Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Pendidikan menjadi kunci utama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menjadikan salah satu tujuan pembangunan nasional. Tidak hanya itu, juga dengan memperoleh kesempatan mendapatkan pendidikan yang sama, maka bangsa ini akan memiliki banyak sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satunya melalui berbagai program Pusat kegiatan Belajar Masyarakat.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai satuan pendidikan nonformal, melalui program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, harapannya mampu menjadi sarana untuk pemberdayaan berbagai potensi masyarakat. Melalui upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan membentuk sikap kemandirian untuk mengubah kehidupan yang lebih baik dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Sebagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, yang terbentuk dari, oleh dan untuk masyarakat. PKBM memiliki potensi menjadi lembaga mandiri. Karena selain berdiri atas swadaya masyarakat, juga sebagai lembaga pendidikan yang berbasis pada kebutuhan masyarakat,

Jadinya sangat memungkinkan jika seluruh program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, baik pendidikan nonformal dan informal dapat terlaksana. Adapun cakupan program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat tersebut, di antaranya:

1.      Program Keaksaraan

Sasaran utama dari program keaksaraan ini yaitu bagi kelompok buta huruf yang tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan sekolah atau mengalami putus sekolah.

Melalui program tersebut dapat menjadi sarana untuk pembelajaran sehingga kelompok tersebut memiliki kemampuan baca, tulis dan berhitung yang bisa memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Program Pengembangan Anak Usia Dini

Saat ini perhatian terhadap pendidikan usia dini masih rendah. Sedangkan konsep pembangunan sumber daya manusia harus dimulai sejak masa usia dini. Melalui program pengembangan anak usia dini, harapannya dapat mengembangkan berbagai potensi anak agar memiliki karakter serta kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

3.      Program Kesetaraan

Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat secara langsung dapat berpengaruh semakin kurang sumber daya manusia berkualitas yang dimiliki. Maka melalui program kesetaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan sekolah atau putus sekolah, bisa mendapatkan pendidikan. Semua itu ialah dengan mengikuti program kesetaraan paket A setara SD/MI. Paket B setara SMP/MTs dan paket C setara SMA/MA.

4.      Program Kelompok Belajar Usaha

Melalui kelompok belajar usaha program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan, harapannya masyarakat memiliki kemandirian melalui keterampilan tersebut dapat berusaha dan memupuk jiwa entrepreneur. Terlebih bagi peserta didik yang belum memiliki sumber mata pencaharian yang tetap dengan penghasilan yang layak.

5.      Program Kursus Keterampilan

Kursus keterampilan merupakan salah satu program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Pengembangan kemampuan masyarakat melalui berbagai keterampilan di PKBM seperti ketrampilan pertukangan, bahasa, komputer, mekanik otomotif dan keterampilan lainnya.

Jadinya dengan keterampilan tersebut peserta didik akan mampu bersaing mendapatkan lapangan pekerjaan dan kemampuan berusaha mandiri. Tidak hanya itu, juga bisa memperoleh pendapatan dan kehidupan yang lebih layak.

6.      Program Magang

Program magang merupakan salah satu program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Tujuannya ialah mengembangkan secara khusus oleh PKBM sebagai bentuk kesiapan kerja sama dengan pihak tertentu.

Perannya dapat melakukan dari perseorangan pada pelatihan tertentu dan program magang kelompok pada beragam jenis keterampilan. Semua itu nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan dari peserta didik itu sendiri dan terdiri lebih dari satu hingga lima peserta didik.

Maka dari beberapa program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat sebagai bagian dari satuan pendidikan nonformal. Sesuai dengan perkembangnya kini dapat menjadi sebagai sarana.

Pertama, sebagai sarana pengganti pendidikan sekolah yakni dengan menyediakan kesempatan bagi masyarakat yang tidak pernah memperoleh kesempatan sekolah atau mengalami putus sekolah.

Selain memberikan materi kemampuan baca, tulis, dan berhitung juga memperoleh pengetahuan praktis. Sebagai contohnya, cara bercocok tanam, pengenalan gizi, kesehatan lingkungan dan pengetahuan lainnya.

Kedua, sebagai sarana pelengkap pendidikan sekolah, PKBM sebagai pendidikan nonformal memiliki kurikulum standar yang tetap oleh pemerintah dan kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi masyarakat. Jadinya dapat menjadi pelengkap bagi pendidikan formal.

Ketiga, sebagai sarana tambahan bagi pendidikan sekolah yakni, untuk saran memperdalam, memperluas materi pelajaran tertentu di sekolah, memperluas materi yang telah pendidik ajarkan di sekolah atau memberikan layanan pendidikan bagi alumni pendidikan formal. Tujuannya untuk memperluas pemahaman materi pelajaran tertentu serta berbagai keterampilan yang nantinya sangat berkaitan dengan lapangan pekerjaan tertentu.

Jika Anda berminat untuk bergabung untuk mengikuti program Pusat Kegiatan Pendidikan Masyarakat (PKBM). Kami akan mencoba membantu Anda untuk mendapatkan PKBM kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C, terbaik, yaitu Flexi Schooling Agile Education yang memberikan ruang besar bagi minat dan bakat siswa untuk berkreasi dengan membuat suatu project dengan mengadopsi framework EduAgility.

Adapun proses untuk mencapai kurikulum Flexi School dan Kompetensi, maka akan difasilitasi oleh fasilitator yang kompeten berperan sebagai Mentor dan Coach di dalam kelas. Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam seputar kami Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Flexi School, Anda dapat menghubungi kami di https://flexi.sch.id/homeschooling/.

This article have

0 Comment

Leave a Comment