Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta

Pendidikan merupakan sarana untuk mencapai manusia berkualitas dan kemajuan suatu bangsa sangat berkaitan erat dengan kualitas manusianya itu sendiri. Oleh karena itu, pendidikan mutlak sangat perlu. Pemerintah selaku pemangku kebijakan harus menyelenggarakan suatu sistem dan sarana pendidikan bagi warga negaranya. Salah satu seperti mengembangkan sarana Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta.

Sebagaimana tertuang dalam UU 1945 pasal 31, dengan jelas menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib mendapatkan serta mengikuti pendidikan dan pemerintah menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah mencanangkan beberapa program, salah satunya wajib belajar 12 tahun.

Awal Pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta

Selain PKBM, pendidikan Nonformal itu sendiri terdiri atas, kelompok belajar, lembaga kursus, pelatihan dan satuan pendidikan sejenis lainnya yang awal pendiriannya mulai di tingkat kecamatan, hingga ke tingkat desa atau kelurahan. Sebagai contoh di beberapa wilayah yang menjadi, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta.

Berdasarkan data pokok pendidikan tahun 2023, Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, terdapat 293 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta yang tersebar di beberapa wilayah di DKI Jakarta berikut rinciannya; di Kab. Kepulauan Seribu (2), Jakarta Pusat (29), Jakarta Utara (51), Jakarta Timur (79), Jakarta Barat (73) dan Jakarta Selatan (59).

DKI Jakarta sebagai Kota metropolitan, ibu Kota negara Republik Indonesia. Menjadi magnet tersendiri penyebab terjadinya arus urbanisasi. Dengan jumlah penduduk mencapai 10,64 juta Jiwa (2022).

Tentu, memiliki kompleksitas permasalahan tinggi, terutama di saat jumlah penduduk tidak terkendali dan tanpa sarana kesejahteraan. Akibatnya rentan terjadinya persoalan sosial ekonomi. Seperti kemiskinan, pengangguran, rendahnya tingkat pendidikan dan persoalan lainnya.

Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, akibat tingginya angka putus sekolah atau tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan dan tanpa memiliki bekal keterampilan. Maka semakin berkurangnya sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat bersaing untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang layak.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta untuk Mewujudkan SDM Berkualitas

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta, sebagai sarana pendidikan masyarakat yang pada awal berdirinya hanya sebagai sarana belajar bagi masyarakat buta huruf, melalui program Paket A, Paket B dan SMP terbuka.

Dalam perkembangannya, kini memiliki program pendidikan formal juga pendidikan nonformal yang mencakup pendidikan kesetaraan, keterampilan, pelatihan kerja dan lainnya. Dengan harapan, ke depannya para siswa memiliki kemandirian, memiliki potensi yang dapat mengembangkan untuk bekal kehidupannya.

Sebagai contoh, lembaga PKBM Flexi School yang mengusung konsep Agile Education, yakni melalui pembelajaran adaptif dengan metode pendidikan tangkas dan cekatan dalam mencapai tujuan. Jelas, yaitu dengan mempersiapkan masa depan siswa yang sesuai dengan minat dan bakat.

Maka kini PKBM menjadi alternatif pendidikan yang banyak mendapat minat dari masyarakat, seperti terjadi di beberapa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta. Namun timbul pertanyaan mengapa PKBM banyak diminati?

Sebagai satuan pendidikan nonformal, kini memiliki kurikulum standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan lulusannya teruji oleh pemerintah. Jadinya dapat meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebagai sarana pendidikan masyarakat, PKBM cenderung memiliki waktu fleksibel yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut inilah, bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak terjangkau pendidikan formal. Jadinya bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar, dengan sistem pendidikan yang lebih leluasa.

Tips Memilih Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta

Seiring dengan kepercayaan dan tingginya minat masyarakat menjadikan PKBM sebagai sarana pendidikan alternatif, maka kini semakin mendorong banyak berdirinya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Jakarta.

Bagi Anda yang berminat untuk bergabung menjadi peserta didik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian, antara lain:

  • Pilihlah PKBM yang berlegalitas yang dapat memasukan peserta didiknya di Dapodiknas, sehingga dapat mengikuti Ujian nasional.
  • Pilih PKBM terpercaya sehingga bisa mendapatkan ijazah resmi dan terdaftar, memiliki QR Code.
  • Memiliki program dan sarana mumpuni berikut metode pembelajaran serta pembimbing yang kompeten.
  • Mengetahui visi dan misi PKBM tersebut.

Kami Flexi Schooling yang bernaung di bawah yayasan Edu Kreasi, sebagai PKBM yang saat ini memiliki izin dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C dengan Nomor P9997849.

Membuka kesempatan bagi Anda untuk bergabung dan dapat berkreasi sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Serta membuat beragam project berdasarkan minat dan passion para siswa dengan mengadopsi framework Edu Agility di bawah bimbingan fasilitator kelas yang memiliki peran sebagai mentor dan coach.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai kami, Flexi School silakan konsultasikan terlebih dahulu melalui situs http://flexi.sch.id.

This article have

0 Comment

Leave a Comment