Tuesday, 18 Jun 2024
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah
  • Sekolah Pertama Menerapkan Agile Education Berbasis Kurikulum Aqil Baligh dan Fitrah

Sekolah Paket C Terdekat

sekolah paket c terdekat

Sekolah paket C adalah solusi untuk mengejar yang tertinggal. Artinya, bisa menjadi pilihan bagi siapapun untuk yang tidak bisa mendapat pendidikan formal karena suatu hal. Entah karena tidak lulus ujian SMA atau karena hal lain yang tidak memungkinkan seseorang menempuh pendidikan jenjang SMA layaknya siswa pada umumnya.

Pendidik paket C adalah program pemerintah yang pelaksanaannya oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). PKBM akan terjalankan oleh pihak swasta atau instansi pendidikan swasta yang memiliki pengalaman di dunia pendidikan. Sehingga mampu menyelenggarakan pendidikan sekolah paket C sebagaimana mestinya.

Tips Mencari PKBM Paket C Terdekat

Ada banyak Sekolah paket C terdekat di setiap kota, kabupaten, atau provinsi. Namun tidak semua memiliki kapasitas yang baik untuk menyelenggarakan sekolah kejar paket C dengan baik. Jika Anda berencana memasukkan putra putri ke sekolah kejar paket C, sebaiknya ketahui bagaimana tips mencari PKBM terbaik.

Memiliki Legalitas

Hal pertama dan utama saat Anda memilih PKBM adalah memiliki legalitas. PKBM yang baik memiliki legalitas resmi yang sudah mendapat mandat dengan NILEM atau nomor induk lembaga.

Dengan legalitas ini, PKBM bisa memasukkannya data diri peserta didiknya di Dapodikdas. Sehingga peserta didik tersebut bisa mengikuti ujian akhir nasional dan mendapat Ijazah.

Tak hanya itu saja, PKBM resmi memiliki akreditasi dari BAN atau badan akreditasi nasional. Akreditasi ini berjalan secara berkala untuk menjaga kredibilitas dan kualitas PKBM tersebut.

Pilih yang Terpercaya

PKBM abal-abal hanya akan mengeluarkan ijazah yang abal-abal juga. Maka dari itu, pilihlah PKBM yang terpercaya. Karena ijazah abal-abal bisa menjadi masalah di belakang nanti.

Apalagi sekarang setiap ijazah memiliki kode QR untuk mengecek keasliannya. Ijazah yang termiliki dari PKBM tidak legal tidak memiliki kode QR yang tidak bisa terlacak keasliannya.

Ciri PKBM yang terpercaya tetap mengharuskan siswanya untuk melakukan kegiatan tatap muka secara berkala. Tidak hanya melakukan pembelajaran secara online. Kecuali dalam keadaan darurat seperti terjadinya pandemi Covid-19. Jadi, jika ada PKBM yang menawarkan hanya sekolah online, bisa jadi itu PKBM abal-abal.

Pilih yang Lokasinya Dekat

Sebaiknya pilih PKBM yang lokasinya dekat. Ini akan membantu mobilitas Anda atau putra putri Anda saat berangkat ke lokasi. Lokasi yang dekat juga akan membuat semangat belajar siswa lebih besar.

Membuat mereka berpikir bahwa paket C tidak hanya sebatas formalitas untuk mendapat ijazah saja. Tapi juga sebagai cara untuk mendapat ilmu pengetahuan di bangku sekolah non formal.

Bagi Anda yang tinggal di kota besar, mungkin banyak pilihan PKBM yang dekat dengan domisili. Namun bagi yang tinggal di luar kota atau bahkan daerah pelosok, agak sulit untuk menemukan PKBM yang dekat dengan lokasi. Sehingga harus ekstra sabar untuk bisa mencari paket sekolah C yang terdekat, legal, dan aman.

Dengar Testimoni Alumni

Tips lain untuk menemukan PKBM terbaik adalah bertanya pada alumni. Bagaimana kesan selama belajar di sana. Bagaimana layanan dan kemampuan tutor atau gurunya. Apakah ada hal yang mengecek atau tidak. Bagaimana kualitas lulusannya dan lain sebagainya.

Jangan hanya bertanya pada satu alumni saja. Sebaiknya bertanyalah pada banyak alumni. Agar menemukan PKBM terbaik untuk kejar paket C. Bandingkan satu PKBM dengan PKBM lainnya. Jangan langsung menentukan pilihan. Sebaiknya pahami satu per satu untuk menemukan yang paling tepat.

Pilih yang Biayanya Terjangkau

PKBM memang lebih murah daripada sekolah formal. Namun ada pula beberapa PKBM yang menerapkan harga cukup tinggi. Tentu saja dengan fasilitas yang lebih baik dan lebih lengkap.

Tapi sebaiknya pilih PKBM dengan harga sesuai dengan kemampuan Anda. Agar pendidikan tidak lagi menjadi beban. Bahkan ada beberapa PKBM yang biaya pendidikannya bisa mencicil selama masa belajar. Ini bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang memiliki keterbatasan finansial.

Cari Kegiatan Belajar yang Fleksibel

Tidak semua PKBM memiliki jadwal belajar yang fleksibel. Maka sebaiknya pilih PKBM yang memiliki jadwal belajar fleksibel. Terutama bagi Anda yang harus tetap bekerja sambil belajar.

Jadwal fleksibel ini bisa menyesuaikan dengan kelonggaran waktu yang Anda miliki. Jadi peserta didik bisa menjalankan dua aktivitas secara bersamaan. Bekerja sekaligus belajar.

PKBM Flexi School

Lalu, di mana sekolah paket C terdekat yang berbiaya terjangkau, legal, dan memiliki kualitas yang baik? Jawabannya tentu saja di Flexi School. Sebuah lembaga pendidikan formal yang menyediakan sekolah untuk paket C. Sekolah fleksibel yang tidak hanya memberi fleksibilitas waktu. Tapi juga memberi fleksibilitas materi yang tersampaikan.

Siswa bisa belajar sesuai dengan minat dan bakat dari fasilitator yang berpengalaman dan bersertifikat internasional. Sehingga belajar bisa menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Jadi, kalau cari sekolah paket C terdekat, pastikan di Flexi School saja.

This article have

0 Comment

Leave a Comment