Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Jangan Bingung! Ini Perbedaan Homeschooling dan Sekolah Formal

Jika Anda bertanya tentang perbedaan homeschooling dan sekolah formal, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Melalui ulasan ini, kami akan menyajikan informasinya untuk Anda dari beberapa sumber terpercaya. 

Homeschooling, saat ini telah menjadi metode favorit para orang tua dalam memberikan pembelajaran. Metode pendidikan yang satu ini, merupakan salah satu alternatif dari sekolah formal. Sebelum membahas tentang apa itu perbedaan homeschooling dan sekolah formal, Anda juga harus mengenal lebih jauh, apa itu homeschooling? Serta bagaimana sistem pendidikannya.

Mengenal Homeschooling

Beberapa anak/siswa tidak dapat mengikuti standar sekolah umum yang biasanya mengharuskan pertemuan tatap muka sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini, bisa disebabkan karena pengalaman negatif yang mungkin dialami oleh mereka. Bisa juga akibat kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan sekolah formal layaknya anak-anak lain.

Karena itulah, sekolah online atau yang biasa disebut dengan homeschooling dihadirkan untuk menjadi alternatif bagi para orang tua. Untuk tetap memberikan fasilitas pendidikan demi menunjang masa depan. 

Artinya, homeschooling merupakan sebuah metode pendidikan alternatif dari sekolah formal. Secara umum, sistem pembelajaran yang diberikan tidak jauh beda dengan sekolah formal. Namun, tentunya terdapat beberapa perbedaan yang menjadi spesifikasi dari metode pembelajaran ini. 

Apa Perbedaan Homeschooling dengan Sekolah Formal?

Meskipun metode pendidikan homeschooling sudah banyak dikenal oleh masyarakat, khususnya bagi pasangan muda yang memang mengikuti perkembangan zaman. Masih banyak yang kebingungan dengan istilah-istilah dari metode belajar yang satu ini. 

Diantaranya, mempertanyakan apa itu perbedaan homeschooling dengan sekolah umum? Dan mengapa harus memilih antara keduanya?

Jika Anda juga sedang mempertimbangkan hal tersebut, artikel ini akan memberi solusi dengan membagikan informasi terkait hal tersebut. Dengan begitu anda dapat menentukan pilihan antara perbedaan homeschooling dan sekolah formal. Informasi yang kami sajikan tentunya berdasarkan beberapa sumber terpercaya.

Pertama, Mari Kita Definisikan Pengertian Homeschooling vs Sekolah Formal

Homeschooling adalah sebuah metode pembelajaran yang dipilih oleh para orang tua atau wali murid yang menginginkan anak mereka menempuh pendidikan dari rumah. Dalam kasus ini, orang tua memliki kendali penuh atas pembelajaran anak mereka. Serta memutuskan, di mana, bagaimana dan kapan mereka akan memulai pembelajaran. 

Selain itu, orang tua yang memilih pendidikan homeschooling juga harus tetap mematuhi undang-undang pada masing-masing negara terkait pendidikan homeschooling. Bahkan, terdapat keadaan dimana para orang tua harus mengajar mata pelajaran ini misalnya bahasa Inggris, Sains dan matematika.

Dari segi fleksibilitas serta kebebasan juga lebih besar, sehingga orang tua dapat memutuskan bagaimana pendidikan yang tepat bagi anak mereka dan bagaimana nantinya anak mereka akan dididik. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari metode pembelajaran homeschooling

Sekolah Formal berbeda dengan homeschooling, karena orang tua tidak bisa menentukan bagaimana sistem pendidikan yang akan diterapkan kepada anak mereka. Selain itu juga tidak memiliki kontrol sepenuhnya, karena ketika memasuki lingkungan sekolah formal harus mematuhi peraturan dan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. 

Sekolah formal akan memberikan pengajaran sesuai dengan pedoman dan aturan yang telah ditetapkan oleh kurikulum sekolah negeri. Sehingga, orang tua tidak memiliki kendali untuk membangun kurikulum sistem pembelajaran. Dengan kata lain, pendidikan anak sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak sekolah berdasarkan peraturan yang ada. 

Di sekolah formal, anak-anak akan melakukan pembelajaran secara tatap muka dengan tenaga pendidik sesuai dengan bidang profesinya. Perbedaan homeschooling dan sekolah formal terletak pada sistem belajarnya, yang memungkinkan anak menempuh pendidikan dari rumah dengan pengawasan masing-masing keluarga. Sekolah formal juga tidak bergantung pada alat digital dalam memberikan pengajaran. 

Bahan ajar yang digunakan umumnya menggunakan buku sesuai dengan kurikulum masing-masing sekolah. Namun, bukan berarti pengenalan alat digital juga tidak dilakukan. Terdapat beberapa mata pelajaran yang menggunakan alat digital, meski tidak sebanyak metode belajar homeschooling.

Tugas belajar seperti pekerjaan rumah juga ditetapkan oleh guru, demikian pula dengan penilaian yang dilakukan tiap pertengahan semester dan akhir semester. Kemudian direkap dalam bentuk buku rapot sebagai evaluasi pembelajaran siswa selama masa sekolah yang ditentukan tiap semesternya. 

Secara keseluruhan perbedaan homeschooling dengan sekolah formal terletak pada sistem pembelajaran serta kurikulum yang digunakan. Dimana orang tua dan pihak sekolah sebagai penanggung jawab dari masing-masing metode pembelajaran itu. Serta sistem evaluasi nilai yang cukup berbeda. 

Mengenal Lebih Dekat Perbedaan Homeschooling dengan Sekolah Formal

Setelah membaca ulasan diatas, apa perbedaan mencolok antara Homeschooling vs Sekolah formal? Tentunya, Anda pasti telah memiliki gambaran jelas mengenai perbedaan homeschooling dengan sekolah formal sehingga Anda dapat menentukan pilihan metode balajar mana yang akan digunakan. Untuk mengetahui perbedaan yang lebih spesifik, berikut kategorinya:

  • Masukan Orang Tua

Seperti yang telah dijelaskan artikel ini pada pembahasan sebelumnya, sekolah formal mendidik anak Anda sesuai dengan kurikulum yang telah dirancang oleh pihak mereka. Artinya, Anda tidak dapat menyesuaikan pendidikan anak Anda kecuali dengan memilih metode belajar homeschooling anak secara mandiri. 

Dengan ini, Anda tinggal memilih akan menyerahkan urusan pendidikan kepada siapa. Jika ingin memiliki kontrol penuh atas pendidikan anak, maka homeschooling jawaban tepatnya.

  • Pembelajaran Berbasis Iman

Sekolah formal dengan homeschooling tidak terlalu memiliki perbedaan spesifik untuk urusan agama. Namun, pada homeschooling anda bebas menentukan pendidikan agama mana yang akan diambil. Sedangkan pada sekolah formal biasanya menyediakan pendidikan agama berdasarkan mayoritas siswa di sekolah tersebut. Sehingga cukup sulit untuk memberikan pendidikan agama sesuai dengan keyakinan Anda. 

  • Evaluasi Penilaian

Jika memilih pendidikan homeschooling, di beberapa negara menyediakan opsi bagi orang tua untuk memilih anak dinilai secara formal atau tidak. Hal ini tidak terjadi di sekolah formal, di mana anak-anak sekolah formal wajib mengikuti evaluasi pembelajaran secara formal dengan melakukan uji penilaian pada tengah semester dan akhir semester.

  • Biaya

Di sebagian negara menyediakan layanan homeschooling secara gratis, meski ada opsi berbayar untuk pembelajaran yang lebih lanjut. Namun, tidak jarang pula tersedia sekolah formal yang gratis di bawah naungan pemerintahan menteri pendidikan. 

Perbedaan ini cukup penting dalam hal bagaimana anak anda akan dididik nantinya, yang dapat memengaruhi keputusan Anda. 

  • Kesempatan Sosialisasi

Sekolah formal menawarkan lebih banyak kesempatan sosialisasi terstruktur dibandingkan dengan homeschooling. Diantaranya adalah kegiatan belajar tatap muka yang memungkinkan anak akan bersosialisasi dengan teman seumurannya. Sehingga mereka dapat melakukan kegiatan interaktif dan berkomunikasi satu sama lain. 

Jika memilih metode belajar homeschooling, anak Anda tidak akan memiliki kesempatan sosialiasi dengan temannya. Sebaliknya, peluang mengatur kegiatan sosial sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.

  • Regulasi dan Pemantauan

Terdapat tingkat regulasi dan pemantauan yang jauh lebih tinggi yang dibutuhkan di sekolah formal dari pada homeschooling. Selain penilaian formal, kehadiran setiap siswa juga dipantau dan akan menjadi penilaian evaluasi belajar masing-masing siswa. Mereka juga wajib mengikuti jadwal ketat yang telah diatur.

Pada akhirnya, keputusan memberikan dan memilih metode pembelajaran sepenuhnya ada di tangan Anda. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dari sisi perbedaan homeschooling dan sekolah formal yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas. Secara keseluruhan, pertimbangan terbesar ada pada kemampuan dan semangat Anda dalam memberikan fasilitas pendidikan yang baik bagi anak Anda.

This article have

0 Comment

Leave a Comment