Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Home Based Learning untuk SMP-SMA

Home Based Learning untuk SMP-SMASetelah pandemi, ada banyak metode pembelajaran baru yang mulai muncul di dunia pendidikan. Beberapa metode tersebut tercipta dengan tujuan agar siswa tetap bisa belajar secara maksimal apapun keadannya. Salah satu metode pembelajaran yang muncul setelah pandemi adalah home based learning. Tahukah Anda apa itu home based learning?

Home based learning adalah sekolah dari rumah dengan mengandalkan teknologi modern atau menyesuaikan sesuai kebutuhan. Home based learning adalah terobosan terbaru yang bisa diterapkan di masa normal baru seperti sekarang ini. Metode ini bisa diterapkan untuk sekolah jenjang SMP-SMA dengan mudah. Apa saja keunggulan home based learning untuk SMPSMA?

Keunggulan Home Based Learning untuk SMP-SMA

Ada banyak keunggulan yang didapatkan jika memilih metode pembelajaran home based learning untuk SMP-SMA. Dengan beberapa keunggulan tersebut, diharapkan anak bisa lebih maksimal dan fokus dalam belajar. Nah, beberapa keunggulannya diantaranya adalah:

1.      Belajar Menjadi Lebih Fleksibel

Sama seperti homeschooling, home based learning juga membuat belajar anak menjadi lebih fleksibel karena tidak seketat sekolah formal. Waktu belajar yang fleksibel sangat tepat diterapkan kepada model anak yang sulit untuk belajar di waktu yang lama dan jam tertentu.

Waktu belajar anak akan disesuaikan dengan kebutuhan anak dan kondisi keluarga. Mentor atau pembimbing akan menyesuaikan dengan kemauan anak agar lebih nyaman dan tenang saat belajar dimulai.

2.      Mendorong Kreativitas Anak

Keunggulan selanjutnya adalah anak yang belajar dengan home based learning berpeluang untuk lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. Biasanya tidak semua anak bisa mengembangkan kreatifitasnya saat berada di bangku sekolah. Namun, karena home based learning bersifat personal, mau tidak mau anak harus menunjukan bakat, minat serta kreatifitasnya.

3.      Lingkungan Belajar yang Peduli dan Menyenangkan

Kelebihan utama yang membuat anak menjadi lebih semangat dalam belajar adalah home based learning menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan menyenangkan. Pergaulan anak bisa lebih mudah dikontrol dan diketahui oleh orang tua. Pastikan memilih home based learning yang terpercaya dan berkualitas ya!

4.      Biaya dapat Disesuaikan

Beberapa orang tidak berani memilih homeschooling karena khawatir biaya yang ditawarkan terlalu tinggi. Padahal di zaman sekarang, biaya untuk home based learning atau sejenisnya bisa menyesuaikan dengan kemampuan pihak orangtua lho! Bahkan beberapa juga menawarkan beasiswa per semesternya.

Tips Memilih Home Based Learning Jenjang SMP-SMA

Ada banyak jasa dan yayasan yang menawarkan sekolah berbasis home based learning yang bisa dicoba. Namun, agar tidak salah pilih, ada baiknya Anda mengetahui tips memilih home based learning yang berkualitas dan sesuai standar. Seperti apa tipsnya? Berikut selengkapnya!

1.      Memiliki Mentor yang Berpengalaman

Pertama, pastikan sekolah yang Anda pilih memiliki kualitas guru yang tidak diragukan lagi. Dengan pengalaman yang baik, pengajar home based learning wajib menguasai berbagai materi pelajaran dan bisa mengajarkan kepada murid sesuai metode pembelajaran home based learning.

2.      Sekolah dengan Visi Misi yang Jelas

Meskipun bukan sekolah formal, namun homeschooling harus memerhatikan tujuan, visi dan misi nya dengan jelas. Home based learning yang bagus adalah yang memiliki tujuan dan mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk anak.

3.      Mampu Menciptakan Ruang Belajar yang Aman

Nah, hal terpenting selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum memilih home based learning adalah memastikan pilihan Anda mampu menciptakan ruang belajar yang aman. Di usia SMP-SMA, pergaulan anak harus diperhatikan agar tidak salah pilih teman. Dengan lingkungan yang baik, maka perkembangan mental anak di usia remaja akan semakin sehat.

4.      Fasilitas Terpenuhi

Tips terakhir adalah dengan memilih sebuah sekolah berbasis home based learning yang memiliki fasilitas lengkap untuk belajar. Dengan pendekatan individu, pasti murid memiliki kebutuhan, hobi, bakat dan minat yang berbeda. Perbedaan tersebut tidak akan menjadi masalah apabila fasilitas belajar terpenuhi.

Flexi School Pilihan Terbaik untuk Home Based Learning

Bagi Anda yang sedang membutuhkan sekolah berbasis home based learning, kami dari Flexi School menawarkan pilihan terbaiknya. Flexi School adalah sekolah yang menggunakan metode Agile Education, hadir untuk siswa jenjang SMP-SMA.

Bersama kami, siswa akan dibimbing, diberikan mentoring agar bisa mengenal dirinya dengan lebih baik, mengenal konsep kemandirian, dan akhirnya bisa mengelola project dengan scrum sesuai bakat dan minatnya. Dengan kurikulum yang memadai, lingkungan yang aman dan fasilitas yang penuh, setiap murid akan terbentuk menjadi manusia yang cerdas dan spiritual.

Informasi lebih lanjut mengenai Home Based Learning untuk SMP-SMA, silakan cek melalui website resmi kami di https://flexi.sch.id/smp/ sekarang juga! terdapat berbagai informasi tambahan seputar Flexi School di website tersebut. Semoga informasi kali ini membantu Anda!

This article have

0 Comment

Leave a Comment