sebenarnya, apa saja faktor seseorang mengikuti sekolah kejar Paket B atau Paket C? Di antaranya:

  • Faktor ekonomi.
  • Faktor tekanan dari orangtua atau lingkungan.
  • Konflik keluarga.
  • Putus sekolah.
  • Tempat tinggal yang tidak tetap.
  • Bullying.
  • Kenakalan remaja.
  • Kesibukan yang berlebihan di usia remaja.

Apapun masalah dan latar belakangnya, Anda tetap bisa menyelesaikan dengan mengikuti kelas PKBM Paket B maupun Paket C. Penasaran bagaimana cara daftar menjadi peserta belajar sekolah kejar paket di Indonesia? Berikut selengkapnya!

Cara Daftar Menjadi Peserta PKBM Terdekat

Secara umum, cara daftar kejar paket di berbagai wilayah memanglah sama. Untuk dapat bergabung cara daftarnya adalah:

  • Isi formulir pendaftaran yang diberikan pihak kelas PKBM untuk setara SMP dan SMA.
  • Daftar masuk bisa langsung datang ke lokasi atau melalui online di website PKBM yang menjadi tuju
  • Bayar biaya pendaftaran.
  • Peserta belajar sudah bisa mengikuti pembelajaran di PKBM Paket B ataupun Paket C dengan baik.

Adapun syarat yang harus terpenuhi untuk mendaftar kelompok belajar Paket B dan Paket C adalah:

  • Fotocopy akta kelahiran.
  • Fotocopy berwarna ijazah terakhir.
  • Fotocopy KTP 3 lembar.
  • Fotocopy Kartu Keluarga 3 lembar.
  • Pas foto ukuran 2×3 4 lembar dan 3×4 10 lembar.
  • Pas foto menggunakan kemeja putih baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Dengan proses daftar yang simple dan biaya pendidikan yang lebih murah, fasilitas untuk para peserta secara umum adalah belajar di gedung ber-AC, lab komputer, lab bahasa, ruang praktek keterampilan, free Wifi dan jadwal pelajaran yang lebih fleksibel. Untuk waktu belajarnya, secara umum peserta belajar wajib mengikuti kegiatan belajar selama 6 semester atau 3 tahun lamanya.

Tips Memilih PKBM Terdekat dan Terpercaya

Setelah mengetahui cara daftar dan syarat masuk ke PKBM Paket B dan Paket C, persiapan lainnya yang tidak kalah penting adalah memilih dan memastikan PKBM terbaik dan terpercaya. Bagi yang belum tahu ciri-ciri kelas PKBM untuk setara SMP dan SMA berkualitas, simak tips memilih PKBM terbaik dan terpercaya berikut ini!

1.      Pastikan PKBM Terdaftar Secara Resmi

Pertama, pastikan bahwa PKBM tersebut telah terdaftar secara resmi dari pemerintah. Karena hanya PKBM resmi saja yang mampu mengeluarkan ijazah Ujian Nasional sebagaimana sekolah formal. Jangan pernah tergiur dengan PKBM ilegal sekalipun dengan harga murah, karena kemungkinan besar tidak akan bisa memberikan ijazah kepada Anda.

2.      Selidiki Reputasi PKBM

Apakah PKBM yang tersebut aman? Atau pernah mengalami skandal? Agar tidak salah, lebih baik gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai reputasi PKBM. Silakan mencari informasi akurat melalui sosial media, website resmi, forum, para alumni dan kerabat dekat dari pemilik PKBM. Informasi tersebut sangat penting untuk menentukan pilihan Anda.

3.      Pastikan Metode Pembelajarannya Jelas

Meskipun bukan sekolah formal, namun metode dan program belajar di kelas PKBM sudah terprogram dari pemerintah. Jadi pastikan bahwa metode pembelajarannya jelas sesuai kebutuhan dan gaya belajar Anda.

4.      Pastikan Fasilitas Sesuai

Pastikan bahwa PKBM memberikan fasilitas sesuai dengan janjinya. Fasilitas penuh dan memadai sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar setiap harinya. Minimal fasilitas yang wajib ada adalah ruang kelas yang layak, nyaman dan luas, peralatan belajar yang memadai, lingkungan yang aman dan lain sebagainya.

5.      Biaya Pendidikan PKBM

Sejauh ini, biaya pendidikan PKBM memang lebih murah daripada biaya sekolah formal. Namun ada juga PKBM yang menawarkan biaya cukup tinggi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Anda bisa memilih sekolah PKBM dengan biaya sesuai kemampuan ya!

Nah, salah satu rekomendasi yang tepat untuk Anda adalah PKBM Flexi School yang berada di Tangerang Selatan. Mengapa harus Flexi School? Selain membuka kelas untuk kejar paket B dan kejar Paket C, Flexi School juga membuka kelas homeschooling secara fleksibel untuk peserta didik. Di sini, Anda akan mendapatkan lingkungan belajar anti toxic dan sesuai kebutuhan.

Flexi School menggunakan metode belajar Agile Education untuk memudahkan siswa berkembang sesuai kompetensi, bakat dan minatnya. Penasaran mengenai informasi lengkap dari Flexi School? Cek sekarang di website resmi kami https://flexi.sch.id/ . Semoga informasi di atas membantu ya!

This article have

0 Comment

Leave a Comment