Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Manfaat PKBM Paket C

Tidak semua masyarakat memiliki nasib yang baik bisa mengikuti pembelajaran di sekolah formal. Karena satu dan lain hal, ada beberapa yang terpaksa tidak sekolah karena keadaan. Untuk mengatasi hal tersebut, sejak dulu pemerintah telah menyediakan salah satu program sekolah nonformal dengan nama PKBM kejar paket. Di dalamnya, terdapat kelas kejar Paket A (Jenjang SD), kejar Paket B (jenjang SMP) dan kejar Paket C (jenjang SMA).

Kali ini kami membahas manfaat PKBM Paket C untuk Anda yang sedang mencari informasinya. Sebenarnya apa saja yang dipelajari di kelas kejar Paket C, apa saja manfaat dan bagaimana cara bergabungnya? Untuk informasi lebih lanjut simak penjelasan berikut ini dengan seksama ya!

Mata Pelajaran di PKBM Paket C

Kelas PKBM Paket C merupakan kelas jenjang tertinggi yang bisa dipilih peserta belajar. Meskipun tergolong program pembelajaran nonformal, namun di dalamnya mempelajari pelajaran sebagaimana sekolah formal, guna mendapatkan ijazah. Beberapa mata pelajaran yang umum ada di kejar Paket C di antaranya:

  • Pendidikan Agama
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Sejarah
  • Sosiologi
  • Ekonomi
  • Geografi
  • Seni Budaya
  • Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan
  • Keterampilan Fungsional
  • Muatan Lokal

Mata pelajaran yang ada, tentu bisa berbeda antara satu PKBM dengan PKBM lainnya. Anda sebagai peserta tinggal mengikuti sesuai dengan ketentuan dengan baik. Beberapa PKBM juga menyediakan kelas bakat dan minat dengan tujuan agar peserta belajar bisa mengembangkan bakatnya di masa depan.

5 Manfaat PKBM Paket C yang Jarang Diketahui

Nah, meskipun keberadaan PKBM kejar paket sudah sejak lama di Indonesia, banyak juga yang belum mengetahui manfaat berdirinya PKBM Paket C di Indonesia. Apa saja sih manfaat PKBM Paket C untuk masyarakat yang membutuhkan? Di antaranya:

1.      Tidak Ada Batasan Usia

Perlu Anda pahami bahwa tidak ada syarat batasan usia untuk mengikuti pembelajaran di PKBM Paket C. Dari umur baru lulus SMP sampai yang tertua sekalipun sangat boleh untuk mengikuti kejar Paket C. Karena tujuan utama membuka kejar paket adalah untuk memudahkan masyarakat mempelajari ilmu baru untuk mengembangkan karirnya di dunia kerja.

2.      Cocok untuk Orang yang Sudah Bekerja

Sudah memiliki pekerjaan tetap namun belum memiliki ijazah tingkat SMA? Tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa bergabung menjadi peserta belajar di kejar paket C. PKBM kejar paket memiliki sistem belajar yang fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

3.      Menerima Peserta Belajar dari Dalam/Luar Negeri

Nah, yang banyak belum yang tahu dari PKBM kejar paket adalah siapapun bisa ikut serta di dalamnya. Baik berwarganegaraan Indonesia maupun luar Negeri. Hal yang terpenting adalah semua peserta belajar harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku selama bergabung di kejar Paket C.

4.      Menerima siswa dari Homeschooling

Mengikuti sekolah berbasis homeschooling dan khawatir tidak bisa mendapatkan ijazah secara resmi? Tenang saja, kejar paket C juga menerima peserta dari siswa homeschooling/sekolah internasional yang ingin memiliki ijazah Paket C. Silakan daftar langsung ke PKBM Paket C terdekat ya!

5.      Ijazah Bersifat Resmi

Apakah semua PKBM Paket C mampu memberikan ijazah secara resmi? Tentu saja! PKBM yang telah memiliki nomor induk lembaga, memiliki izin operasional dan legal pasti siap memberikan ijazah secara resmi baik Paket A, Paket B maupun Paket C.

Cara Bergabung di PKBM Paket C

Bagaimana cara bergabung menjadi peserta belajar di PKBM Paket C? Setiap lembaga pasti memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Namun secara global, beberapa hal yang perlu siap di antaranya:

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Membawa berkas pribadi seperti akta kelahiran, kartu keluarga, FC KTP, FC Ijazah SMP, pas foto ukuran 2×3 dan berkas-berkas tambahan sesuai kesepakatan bersama.
  3. Bersedia mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku selama menjadi peserta belajar.
  4. Membayar biaya pendaftaran sesuai kesepakatan (umumnya biaya lebih murah daripada sekolah formal).

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai PKBM Paket C. Pastikan Anda memilih PKBM Paket C yang terpercaya dan siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Salah satu PKBM terbaik yang ada di Tangerang Selatan adalah Lembaga Flexi School. Apa itu Flexi School?

Flexi School adalah sebuah lembaga berbasis Agile Education yang siap mengantarkan calon siswa menjadi generasi yang dewasa, cerdas dan baik secara spiritual. Selain melayani kelas Paket C, kami juga menyediakan kelas homeschooling untuk siswa jenjang SMP dan SMA.

Anda bisa menggali informasi selengkapnya melalui website https://flexi.sch.id/ . Mari bergabung bersama kami, untuk masa depan yang jelas berkembang sesuai bakat minat di dunia kerja! Semoga informasi di atas mengenai manfaat PKBM Paket C bisa menambah referensi ya!

Another Article

By : Flexi School Bintaro

Karya Althaf

By : Flexi School Bintaro

Sekolah Paket C Terdekat

This article have

0 Comment

Leave a Comment