Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Karakteristik PKBM untuk Masyarakat

Karakteristik PKBM untuk MasyarakatKarakteristik PKBM untuk masyarakat menjadi pemikiran mereka yang ingin bersekolah tanpa terkendala umur. Keberadaan PKBM menjadi penolong bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah tanpa ada batasan umur.

Tak dipungkiri di negara kita masih banyak masyarakat yang buta aksara. Karakteristik PKBM menjadi kekhasan lembaga itu sendiri bagaimana akhirnya sekolah memilih lembaga.

PKBM merupakan lembaga atau institusi pendidikan yang mampu membuat masyarakat mandiri terampil dalam mengembangkan keilmuan yang telah diterimanya di lembaga tersebut.

Karakteristik PKBM untuk Masyarakat

PKBM menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk terus bersekolah tanpa perlu takut kegiatan lainnya misal bekerja terganggu. Karena PKBM adalah institusi yang sengaja dibuat untuk semakin mengembangkan kemampuan masyarakat baik akademik maupun non akademik.

Dengan mempelajari beragam problematika lain yang ada dalam kehidupan nyata. Mereka yang bersekolah di PKBM mempunyai keunggulan lain, yakni terampil dan mampu menganalisis masalah yang ada disertai dengan pemecahannya.

Berikut karakteristik PKBM yang perlu anda ketahui:

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Karakteristik PKBM untuk masyarakat salah satunya adalah sebagai pusat kegiatan belajar. Mengapa pusat kegiatan belajar? Karena di tempat inilah masyarakat sekitar dapat melakukan proses pembelajaran bersama yang lainnya. Bertemu para guru dan pembimbing lain yang siap mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Baik itu potensi dari segi akademik maupun non akademik.

Pusat kegiatan belajar masyarakat, karena dari tempat inilah pembelajaran bermula. Sebuah pertemuan yang kemudian membuat masyarakat semakin sadar pentingnya pembelajaran.

Bahwa pembelajaran yang diperolehnya bukan hanya pembelajaran yang disampaikan oleh guru semata, namun juga pembelajaran yang diperoleh melalui lingkungan sekitar.

Namun hal ini tentu tak lepas dari peran pembimbing. Guru mengarahkan dan membimbing siswa untuk melakukan yang terbaik. Pusat kegiatan belajar masyarakat yang kemudian memberikan pengaruh terbaik bagi mereka dalam melakukan pembelajarannya.

 

Mata Rantai Pendidikan

Mengapa disebut mata rantai pendidikan? Karena dengan melakukan pembelajaran di PKBM yang kemudian membuka mata mereka lebar-lebar bagaimana pentingnya mendapatkan pendidikan.

Penilaian masyarakat lain, jika asalnya memandang rendah mereka karena tidak mengenyam pendidikan kini penilaian masyarakat berubah ketika mereka sudah bersekolah. Penilaian atau penghargaan dari masyarakat yang sejatinya tidak hanya diukur dengan uang semata.

Namun dengan penghargaan seperti ini yang mereka terima telah membuat kebanggaan tersendiri yang kemudian membuat mereka sadar untuk mengembangkan pendidikan ini pada yang lain. Salah satu sederhana adalah memberikan motivasi kepada anak cucu atau lingkungan sekitar untuk terus bersekolah walau dengan kondisi apa pun. Mata rantai yang kemudian perlahan akan memutus buta akasara yang ada di lingkungan sekitar

Pusat Penelitian Masyarakat

Menjadi pusat penelitian masyarakat karena tak dipungkiri keberadaan PKBM mampu menurunkan angka buta aksara di daerah. Hal ini pula menyebabkankan banyak penelitian yang dilakukan bagaimana keterkaitan atau pengaruh pembelajaran apalagi melingkupi masyarakat yang sudah usai lanjut.

Bagaimana pada akhirnya mereka mampu menuntaskan pembelajaran di tengah banyaknya aktivitas lain yang dilakukan. Aktivitas, baik sebagai pekerja maupun aktivitas sebagai ibu rumah tangga dan lain-lain.

Beragam aktivitas yang tentu saja tidak bisa dianggap mudah, namun di tengah padatnya aktivitas tersebut mereka mampu menyelesaikan pembelajaran dengan baik. Ini salah satunya mengapa mereka mampu menangani hak dan kewajiban berimbang.

Pusat Pertemuan Masyarakat

PKBM menjadi tempat yang menyenangkan warga dalam mengenyam ilmu. Karena tempat ini memberikan pendidikan pembelajaran tanpa memandang bulu. Semua menerima pembelajaran tanpa ada perbedaan tanpa melihat batas umur dan lain-lain.

Tidak hanya itu masyarakat yang belajar di PKBM ini juga mampu menjadi pendamping mengajak yang lain, ketika ada pertemuan yang tidak hanya dari segi pendidikan saja. PKBM menjadi tempat pertemuan tidak hanya membahas pembelajaran semata, namun juga kaitannya yang ada dengan lingkungan sekitar.

Jadinya lambat laun juga PKBM ini mampu memberikan misi visi lembaga hingga akhirnya tertarik dan sedikit demi sedikit mampu mengikuti program yang ada di PKBM ini.

Sharing Ilmu

Karakteristik PKBM untuk masyarakat yang lainnya adalah mampu menjadi tempat untuk sharing ilmu. PKBM seyogianya menjadi tempat yang mumpuni yang andal dalam mengenyam ilmu dan lainnya.

Mereka dapat mencapai cita-citanya dalam mengejar ilmu dan memperoleh pendidikan tanpa ada yang lain. Sharing ilmu yang selalu terharap dapat meningkatkan motivasi dan menjadikan mereka sebagai standar pendidikan bagi yang lain.

Dan ketika mereka ada kelebihan dari ilmu yang lainnya pula mereka tak tinggal diam, namun memberikan pembelajaran pada yang lain. Walau ilmu setitik ia sampaikan kepada yang lain hingga bermanfaat. PKBM menjadi sumber belajar yang baik bagi semua dalam memperoleh pendidikan.

Karakteristik PKBM untuk masyarakat yang akhirnya membuat pemikiran banyak orang bagaimana memilih tempat untuk belajar yang baik. Salah satunya adalah Flexi School Agile Education, sekolah andal yang mampu menghantarkan cita-cita ke jenjang yang lebih tinggi.

This article have

0 Comment

Leave a Comment