Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Sekolah Online Apakah Efektif?

Sekolah Online Apakah Efektif

Banyak yang beranggapan bahwa sekolah online bukan sekolah yang efektif. Pasalnya, sekolah ini tidak termasuk dalam sekolah formal. Dengan alasan itu, sebagian besar beranggapan bahwa sekolah online dengan sistem homeschooling tidak masuk ke dalam sekolah yang efektif. Apakah sekolah online apakah efektif? Ada beberapa alasan mengapa homeschooling secara online tidak beranggapan sebagai sekolah yang efektif.

Sekolah Online Apakah Efektif?

Banyak anggapan mengapa sekolah online sebagai sekolah yang kurang efektif? Hal ini ada beberapa pendapat dan opini. Pendapat dan alasan dari terlaksananya sekolah online, antara lain:

Ada Kemungkinan Memiliki Sinyal yang Buruk

Alasan yang pertama adalah masalah sinyal. Kemungkinan sinyal yang buruk memang sulit teratasi. Terkadang sinyal lemah dan buruk tanpa adanya dugaan. Selain itu, cuaca juga menentukan baik tidaknya sinyal. Inilah yang membuat sekolah online menjadi sekolah yang kurang efektif. Hal ini karena buruknya sinyal menyebabkan lemahnya gambar, atau audio ketika menyimak video dari guru.

Beberapa Perangkat yang Kurang Memadai

Kendala lainnya adalah masalah kelengkapan perangkat. Dalam pembelajaran online, ada banyak perangkat yang harus siap. Kondisi alat yang mudah panas, memori menipis, baterai bocor. Hal-hal seperti ini perlu mendapat perhatian supaya tidak mengganggu performa gadget. Jadi, belajar secara online dapat bermanfaat secara efisien dan optimal.

Mengakibatkan Masalah Kesehatan

Anda perlu tahu bahwa cahaya dari laptop smartphone dapat mengakibatkan kelelahan pada mata. Selain lelah, mata menjadi perih dan tidak fokus pada pelajaran. Kemungkinan terkena nyeri persendian juga akan terjadi. Hal ini mengakibatkan peserta didik mengalami rasa lelah dan nyeri pada wilayah persendian, seperti otot, dan punggung.

Memiliki Tingkat Risiko Stres yang Cukup Tinggi

Sistem belajar online dapat menyebabkan rasa stres yang tinggi. Dengan posisi duduk dan pandangan mata yang tertuju pada laptop secara terus-menerus dapat menyebabkan tingkat rasa stres.

Terlalu sering melihat layar ponsel juga dapat mengakibatkan rasa jenuh yang tinggi. Inilah yang membuat masyarakat beranggapan bahwa sekolah secara online kurang efektif.

Solusi untuk Pertanyaan “Sekolah Online Apakah Efektif”

Untuk mengatasi masalah ketidakefektifan dalam melaksanakan sekolah online, ada beberapa cara agar homeschooling dapat terlaksana secara efektif, antara lain:

Menyediakan Sesi Konsultasi Jika Terdapat Kendala

Kami menyediakan sesi konsultasi melalui Google Meet. Melewati sesi konsultasi, kami bisa mengajak anda untuk berkonsultasi tentang apa saja yang mereka butuhkan dalam mengikuti sekolah online.

Selain itu, anda bisa berkonsultasi tentang apa saja yang harus ada dalam memberikan fasilitas peserta didik. Terkait dengan kendala fasilitas dan masalah lain, para peserta didik bisa membicarakan hal tersebut pada sesi ini. Dengan begitu, pembelajaran bisa berlangsung secara efektif.

Menyiapkan Ruangan Belajar Online yang Menyenangkan dan Seru

Selanjutnya, anda bisa menyiapkan beberapa hal yang membuat peserta didik merasa senang dalam belajar. Salah satunya adalah menyulap kamar atau ruang belajar menjadi lebih menyenangkan.

Memastikan Jaringan Internet Jernih dan Peralatan Lengkap

Agar pembelajaran bisa berjalan dengan lancar, pastikan bahwa jaringan internet bagus. Selain itu, perangkat elektronik perlu siap secara maksimal. Pilihlah sekolah online homeschooling yang memiliki fasilitas tertentu, khususnya dalam sistem online. Beberapa sekolah menyediakan beberapa fasilitas agar dapat belajar online dengan lancar.

Dapat Belajar dengan Kegiatan Lain yang Seru

Karena belajar di rumah, anda dapat memberikan kesempatan pada mereka untuk bisa belajar sambil mendengarkan musik. Namun, tetap berikan musik yang nyaman dan menenangkan supaya bisa lebih fokus dalam belajar.

Membiasakan Mandi dan Sarapan Dahulu Sebelum Melakukan Belajar

Sebelum melakukan belajar secara online, pastikan anak anda mandi dan sarapan terlebih dahulu. Jadi, saat melalukan belajar secara online, peserta didik menjadi lebih segar dan bersemangat. Dengan begitu, mereka dapat menyimak pelajaran dengan baik.

Menyiapkan Buku Catatan untuk Merangkum Materi yang Dijelaskan Secara Online

Supaya tidak ketinggalan pelajaran, pastikan peserta didik menyiapkan buku catatan. Biasakan peserta didik mencatat poin-poin penting dalam memahami materi. Namun, biarkan anak anda memiliki caranya sendiri dalam mencatat materi pelajaran.

Setelah mengetahui baik dan buruk dari sekolah online, kembali ke pertanyaan lagi yang mengatakan bahwa sekolah online apakah efektif?

Flexi School memiki dua jenis program. Program tersebut antara lain dua jenis antara lain Homeschooling dan Maestro. Pada Kelas Maestro, kami memberikan layanan secara full offline sedangkan homeschooling secara online. Jadi, untuk menjawab pertanyaan terkait efektif atau tidaknya? Jawabannya, homeschooling lebih efektif daripada sekolah formal.

Ini karena homeschooling memiliki kelebihan dari segi minat, bakat dan segi akademisnya. Jadi, homeschooling dapat memupuk peserta didiknya agar dapat belajar sesuai dengan motivasi serta gaya belajarnya.
Selain itu, Flexi School juga memberikan waktu yang sangat fleksibel sehingga peserta didik dapat membagi waktu bermain dan istirahatnya sendiri. Untuk lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi dengan admin. Informasi secara rinci bisa anda akses melalui https://flexi.sch.id/homeschooling/.

Jadi jika ada pertanyaan “sekolah online apakah efektif?”, tentunya bagaimana pihak sekolah itu mengemasnya.

This article have

0 Comment

Leave a Comment