Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Mom, Ini Cara Mengetahui Bakat Anak dengan Mudah

Bagi orang tua, cara mengetahui bakat anak merupakan sebuah hal penting yang harus diketahui. Banyak di antara kita yang sering menyalah artikan bahwa anak yang memiliki nilai matematika buruk, berarti tidak pandai. Hal ini tentu saja tidak benar.

Bisa jadi anak Anda tidak berbakat dalam matematika, tetapi ia sangat pandai dalam bidang melukis. Karena itu, kita perlu mengenali bakat mereka sedini mungkin agar bisa memberikan fasilitas belajar yang sesuai untuk mendukung bakat mereka. Lalu apa itu bakat? Bagaimana cara mengetahuinya? Mari kita ulas selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Bakat?

Sebelum mengetahui cara mengetahui bakat anak, tidak ada salahnya kita ketahui terlebih dahulu definisi dari ‘bakat’ itu sendiri. Bakat merupakan sebuah kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh seorang anak secara alami. Biasanya, bakat ini berbentuk sebuah aktivitas tertentu, seperti bermain musik, menari, bernyanyi, dan sebagainya. 

Bakat seringkali dianggap sebagai sebuah kemampuan bawaan lahir yang hadir tanpa dilatih terlebih dahulu. Kemampuan ini bisa menjadi sebuah keunggulan jika disertai dengan minat yang sama.

Ketika seorang anak memiliki bakat dan minat yang selaras, kemampuannya dalam bidang tertentu dapat berkembang dengan lebih optimal. Misalnya, ada seorang anak bersuara emas dan ia juga tertarik dengan bidang musik. Anak tersebut tentu bisa mengasah bakatnya dengan baik karena memiliki minat dan bakat yang selaras.  

10 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Mengetahui bakat anak sejak dini merupakan salah satu cara terbaik dalam pembentukan diri dan kemampuan sang buah hati. Selain itu, hal ini juga dapat mempermudah upaya Anda untuk mendukung perkembangannya. Lalu, bagaimana cara mengetahui bakat anak? Mari simak beberapa poin di bawah ini.

  • Kenalkan Anak dengan Berbagai Bidang

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengenali bakat sang buah hati yaitu mengenalkannya kepada berbagai bidang. Anda bisa mengenalkannya pada sains, kesenian, olahraga, sosial, dan bidang lainnya. Dengan demikian, anak akan mulai mengenali hal-hal di sekitarnya.

Semakin banyak hal yang diketahui oleh sang anak, orang tua akan semakin mudah untuk menyimpulkan apa bakat yang dimiliki sang anak. Anda bisa melihat pada bidang apa dia terlihat lebih enjoy dan maksimal. 

  • Biarkan Anak untuk Eksplor

Selain mengenalkannya pada berbagai bidang, Anda juga bisa membiarkannya untuk mengeksplor sendiri berbagai kegiatan positif. Cara mengetahui bakat anak ini cukup efektif untuk menggali bakat terpendam anak yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

Tugas orang tua ialah selalu membimbing anaknya agar senantiasa melakukan hal-hal positif. Namun, ini bukan berarti orang tua bebas merenggut kebebasan sang buah hati dalam mengeksplor kegiatannya. 

Jika Anda melakukan hal ini, anak akan terhalangi untuk menggali bakatnya dan Anda juga akan kesulitan untuk mengetahui potensi apa yang dimilikinya. Karena itu, kita cukup mengawasinya saja. Jika perlu, Anda bisa menyediakan fasilitas untuk mendukung potensi dan kegemarannya. 

  • Bangun Komunikasi Positif

Sebagai orang tua, tentunya kita harus senantiasa memberikan perhatian kepada anak-anak. Meskipun begitu, harus tetap dalam batasan yang wajar dan tidak boleh sampai membuatnya menjadi manja. Sebaliknya, anak juga tidak boleh diabaikan sehingga proporsinya akan menjadi lebih pas. Hal ini ternyata cukup efektif untuk mengetahui bakat terpendamnya.

Anda bisa bertanya langsung pada mereka apa saja hal-hal yang disukai, hobi, cita-cita, atau hal lainnya yang kiranya akan berkaitan dengan bakat mereka. Dengan menjalin komunikasi yang positif, orang tua akan lebih mudah untuk menggali bakat yang dimiliki anaknya.

Selain itu, komunikasi positif juga bisa membantu menjalin ikatan emosional yang lebih baik antara anak dan orang tua. Kondisi seperti ini akan membuat si kecil lebih nyaman dalam menyampaikan apa saja yang ia sukai.

  • Mengikutsertakan Anak dalam Perlombaan

Langkah lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengikutsertakan anak ke dalam berbagai perlombaan. Namun, dalam hal ini pastikan tidak ada paksaan dan tetap berdasarkan kemauan si kecil. 

Melalui berbagai lomba yang diikutinya, Anda bisa sambil mengamati bakat dan minat yang dimilikinya. Hasil perlombaan dengan pencapaian tertinggi bisa dijadikan sebagai indikator yang menunjukan kemampuan anak lebih dominan pada bidang tersebut. 

Akan tetapi, sebagai orang tua kita tidak dianjurkan untuk menekan anak dengan target pencapaian yang terlalu tinggi dari kemampuannya. Hal ini dapat membuatnya tertekan dan tidak dapat mengekspresikan keinginannya dengan lepas. 

  • Memberi Kebebasan dalam Membuat Pilihan

Tidak sedikit orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi sosok yang mereka inginkan, bukan seperti yang anak tersebut inginkan. Selain itu, banyak pula orang tua yang mewariskan cita-citanya yang sempat tidak terwujud di masa lalu kepada anaknya, padahal mewariskan cita-cita pada anak bukanlah sebuah hal yang bijak. 

Jika anak Anda memiliki bakat yang selaras dengan harapan orang tua, tentu bukan sebuah masalah. Akan tetapi, jika memaksakan kehendak orang tua pada anak merupakan salah satu kesalahan yang cukup fatal dalam menggali potensinya. 

  • Melakukan Tes Minat dan Bakat

Cara mengetahui bakat anak yang cukup akurat untuk dicoba yaitu melakukan tes minat dan bakat pada anak. Tes ini dilakukan dengan tujuan agar perkiraan orang tua mengenai potensi anaknya bisa lebih pasti dan tidak menduga-duga. Dengan demikian, persiapan untuk mendukung belajarnya pun semakin matang.

  • Memberi Dukungan dan Motivasi

Setelah bakatnya diketahui secara pasti, maka kini tugas kita hanyalah menjadi pendukung dan pemberi motivasi untuk mereka. Usahakan untuk selalu mendukung bakat apapun yang ingin ditekuninya. Meskipun mereka tidak pandai matematika, fisika, dan bukan anak yang selalu meraih rangking 1, mereka tetap berharga dengan bakatnya masing-masing.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung potensinya yaitu dengan memilih jalur pendidikan yang paling sesuai untuk anak. Misalnya, anak terlihat lebih cenderung dalam bidang kesenian, maka tidak ada salahnya jika Anda mendukungnya untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan kegemarannya tersebut. 

  • Menempatkan Anak dalam Posisi Terdesak

Beberapa anak biasanya akan terangsang untuk menunjukan bakatnya pada saat sedang terjebak dalam kondisi-kondisi yang cukup darurat atau mengancam. Hal ini akan merangsang kemampuan terpendamnya secara alami untuk menyelesaikan situasi tersebut. Cara mengetahui bakat anak yang satu ini banyak diterapkan oleh para orang tua untuk mengetahui bakat terpendam anaknya.

  • Mengajarkan Anak untuk Bekerja Keras

Perlu diketahui bahwa terkadang bakat dan minat yang dimiliki oleh seorang anak baru bisa terlihat apabila ia diperlakukan secara khusus. Salah satu caranya yaitu dengan mengajarkan anak untuk menjadi seorang pekerja keras. Misalnya, Anda bisa memintanya untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu sebelum akhirnya menuruti permintaannya. 

  • Berkonsultasi dengan Guru

Selain melakukan beberapa cara mengetahui bakat anak di atas, Anda juga bisa menanyakan hal ini langsung pada guru pengajar anak Anda. Biasanya, mereka akan mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan dari para anak didiknya.

Nah, itu dia beberapa cara mengetahui bakat anak sejak dini. Mari lebih dekat dengan si kecil, dan dukung bakat apa pun yang mereka miliki dengan cara yang positif. 

Another Article

This article have

0 Comment

Leave a Comment