Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Konsep Home Based Learning

konsep home based learning itu?

Memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak adalah impian dari semua orang tua di dunia. Oleh sebab itu, di zaman modern seperti sekarang ini banyak inovasi kreatif yang membuat dunia pendidikan semakin menyenangkan. Salah satu inovasi yang muncul saat masa pandemi Covid adalah Home Based Learning. Tahukah Anda apa itu home based learning? Dan bagaimana konsep home based learning itu?

Home based learning adalah model pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dimana guru terpisah dengan peserta didik. Model pembelajaran ini cocok dilakukan saat masa pandemi Covid atau masa-masa tertentu karena anak tetap bisa mendapatkan pelajaran sekalipun jarah jauh. Dengan cara ini, guru dan peserta didik memanfaatkan keberadaan teknologi komunikasi atau media lain yang ada.

Konsep Home Based Learning

Sebagian dari Anda pasti juga penasaran mengenai konsep home based learning ini. Bisa dibilang home based learning hampir sama dengan homeschooling atau home based education. Namun yang membedakan adalah jarak guru dan peserta didik terpisah, sedangkan homeschooling tidak. Apa saja konsep home based learning yang penting untuk diketahui? Di antaranya:

School at Home

Konsep pertama dari home based learning adalah school at home atau sekolah dari rumah yang sistem pendidikannya sama utuh seperti sekolah formal. Biasanya sistem ini dipilih oleh para orangtua yang anaknya tidak bisa mengikuti pendidikan sekolah formal.

The Living Book

Kedua adalah living book, yaitu konsep home based learning yang di desain sesuai dengan kehidupan nyata. Tujuannya adalah agar anak-anak bisa langsung terjun dan praktek terhadap materi yang telah di pelajari. Beberapa pelajaran home based learning yang membutuhkan metode living book adalah pelajaran matematika, ipa dan ips.

United Studies

United studies merupakan sebuah metode khusus berbasis tema yang membuat siswa tidak perlu mempelajari seluruh mata pelajaran secara utuh. Yang diajarkan adalah pelajaran inti yang penting saja agar konsentrasi siswa lebih fokus.

Eclectic

Home based learning juga mengusung konsep eclectic yaitu menggabungkan beberapa metode pembelajaran menjadi satu. Salah satu metode pembelajaran yang cocok dipakai adalah agile education.

Siapa Saja yang Membutuhkan Home Based Learning?

Setiap anak tentu memiliki gaya belajar dan kemampuan yang berbeda. Beberapa anak cocok bersekolah di sekolah formal dan beberapa cocok menggunakan kelas privat. Nah, lalu siapa saja yang membutuhkan gaya belajar home based learning? Di antaranya:

1.      Memiliki Penyakit Tertentu

Anak yang memiliki penyakit tertentu entah itu bawaan dari lahir atau tidak memang membutuhkan penanganan khusus agar tetap bisa mewujudkan cita-citanya. Home based learning yang bersifat individu tentu cocok untuk type anak yang mengalami penyakit tertentu.

2.      Disabilitas

Agar anak disabilitas mendapatkan pendidikan terbaik seperti anak pada umumnya, home based learning menjadi pilihan yang tepat untuk mereka. Anak disabilitas khususnya pada fisik, sulit mengikuti proses belajar normal dan membutuhkan penanganan khusus. Home based learning disediakan khusus untuk anak disabilitas

3.      ADHD dan OCD

Dalam pendekatan psikologi, beberapa anak juga berpotensi mengalami penyakit psikologi yang biasa disebut dengan ADHD dan OCD. ADHD adalah anak yang mengalami kondisi sulit konsentrasi dalam belajar, berperilaku hiperaktif serta impulsif. Sedangkan OCD adalah kondisi dimana anak mengalami ketakutan, kecemasan dan perasaan yang sulit dikendalikan. Dengan pembelajaran privat, anak yang mengalami ADHD dan OCD akan lebih terbantu.

4.      Kegiatan Anak yang Padat

Di kota besar, ada beberapa anak yang memiliki kegiatan padat sejak dini karena bakat yang sudah terlihat. Beberapa anak yang sudah memiliki kegiatan tambahan seperti artis, penyanyi atau lainnya membutuhkan belajar secara mandiri agar tidak ketinggalan dengan teman seumurannya, dan home based learning adalah pilihan terbaik untuk mereka.

5.      Pekerjaan Orang Tua yang Berpindah-pindah

Karena tuntutan pekerjaan, tak sedikit orangtua yang terpaksa berpindah-pindah tempat sehingga berdampak pada pendidikan anak. Jika hal ini yang terjadi pada Anda, memilih sekolah privat adalah pilihan terbaik agar anak tetap bisa mendapatkan pendidikannya.

Flexi School dengan Pendidikan Berbasis Home Based Learning

Karena setiap anak memiliki kemampuan dan nasib yang berbeda, maka Flexi School hadir untuk memberikan masa depan cerah kepada seluruh anak Indonesia. Flexi School adalah sekolah fleksibel untuk mencapai tujuan mempersiapkan masa depan siswa sesuai bakat minat. Di dalamnya tersedia pembelajaran yang menyenangkan, fasilitas lengkap dan berbasis home based learning.

Konsep home based learning program yang dipelajari juga sangat bervariasi sesuai dengan bakat minat anak. Coach dan mentor yang berpengalaman akan menemaninya, siap untuk mengajarkan berbagai hal baru untuk siswa. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sekolah kami, silakan hubungi nomor WA yang tersedia di website resmi https://flexi.sch.id/ . Bersama Flexi School mari wujudkan masa depan cerah untuk anak-anak tercinta!

Another Article

By : Flexi School Bintaro

Program Belajar di Sekolah PKBM Terdekat

By : Flexi School Bintaro

Sekolah Kejar Paket C Online

By : Flexi School Bintaro

Ini Contoh Karya Nyata Pengelola PKBM

This article have

0 Comment

Leave a Comment