Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Model Pembelajaran Home Based Learning

Saat ini semakin banyak inovasi metode pembelajaran baru guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang sekarang ini sedang mendapatkan perhatian lebih adalah metode pembelajaran home based learning. Home based learning merupakan terobosan terbaru yang sudah menerapkan di beberapa instansi lho! Apakah itu home based learning? Dan bagaimana juga dengan model pembelajaran home based learning itu sendiri?

Home based learning adalah gaya belajar yang mengusung lingkungan seperti di rumah, kemudian menjadikan peserta didik sebagai pusat kegiatan agar bisa mengembangkan bakat minat sesuai kemampuan. Harapannya peserta didik memiliki hasil akhir berupa produk selama proses belajarnya. Lalu apa saja tujuan dari adanya model pembelajaran home based learning? Berikut selengkapnya!

Tujuan Model Pembelajaran Home Based Learning

Dari sekian banyak sekolah yang menggunakan metode home based learning, pasti secara garis besar memiliki tujuan yang sama. Adapun tujuan menggunakan model pembelajaran home based learning adalah:

1.      Memberikan Suasana Belajar yang Kondusif untuk Anak

Pertama, tujuan adanya model pembelajaran home based learning adalah agar tercipta sebuah suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Kami tahu bahwa tidak semua peserta didik bisa mengikuti pembelajaran dengan kondusif. Ada beberapa jenis siswa yang memerlukan penanganan khusus agar mengikuti pelajaran dengan maksimal. Dan home based learning adalah salah satunya.

2.      Mengasah Bakat dan Minat Anak dengan Maksimal

Model pembelajaran home based learning juga bermanfaat sebagai salah satu jalan mengasah bakat minat anak dengan maksimal. Dengan fasilitas yang telah tersedia, anak bisa dengan mudah menentukan bakat minat secara aman dan nyaman. Anak yang sudah berpotensi dan mampu mengembangkan bakat minat sejak dini akan lebih mudah menentukan masa depannya.

3.      Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman

Salah satu masalah yang sering membuat orangtua was-was untuk melepas anak di dunia luar adalah pergaulan bebas. Bersama home based learning, pergaulan anak lebih mudah terpantau dan tentunya aman dari pergaulan yang menyimpang. Home baser learning menciptakan lingkungan belajar yang aman dan tepat untuk anak di zaman sekarang.

4.      Memberikan Gaya Belajar yang Lebih Fleksibel

Tujuan selanjutnya adalah untuk memberikan pendidikan dengan gaya belajar yang lebih fleksibel, kreatif, inovatif dan tidak monoton. Beberapa anak merasa kurang nyaman dengan sekolah formal yang memiliki waktu belajar disiplin. Anak yang tidak bisa konsentrasi jika belajar dalam jangka waktu lama, maka home based learning adalah pilihan terbaiknya.

Kelebihan Home Based Learning

Dengan tujuan yang baik di atas, berbagai keunggulan dari model pembelajaran ini di antaranya adalah:

1.      Konsentrasi Belajar Anak Meningkat

Anak yang sulit konsentrasi saat belajar, bisa bergabung bersama sekolah berbasis home based learning. Pastikan sekolahnya sudah menawarkan fasilitas yang lengkap, perlakuan yang tepat, dan sistem pembelajaran yang menyenangkan.

2.      Belajar Lebih Semangat

Kelebihan kedua adalah mampu menambah semangat belajar anak karena merasa mendapat perhati, mendapat kepedulian, dan tentunya mendapat juga penghormatan. Bersama pembimbing yang profesional dan berpengalaman, diharapkan setiap siswa yang bergabung bisa lebih semangat belajar dan menggapai cita-cita. diatas

3.      Waktu Belajar Fleksibel

Home based learning adalah solusi terbaik untuk anak yang mengalami kesulitan mengikuti sekolah formal. Ada beberapa alasan yang membuat anak tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik seperti anak yang berprofesi sebagai penyanyi, artis, anak berkebutuhan khusus dan lainnya. Waktu belajar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga anak tidak ketinggalan dengan teman seusianya.

4.      Biaya Sekolah Menyesuaikan

Meskipun sebagian berpendapat bahwa sekolah dengan metode homeschooling membutuhkan biaya yang lebih tinggi, namun kenyataannya biaya sekolah berbasis rumah bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Beberapa instansi juga menyediakan beasiswa untuk yang membutuhkan. Jadi tidak perlu khawatir jika memang membutuhkan metode pendidikan berbasis home based learning.

Rekomendasi Home Based Learning di Jakarta

Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta dan sedang mencari sekolah berbasis home based learning, bisa mencoba bergabung bersama kami di Flexi School. Mengapa harus Flexi School? Karena kami adalah sekolah yang fleksibel untuk mencapai tujuan mempersiapkan masa depan siswa sesuai minat dan bakat.

Kami juga memiliki berbagai program yang berbeda dengan home based learning lainnya. Yaitu berbasis project, mentoring dan coaching life skill. Menerima siswa baru untuk jenjang SMP dan SMA, flexi School siap membawa peserta didik menjadi anak yang kreatif, inovasi, leadership dan entrepreneurship untuk mempersiapkan siswa di masa depan.

Ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar Flexi School? Cek sekarang juga di website resmi kami https://flexi.sch.id/ dan hubungi nomor admin kami segera. Bersama mentor berpengalaman, mari persiapkan masa depan anak yang cerah sedini mungkin, cerdas, dewasa dan matang secara spiritual. Semoga informasi ini membantu Anda!

Another Article

This article have

0 Comment

Leave a Comment