Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Home Based Learning Sekolah Menyenangkan

Memiliki anak istimewa dan berbeda dari anak pada umumnya memang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para orangtua. Jika Anda adalah salah satu orangtua yang mengalaminya, maka tetaplah berikan kehidupan yang terbaik untuk anak. Salah satu caranya adalah dengan tetap memberikan pendidikan yang tepat kepada anak berkebutuhan khusus sejak dini. Bisa dengan melakukannya di home based learning sekolah menyenangkan.

Kali ini kami akan mengenalkan kepada Anda mengenai jenis pendidikan yang cocok untuk anak istimewa berbasis home based learning. Tahukah Anda tentang sekolah berbasis home based learning?

Home based learning menjadi terobosan terbaru yang cocok oleh para guru dan orangtua yang ingin menerapkan pendidikan berbasis rumah. Seperti apa selengkapnya? Simak penjelasan berikut ini ya!

Konsep Home Based Learning

Home based learning adalah sebuah metode pembelajaran baru yang penerapannya sejak pandemi Covid karena cukup efisien dan sesuai dengan kebutuhan. Meskipun masa pandemi sudah selesai, beberapa instansi tetap menerapkan home based learning sebagai metode pembelajaran yang tepat.

Gaya belajar dengan suasana rumah agar lebih menyenangkan ini nyatanya cocok untuk anak berkebutuhan khusus, anak yang tidak bisa mengikuti pendidikan formal dan sejenisnya.

Konsep home based learning pun tidak jauh beda dengan homeschooling, home based education dan sejenisnya. Konsep utama dari pembelajaran home based learning di antaranya adalah:

1.      Memberikan Ruang Belajar yang Nyaman untuk Anak

Salah satu tujuan berdirinya sebuah sekolah berbasis rumah ini adalah untuk memberikan ruang belajar yang nyaman dan aman untuk anak-anak. Kenyamanan tersebut sangat perlu oleh anak-anak yang tidak bisa melakukan pendidikan secara formal. Jadinya anak-anak tetap optimis untuk belajar apapun keadaannya.

2.      Memahami Kebutuhan dan Keinginan Anak

Konsep home based learning yang lebih intim selanjutnya adalah untuk memahami kebutuhan dan keinginan anak. Setiap anak yang lahir ke dunia pasti memiliki keinginan untuk belajar, karena itulah kami berusaha untuk memahami kebutuhan serta keinginan anak selama belajar. Harapannya, anak berkebutuhan khusus dan anak istimewa lainnya bisa mewujudkan mimpinya.

3.      Fleksibel dalam Mengajar Anak

Dengan konsep yang sangat fleksibel baik dari waktu belajar, jadwal pelajaran dan metode belajar, home based learning sangat tepat untuk Anda yang tidak bisa mengikuti dengan baik waktu belajar formal. Home based learning membuat guru, orangtua dan siswa bisa menentukan jadwal pelajaran dan waktu belajar dengan lebih fleksibel.

4.      Memahami Kondisi Anak

Setiap anak membutuhkan penanganan yang berbeda dalam belajar, terutama untuk anak-anak berkebutuhan khusus. karena itulah home based learning menjadi metode yang siap memahami kondisi anak sejak dini.

Tujuan Home Based Learning

Dengan metode belajar dan jam belajar yang berbeda dari sekolah formal, home based learning menjadi terobosan terkini untuk memaksimalkan waktu belajar anak. Apa saja tujuan utama berdirinya home based learning? Di antaranya:

1.      Menciptakan Lingkungan Belajar Kondusif

Dengan metode belajar yang berbeda, home based learning menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan namun tetap kondusif. Gaya belajarnya menyesuaikan dengan kepribadian, kekuatan serta keterbatasan setap murid. Dengan coach atau mentor belajar yang profesional, belajar akan lebih kondusif dan sesuai tujuan.

2.      Meningkatkan Inovasi dan Kreatifitas Siswa

Beberapa orangtua mungkin merasa pesimis duluan ketika melihat anaknya sebagai penyandang anak berkebutuhan khusus. Padahal, setiap anak yang lahir memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bersama home based learning, kami berusaha untuk meningkatkan inovasi serta kreatifitas siswa secara maksimal tanpa halangan.

3.      Membina Hubungan Sosial Siswa

Jika sebelumnya anak belum terbiasa membina hubungan sosial dengan orang lain, maka bersama home based learning anak akan belajar tentang kehidupan sosial dan peduli dengan sesama. Materi pelajaran yang langsung dari konteks kehidupan akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan berguna untuk para siswa.

4.      Mengembangkan Bakat dan Potensi Setiap Siswa

Home based learning juga bisa menjadi sebuah ladang untuk mengembangkan bakat dan potensi setiap siswa. Dengan fasilitas yang memadai, home based learning siap mengatasi keterbatasan, kelemahan dan hambatan yang mungkin memengaruhi bakat dan potensi siswa.

Flexi School Home Based Learning Sekolah Menyenangkan

Di setiap daerah pasti ada sekolah berbasis home based learning yang bisa Anda pilih. Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya bisa bergabung bersama kami di Flexi School. Apa itu Flexi School? Sesuai namanya, Flexi School adalah sekolah fleksibel untuk mencapai tujuan mempersiapkan siswa sesuai bakat minat.

Dengan program belajar berbasis project, mentoring dan coaching life skill, anak fokus untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, leadership dan entrepreneurship agar sukses di masa depan.

Bersama kami anak berkebutuhan khusus memiliki akses dan ruang yang penuh untuk mengembangkan bakatnya. Mari bergabung bersama kami home based learning sekolah menyenangkan! Informasi lengkap seputar formulir, jadwal pelajaran dan lainnya silahkan cek di https://flexi.sch.id/ . Semoga bermanfaat!

This article have

0 Comment

Leave a Comment